Health

Manfaat Beras untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Beras untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sebagai bahan makanan pokok, tentu Anda tidak asing lagi dengan tanaman sereal satu ini. Beras, terutama di Indonesia, tumbuh subur dan merata di berbagai belahan nusantara. Selain sebagai bahan makanan, beras ternyata memiliki manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan, lho! Apa saja manfaat beras dan bagaimana cara mendapatkan khasiatnya? Simak artikel di bawah ini.

Masker Beras untuk Kecantikan Wajah

Banyak wanita yang rela menghabiskan uang untuk melakukan perawatan mahal. Padahal, masker beras yang alami juga tidak kalah manfaatnya. Beras juga dapat dikombinasikan dengan bahan tambahan lain untuk masker wajah. Beda bahan, beda pula khasiatnya. Yuk, buat sendiri masker beras di rumah.

  • Masker Beras + Madu

Beras, terutama beras Jepang, sudah sering banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan pemutih wajah. Agar lebih alami, kini Anda dapat membuat sendiri masker beras dan madu untuk membuat kulit wajah lebih putih. Caranya, campur tepung beras atau beras yang ditumbuk sendiri dengan 2 sdm madu. Aduk sampai mengental kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker dua kali seminggu.

  • Masker Beras + Lemon

Lemon mengandung anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Beras yang mengandung alantonin juga baik untuk menyembuhkan jerawat. Untuk membuat masker beras dan lemon, campurkan tepung beras atau beras yang ditumbuk sendiri dengan air perasan jeruk lemon.

  • Masker Beras + Putih Telur

Walau sedikit berbau amis, namun putih telur memang sudah dikenal manfaatnya untuk kecantikan wajah. Gunakan masker beras dengan campuran putih telur untuk mendapatkan kulih cerah dan kencang. Cara membuatnya, campur putih telur dengan tepung beras secukupnya. Pastikan kuning telurnya tidak ikut terbawa agar bau amisnya tidak terlalu tajam.

  • Masker Beras + Yoghurt Plain

Campuran tepung beras dan yoghurt plain bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan mengurangi keriput. Oleskan masker pada wajah, atau bagi Anda yang bermasalah dengan double chin, coba aplikasikan pula pada leher untuk mengencangkan kulit leher dan dagu.

  • Masker Beras + Gula

Jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dari sisa riasan, kulit yang halus dan cerah tanpa noda hitam, cobalah menggunakan campuran beras dan gula sebagai masker. Campuran masker ini juga berfungsi sebagai scrub. Oleskan merata pada wajah dan lakukan scrubbing perlahan-lahan. Jika dirasa terlalu kering, Anda boleh menambahkan sedikit yogurt plain ke dalam campuran masker ini.

  • Masker Beras + Baking Soda

Pernah dengar kalau baking soda dapat menghilangkan komedo secara alami? Campurkan beras tumbuk untuk mendapatkan khasiat lebih. Butiran beras yang berfungsi sebagai scrub dapat membantu mengangkat komedo dari pori-pori kulut wajah Anda.

Campurkan beras yang sudah ditumbuk dengan baking soda secukupnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu untuk mencegah terjadinya iritasi dan alergi.

  • Masker Beras + Tomat

Dapatkan manfaat lengkap campuran masker beras dengan tomat seperti mengecilkan pori, mengurangi jerawat, menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah. Campur tomat yang telah dibuat menjadi pasta dengan tepung beras atau beras yang sudah ditumbuk. Oleskan merata pada wajah dan diamkan hingga mengering, kira-kira 15-20 menit.

  • Masker Beras + Cuka Apel

Cuka Apel sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Cegah penuaan dini dan kurangi keriput dengan campuran masker beras dan cuka apel. Cara membuatnya, campurkan tepung beras dengan beberapa tetes cuka apel dan susu.

Manfaat Beras untuk Kecantikan dan Kesehatan

Masker Beras untuk Kesehatan

  • Mencegah Dari Penyakit Jantung

Sebagai bahan makanan pokok, beras memang cukup digemari karena kandungan karbohidratnya yang non kolesterol. Mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok mengurangi resiko terpapar lemak jahat yang membahayakan organ jantung.

  • Mencegah Kanker

Sejumlah kandungan vitamin, serat, senyawa fenolik dan flavonoid dalam beras dipercaya dapat mencegah kanker, khususnya kanker usus dan kanker kolorektal.

  • Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Selain untuk mencegah kanker, senyawa fenolik dalam beras juga mampu mengurangi peradangan pada kulit.

  • Mencegah Penyakit Hipertensi

Sebagai makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari, beras atau nasi aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi karena kandungan sodiumnya hanya sedikit. Sodium yang berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan adanya penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan hormon stres dalam tubuh yang tentunya berbahaya bagi penderita hipertensi.

  • Mencegah Masalah Pencernaan

Adanya masalah pencernaan dalam tubuh bisa dikarenakan kurangnya asupan serat. Mengonsumsi nasi akan membantu Anda terhindar dari masalah ini. Beras kaya akan kandungan serat yang dibutuhkan untuk menyehatkan pencernaan.

  • Mencegah Penyakit Demensia & Alzheimer

Penyebab penyakit demensia & alzheimer salah satunya adalah karena tubuh terpapar radikal bebas. Beras, terutama beras merah, memiliki kandungan nutrisi yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Nah, itu dia beberapa manfaat beras untuk kecantikan dan kesehatan Anda. Selain enak dikonsumsi, beras juga ternyata kaya akan manfaat ya? Semoga bermanfaat.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Wajah - LoperOnline.com

  2. Pingback: Beras Merah,Kenali Cara Penggunaan dan Manfaatnya - LoperOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top