Health

Manfaat Buah Nangka Yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Nangka Yang Jarang Diketahui

This post is also available in: English

Buah Nangka sangat mudah ditemukan. Umumnya, digunakan pada kolak dan di NTB biasanya dipakai sebagai bahan dodol. Namun, siapa sangka selain enak dikonsumsi, nangka juga berkhasiat melawan kanker.

Bahkan, khasiat nangka sebagai pembunuh sel kanker sudah diteliti peneliti Amerika dan Eropa. Buah berwarna kuning dan memiliki aroma khas ini mampu membunuh sel kanker kolon (usus besar).

Beberapa kandungan di dalam nangka juga telah dikenal memiliki banyak nutrisi seperti isoflavon, fitonutrien, lignan dan saponin yang mampu mencegah radikal bebas dan mencegah penyakit kronis. Buah ini juga kaya akan serat dan membantu sistem detoksifikasi.

Nangka dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang sehat dan kaya akan Vitamin A. Nangka merupakan sumber gula sederhana seperti fruktosa dan membantu memberikan energi instan.

Baca Juga : 5 Buah Unik Kaya Nutrisi

Dikutip dari supertastyrecipe.com, berikut kandungan nangka yang bermanfaat untuk melawan penyakit mematikan itu :

1. Fitonutrien
Nangka mengandung fitonutrien untuk mencegah penyebaran sel kanker pada tahap pertama. Nangka juga dipercaya membantu menghilangkan sakit maag dan memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan.

2. Saponin
Kandungan ini dikenal sebagai pembunuh kanker yang sangat kuat. Saponin diketahui dapat menyerang lapisan luar sel-sel kanker yang tumbuh lebih ganas.

3. Lignan dan Isoflavon
Kandungan ini membantu menurunkan risiko kanker endometrium. Penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi isoflavon dan lignan, memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

4. Perlindungan terhadap DNA
Karena kaya akan antioksidan, nangka melindungi sel DNA dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Memperkuat sistem kekebalan
Nangka kaya akan Vitamin C dan gula sederhana dan karena itu, buah ini memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nangka juga mengandung polisakarida yang membantu meningkatkan fungsi sel fagosit, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

To Top