Health

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

rambutan

Tiba-tiba ingin memakan buah rambutan? Wah tepat sekali karena saat ini sedang memasuki musim rambutan. Artinya, kita tidak kesulitan dalam menemukan buah dengan ciri khas rambut pada kulitnya ini. Kita bisa menemukan di pedagang-pedagang buah di pasar maupun di pinggir jalan.

Rasanya yang segar dan manis, tidak heran jika buah rambutan cocok dijadikan kudapan saat bersantai. Nah, tahukah Anda jika ternyata buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan? Fakta ini sepertinya jarang diketahui banyak orang. Seseorang mungkin hanya mengkonsumsi saja tanpa memikirkan apakah ada manfaat dari buah tersebut bagi tubuh. Kira-kira, apa saja manfaat dari buah rambutan itu? yuk simak baik-baik ya!

Mencegah risiko terjangkit penyakit kanker

Manfaat yang satu ini mungkin hanya sedikit orang yang tahu. Ya, buah rambutan ternyata memiliki manfaat untuk mencegah risiko penyakit kanker.

Buah ini mengandung zat anti kanker. Zat yang mampu menghalau pertumbuhan sel kanker dalam tubuh sehingga risiko munculnya kanker pun bisa dihindari sedini mungkin.

Menjaga dan merawat kesehatan kulit 

Buah rambutan menjadi solusi untuk menjaga kulit agar tetap terawat karena adanya kandungan serat dan vitamin C. Dua kandungan tersebut mampu memproduksi kolagen. Kolagen adalah suatu kandungan yang dapat menjaga kulit dan menghindari penuaan dini.

Selain itu, vitamin C dalam buah ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan memperbaiki kerusakan permukaan kulit. Jika seseorang mengkonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, maka orang tersebut sudah memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian. Semakin banyak vitamin C yang masuk, maka sel-sel tubuh termasuk sel kulit akan semakin terlindungi dari kerusakan radikal bebas.

Membentuk dan memperkuat tulang

buah rambutan dapat membentuk dan memperkuat sel tulang.
Foto kerangka tubuh

Selain vitamin, buah rambutan juga mengandung banyak mineral yang penting bagi tubuh, loh! Mineral yang terkandung di dalam buah ini seperti fosfor, magnesium, kalium, besi, dan seng ini berperan penting dalam pembentukan dan perkuat sel tulang.

Buah Rambutan Dapat Mengatasi hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi menjadi awal pemicu timbulnya berbagai penyakit seperti stroke dan jantung koroner. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memenuhi asupan harian vitamin C.

Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat cocok untuk seseorang yang memang memiliki hipertensi.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung yang disebabkan rusaknya dinding pembuluh darah. Untuk mencegahnya, asupan vitamin C dalam tubuh harus dipenuhi. Vitamin C dipercaya bisa mencegah terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Untuk mendapatkan asupan vitamin C, seseorang dapat mengkonsumsi buah rambutan karena buah ini mengandung vitamin C tinggi. Konsumsi secara rutin mampu mencegah timbulnya penyakit jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Para ahli mengungkapkan bahwa buah rambutan ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dikarenakan kandungan vitamin C dalam buah ini yang berperan sebagai antioksidan dan anti bakteri yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan mendorong produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Semakin sedikit asupan vitamin C, maka tubuh akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh melemah. Sebaliknya, jika sistem kekebalan tubuh bagus, maka tubuh akan sehat dan kuat.

Buah Rambutan Menurunkan berat badan

Buah ini dapat menjadi kunci untuk diet sehat. Rambutan ini dipercaya bisa mencegah kenaikan berat badan. Bahkan dapat menurunkan berat badan juga karena mengandung kalori rendah, protein dan serat tinggi.

Setiap 100 gram daging rambutan mengandung 75 kalori dan 1,3 sampai 2 gram serat. Kandungan serat yang tinggi dan kalori rendah inilah yang membuat seseorang tidak akan gemuk meskipun mengkonsumsi rambutan dalam jumlah yang banyak.

Dengan mengkonsumsi buah rambutan saja, seseorang dapat merasakan kenyang lebih lama. Hal ini tentunya bisa membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan ginjal

Buah rambutan ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Tidak hanya dalam hal membersihkan, buah ini juga dapat menjaga fungsi kinerja ginjal.

Kandungan zat fosfor di dalam rambutan dapat menyaring racun-racun tubuh. Dengan demikian, adanya zat tersebut akan membantu kinerja ginjal dalam proses detoksifikasi.

Mengatasi masalah morning sickness pada ibu hamil

Foto ilustrasi morning sickness pada wanita hamil

Ibu hamil biasanya mengalami gejala morning sickness di masa awal kehamilan. Gejala yang muncul biasanya mual, pusing, dan lemas. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah rambutan, karena adanya kandungan mineral yang berupa zat besi diyakini dapat meringankan gejala-gejala pada morning sickness.

Buah Rambutan Dapat Mengatasi gangguan pencernaan

Seseorang yang terganggu pencernaannya bisa diatasi dengan buah rambutan. Sekitar setengah daging buahnya mengandung serat tidak larut air yang nantinya akan langsung melewati sistem perncernaan.

Sebagian besar serat yang tidak larut air tadi akan langsung masuk ke sistem pencernaan dan mendorong kotoran di dalam usus. Hal itulah yang akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan mudah dalam buang air besar.

Gimana, terkejut bukan? Walaupun buah ini sedikit aneh karena adanya rambut di kulitnya, namun manfaatnya untuk kesehatan tubuh jangan diragukan lagi. Yuk segera konsumsi buah rambutan secara rutin agar kesehatan kalian tetap terjaga.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top