Health

Manfaat dan Resiko Melahirkan di Dalam Air?

Melahirkan di dalam air atau waterbirth adalah salah satu metode melahirkan yang sangat populer. Banyak para ibu memilih untuk melahirkan dengan menggunakan metode melahirkan di dalam air atau waterbirth dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit. Metode ini sudah berhasil dalam mengurangi rasa sakit ketika melahirkan. Metode melahirkan  di dalam air menggunakan sebuah kolam yang berisi air dengan suhu yang sesuai dengan suhu tubuh.

Adapun beberapa manfaat menggunakan metode melahirkan di dalam air yang diperuntukkan bukan hanya untuk ibu tetapi juga bayinya. Manfaat pertama yang dirasakan oleh ibu ketika melakukan metode melahirkan di dalam air adalah dapat mengurangi rasa sakit. Nyeri yang dirasakan ibu ketika melahirkan di dalam air akan terkurangi serta ibu akan merasa lebih nyaman. Hal ini disebabkan karena air hangat mampu membuat suasana menjadi nyaman dan rileks sehingga rasa stress yang dirasakan ibu saat melahirkan menjadi berkurang. Melahirkan di dalam air, otot-otot yang berhubungan dengan proses persalinan juga akan menjadi elastis sehingga proses persalinan akan mejadi lebih lancar dan cepat.

Manfaat lain melahirkan di dalam air untuk ibu adalah dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam proses persalinan. Disamping itu, tekanan dalam darah ibu menjadi lebih rendah dibanding melahirkan dengan proses persalinan secara normal. Air hangat yang digunakan dalam proses persalinan dalam air dapat meningkatkan kontraksi uterus serta aliran darah sehingga pernafasan otot-otot rahim ibu akan menjadi lebih baik serta akan terdapat lebih banyak oksigen yang berguna bagi bayi. Air hangat tersebut juga dapat mengurangi pelepasan hormone stress dalam diri ibu serta dapat meningkatkan pelepasan hormone endorphin. Proses melahirkan di dalam air juga dapat menyebabkan perineum lebih elastis sehingga dapat mengurangi kemungkinan vagina robek pada saat proses melahirkan.

Selain itu, melahirkan di dalam air juga bermanfaat bagi bayi. Salah satu manfaat dari melahirkan di dalam air bagi bayi adalah dapat membuat bayi merasa nyaman dan mampu mengurangi komplikasi yang terjadi pada bayi. Hal ini dikarenakan air hangat yang digunakan dalam proses persalinan di dalam air mampu memberikan kondisi lingkungan yang sama dengan kondisi di dalam rahim. Disamping itu, melahirkan di dalam air juga dapat membantu menurunkan trauma yang terjadi pada kepala bayi yang diakibatkan oleh jalan keluar yang terlalu sempit. Manfaat lain bagi bayi adalah peredaran darah pada bayi yang jauh lebih baik. Dengan peredaran darah yang baik, tubuh bayi tersebut akan lebih cepat menjadi merah setelah bayi tersebut dilahirkan.

Meskipun banyak manfaat yang didapatkan dari proses melahirkan di dalam air, metode melahirkan di dalam air juga memiliki beberapa risiko. Dari beberapa penelitian tentang metode melahirkan di dalam air, terdapat sejumlah bayi yang meninggal dengan metode ini.  Akan tetapi, belum ada laporan yang valid tentang kematian bayi yang terjadi dalam menggunakan metode melahirkan di dalam air.

Adapun beberapa risiko yang dapat terjadi dalam melakukan proses kelahiran dengan metode melahirkan di dalam air, antara lain terjadinya infeksi yang disebabkan air yang digunakan terkontaminasi oleh virus atau zat lain yang berbahaya, ibu dapat mengalami hipotemi suhu tubuh yang terlalu rendah bila proses persalinan dalam air berlangsung lebih lama dari perkiraan sebelumnya, serta bayi akan mengalami temperature shock bila suhu air yang digunakan dalam proses melahirakan tidak sama dengan suhu tubuh ibu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top