Health

Sirih Merah dan Sirih Hitam, Ini Manfaat Daun

Sirih Merah dan Sirih Hitam, Ini Manfaat Daun

Siapa yang tak mengenal daun sirih. Kebanyakan orang hanya tau daun sirih yang berwarna hijau. Namun tahukah anda bahwa ada juga sirih yang daunnya berwarna merah dan hitam. Mungkin kita jarang menemui sirih hitam dan sirih merah. Untuk itu mari kita bahas sedikit tentang manfaat daun sirih merah dan sirih hitam ini.

Masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan  daun sejuta manfaat ini. Sirih biasanya tumbuh melilit pada pohon lain. Sirih dapat tumbuh dimanapun di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Sirih Merah

Tanaman yang nama latinnya Piper Ornatum merupakan daun sirih yang didominasi oleh warna merah. Mungkin kita jarang menemukan tanaman ini disekitar kita karena kebanyakan yang ada adalah daun sirih hijau.

Kita dapat menemukan tanaman ini di hutan. Namun, saat ini sudah banyak yang mulai membudidayakan dan menanamnya di depan rumah. Tentu karena orang sudah mengetahui manfaat dari daun sirih merah ini. Awalnya tanaman sirih hanya tumbuh di daerah Sulawesi namun sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

Sirih merah mempunyai beberapa khasiat antara lain, sebagai obat dari penyakit kolestrol, radang, hepatitis, diabetes, maag, nyeri sendi, keputihan, serta dapat mengatasi masalah bau badan dan bau mulut. Selain itu tanaman ini berfungsi sebagai obat anti septik. Untuk menghilangkan bau mulut dan menjaga nafas tetap segar, anda hanya perlu perlu berkumur dengan air rebusan daun sirih ini. 

Daun Sirih Untuk mengobati keputihan, anda hanya cukup merebus beberapa helai daun sirih merah sampai mendidih kemudian menggunakan air rebusannya untuk cebok (membersihkan area kewanitaan) setiap hari.

Sirih Hitam

Sirih Merah dan Sirih Hitam, Ini Manfaat Daun
Daun Sirih Hitam

Jenis sirih yang selanjutnya adalah Sirih hitam. Mungkin ini agak jarang kita dengar namun daun sirih hitam ini masih satu keluarga dengan daun sirih merah dan daun sirih hijau. Sesuai namanya, daun ini memiliki warna hitam, mulai dari batang hingga akarnya.

Daun sirih hitam memiliki bentuk waru dan lebih bulat dari sirih merah dan sirih hijau. Banyak orang yang mengaitkan daun sirih hitam dengan hal – hal mistis. Hal itu karena warnanya yang hitam yang mana warna hitam sering dikaitkan dengan hal – hal mistis.

Banyak orang juga mempercayai bahwa daun sirih hitam bisa menyembuhkan penyakit – penyakt yang tak dapat disembuhkan oleh obat – obatan medis. Konon katanya daun sirih hitam ini sering di pakai para dukun dalam kegiatan prakteknya. banyak orang beranggapan bahwa daun sirih hitam dapat mengkal ro – roh halus. Selain itu, banyak orang yang juga percaya bahwa tanaman ini dapat menyembuhkan kanker payudara, serta berkhasiat bagi orang yang sedang menjalani cuci darah.meskipun belum ada rekam medis yang menunjukkan tentang itu semua, namun kepercayaan itu tetap berkembang di masyarakat kita hingga sekarang.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita Beserta Resepnya

Daun sirih memang terkenal dari dulu hingga sekarang mempunyai beragam manfaat. Baik manfaat untuk fisik maupun non fisik. Setelah mengetahui tentang khasiat daun sirih merah dan daun sirih merah di atas, mari kita manfaatkan untuk mengobati penyakit kita. Kita harus beralih ke obat – obatan alami yang sudah jelas tak mempunyai efek samping. Tentang daun sirih hitam yang mampu menangkal roh – roh halus, itu semua tergantung pada kepercayaan kita masing – masing.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top