Health

Manfaat Infused Water Bagi Tubuh, Wajib Dicoba!

Manfaat infused water untuk tubuh

This post is also available in: English

Manfaat infused water belakangan menjadi cukup populer lantaran dianggap sebagai minuman yang kaya nutrisi dan mendukung gaya hidup sehat. Infused water sendiri sebetulnya adalah minuman yang terbuat dari irisan buah dan juga sayuran segar yang direndam dalam air matang atau air mineral dan baru bisa dikonsumsi setelah beberapa saat. 

Minuman ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mulai dari mampu mendetoks tubuh, mengurangi berat badan hingga membuat vitalitas tubuh semakin prima. Namun benarkah demikian? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Mengurangi berat badan

Manfaat infused water untuk membantu menurunkan berat badan
Konsumsi infused water secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan

Bagi sebagian orang buah lemon dipercaya mampu membuat berat badan lebih cepat turun. Bahkan buah ini sangat wajib dikonsumsi terutama bagi mereka yang tengah menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Ini karena di dalam lemon terdapat kandungan pektin, yakni  sejenis serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Karenanya tak mengherankan jika lemon kerap dijadikan sebagai ramuan jitu penurun berat badan salah satunya dengan membuatnya menjadi infused water.

Banyak orang beranggapan keliru jika kandungan pektin tersebut mampu membuat berat badan turun seketika. Nyatanya, lemon memang merupakan buah yang kaya nutrisi, seperti vitamin C, potasium, antioksidan, polifenol dan juga asam sitrat yang bagus untuk tubuh. 

Mengkonsumsi infused water dari lemon tentu akan membuat tubuh mendapat manfaat baik dari kandungan nutrisinya. Termasuk salah satu efek baiknya ialah menjaga berat badat agar seimbang.

Agar lebih maksimal, padukan irisan lemon dengan irisan jahe dan madu saat membuat infused water lalu tunggu sekitar 6 jam baru konsumsilah dengan rutin.

Baca juga: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan saat Bulan Ramadahan-

2. Mencegah Penuaan Dini

Detox water menjaga kulit lebih sehat
Kesehatan kulit jadi lebih terjaga dengan konsumsi infused water secara rutin

Ingin mendapat manfaat baik dari infused water agar kulit tetap fresh dan bersinar? Maka pilih buah dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya saat membuat infused water. Minuman 

Itulah sebabnya, banyak orang yang memilih buah-buahan seperti jeruk, stroberi, apel, kiwi dan yang lainnya sebagai bahan infused water. Buah-buahan dan juga sayuran segar yang kaya akan antioksidan serta vitamin C memang punya banyak manfaat.

Dari mulai menjaga kesehatan kulit, hingga menghambat munculnya tanda penuaan pada kulit. Kedua senyawa tersebut terbukti membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit.

Akan tetapi, tidak secara otomatis bisa mencegah atau menghentikan proses penuaan yang telah terjadi.

Untuk menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh, Anda pun juga harus mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Salah satunya, dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, juga sumber protein rendah lemak.

Jadi tak cukup hanya dengan infused water saja, tetapi imbangi dengan menerapkan pola makan sehat penuh gizi seimbang. Dengan demikian, manfaat dari infused water bisa dirasakan lebih optimal oleh tubuh.

Baca juga: Rekomandasi Serum Wajah Terbaik mengandung Melatonin

3. Detoksifikasi

Detox water menjaga tubuh dari racun
Detox water membantu membersihkan tubuh dari racun dan radikal bebas yang berbahaya

Manfaat dari infused water yang satu ini tak kalah menakjubkan. Banyak yang percaya jika infused water mampu melakukan detoksifikasi. Alias menghilangkan racun dalam tubuh yang menumpuk dan bisa membantu membuat berat badan jadi lebih ideal.

Kenyataannya, istilah detoksifikasi dan menghilangkan racun yang dipakai untuk mengklaim manfaat infused water sesungguhnya terdengar masih samar. Hingga sekarang ini belum ada bukti secara klinis dan cukup kuat yang menyatakan hal tersebut.

Pasalnya, tubuh memiliki cara sendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Peran ini dimiliki oleh organ ginjal dan hati yang berperan penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh lewat urin, feses, dan keringat.

Nah, untuk membantu merangsang mekanisme tersebut supaya tetap berjalan lancar, Anda disarankan  memperbanyak minum air putih juga makan lebih banyak sayur dan buah.

Jangan lupa, jaga kesehatan ginjal dan hati Anda. Dengan begitu tubuh akan secara alami membersihkan semua racun berbahaya dari tubuh.

Baca juga: Bersihkan Racun dalam Tubuh dengan Diet Detoks

4. Menghidrasi tubuh 

Sejumlah ahli berpendapat, mengkonsumsi infused water secara rutin mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh manusia sekitar 60 -70 persennya adalah air.

Sehingga, diperlukan asupan air yang cukup agar mendukung metabolisme dalam tubuh. Termasuk sirkulasi darah, sistem di pencernaan, hingga suhu tubuh. 

Bisaa dibayangkan, betapa air memiliki peranan yang begitu penting dalam tubuh? Umumnya, kebutuhan air tubuh setiap orang sekitar 8 hingga 12 gelas tiap hari atau sekitar 2 liter.

Ini penting untuk tetap memberikan suplai air yang cukup bagi tubuh saat beraktifitas dan menggantikan cairan yang keluar dari tubuh. Seperti dalam bentuk urin ataupun keringat.

Banyaknya air yang dikeluarkan dari tubuh bisa bergantung pada banyak hal. Seperti masalah cuaca, aktivitas, jenis diet Anda, hingga seberapa banyak Anda mengonsumsi kafein atau alkohol.

Jika cairan yang keluar tidak segera diganti, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat. Dehidrasi akan lebih mudah terjadi jika Anda kurang mengkonsumsi air minum.

Sebagian orang, ada yang kurang suka dengan air putih yang tak ada rasanya. Atau bahkan mungkin merasa bosan harus minum air putih hingga 2 liter dalam sehari. 

Nah, Anda bisa menggantinya dengan infused water jika kurang suka dengan rasa air putih. Dari pada mengkonsumsi minuman yang tinggi kandungan gulanya misalnya saja teh kemasan, soda, kopi sachet, atau jus buah dalam kemasan.

Anda bisa mengubah kebiasaan mengkonsumsi soft drink yang bikin kecanduan dan menggantinya dengan infused water. Infused water memang tak memiliki rasa yang sekuat soft drink.

Namun minuman ini bisa jadi alternatif memenuhi keinginan lidah yang ingin minuman berperisa namun lebih sehat dan zero kalori.

5. Cara Cerdas Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Cerdas mencukupi kebutuhan nutrisi dengan infused water
Cerdas mencukupi kebutuhan vitamin dengan infused water

Infused water yang dibuat dari irisan buah dan sayur yang masih segar kaya akan kandungan vitamin. Beberapa jenis buah dan sayur bahkan mengandung beberapa vitamin yang bisa larut dalam air.

Karenanya, jika digunakan sebagai bahan infused water, vitamin yang terkandung dalam buah tersebut akan larut dan menyatu dalam air yang digunakan.

Nah, ini bisa jadi salah satu cara cerdas dan lebih sehat untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin. Dibandingkan dengan konsumsi soft drink yang diklaim kaya vitamin tetapi nyatanya justru kandungan gula tambahan yang lebih banyak.

Penting dipahami Agar Manfaat Infused Water Makin Maksimal

Manfaat dan penyajian infused water
Pahami manfaatnya dan sajikan dengan tepat

Meskipun sejumlah klaim menyebut jika manfaat infused water belum terbukti secara ilmiah. Namun, ini tak berarti jika infused water sama sekali tak memiliki manfaat apapun untuk tubuh.

Justru, infused water bisa jadi alternatif cara mengkonsumsi air putih dengan lebih menarik. Terutama buat orang yang tak suka konsumsi buah dan juga minum air putih.

Dibandingkan dengan minuman ringan yang tinggi kandungan gula tambahan atau kafein, infused water bisa jadi pilihan yanv lebih sehat. Dengan rutin konsumsi infused water, Anda bisa mendapat 2 manfaat sekaligus.

Tak hanya kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi, tetapi juga kebutuhan nutrisi dari buah dan sayur yang dibutuhkan tubuh jadi lebih tercukupi. Untuk itu, pastikan pilih buah dan sayuran yang tepat saat ingin membuat infused water.

Pilih dengan kondisi segar dan bagus, jangan pilih buah atau sayur yang lembek seperti pisang atau pepata yang terlalu matang. Daging buah yang lembek kurang cocok digunakan untuk infused water. 

Sebaiknya, pilih buah-buahan dengan daging yang agak keras seperti semangka, melon, jeruk, anggur, dan lain sebagainya. Sebaiknya jangan beri tambahan gula pada infused water yang dibuat, jika ingin manis bisa gunakan madu. Ini akan memberikan manfaat yang lebih maksimal. 

Selain itu, infused water juga harus didiamkan lebih dulu sekitar 6 jam sebelum bisa dikonsumsi agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Setelah 6 jam, infused water bisa diisi ulang jika airnya habis, tapi maksimal sampai 12 jam saja, ya! Karena setelah itu kandungannya sudah tidak baik untuk dikonsumsi.

To Top