Health

Manfaat Jogging Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Kesibukan yang datang tiap hari membuat siapa pun mulai sadar akan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Orang ramai-ramai mulai rajin berolahraga. Mungkin karena kesadaran itulah tradisi car free day mulai menjamur di mana-mana, bukan di Jakarta saja. Dalam beberapa kesempatan, artis-artis pun turut mengampanyekan tentang hidup sehat. Tak jarang mereka mengunggah foto-foto mereka yang berposes sedang berolahraga, apa pun olahraganya. Hal itu semakin membuktikan bahwa olahraga memang perlu dilakukan.
Jika Anda juga ikut tertarik untuk mukai olahraga, Anda bisa melakukan olahraga yang paling praktis dan murah seperti, jogging.
Jogging berarti berlari santai dan pelan-pelan. Jogging asal dilakukan dengan benar dan rutin, akan mendatangkan berbagai manfaat bagi Anda. Apa saja manfaat tersebut? Simak artikel berikut.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Penderita insomnia yang jogging bahkan bisa tidur lebih cepat dibanding mereka yang tidak jogging. Tidur pun menjadi lebih nyenyak dan esok pagi Anda dapat beraktivitas lebih sehat dan bugar.

2. Baik Untuk Jantung

Ber-jogging setidaknya 16 KM setiap minggunya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga Anda akan mengalami tekanan darah yang normal dan stabil. Pembuluh darah akan bebas dari kolesterol yang berarti jantung Anda akan lebih sehat.

3. Membakar Kalori

Bukan rahasia jika banyak pelaku jogging yang memulai jogging karena ingin menurunkan berat badan. Dengan jogging Anda memang bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini dikarenakan jogging mampu membakar kalori dalam tubuh dua kali lebih cepat.

4. Menguatkan Tulang Kaki

Jogging mampu membakar lemak sehingga sel-sel otot memiliki daya tahan yang lebih baik. Selain itu gerakan kaki saat jogging juga mampu membuat sel tulang lebih cepat, sehingga sel-sel tulang yang rusak dapat digantikan dengan sel-sel tulang yang baru. Hal ini tentu bisa memperkuat dan memadatkan tulang kaki Anda.

5. Terapi Pengobatan Penyakit Asma

Bernapas yang benar saat melakukan jogging dapat melatih penderita asma agar segera sembuh. Rutin jogging dalam waktu tiga bulan mencegah asma kambuh. Selain itu, bukan penderita asma pun akan merasa lebih bisa bernapas lega setelah melakukan jogging. Hal ini disebabkan karena saat jogging pernapasan kita lebih teratur dan terkendali.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Jogging sama halnya dengan meditasi. Jika meditasi dilakukan sambil bernapas yang benar, jogging pun demikian. Hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda dan pikiran lebih terfokus melakukan sesuatu. Jadi, jika Anda sedang mengalami stres cobalah jogging sebagai pengganti meditasi.

7. Melancarkan Siklus  Menstruasi

Bagi kaum wanita, siklus menstruasi yang tidak teratur memang kadang bikin pusing. Belum lagi masalah yang muncul karena ketidak teraturan tersebut seperti munculnya jerawat dan beragam efek akibat perubahan hormon lainnya. Denfan jogging masalah ini akan teratasi. Berlari santailah di pagi hari secara rutin dan benar, siklus menstruasi Anda akan menjadi teratur kembali.

Setidaknya ada 7 manfaat utama dari jogging untuk kesehatan tubuh Anda dan semuanya sudah kami paparkan di atas. Selain untuk kesehatan tubuh, jogging juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Seperti tadi kami sebutkan, jogging memang memiliki manfaat serupa dengan meditasi. Berikut beberapa manfaat jogging untuk kesehatan mental yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Bersemangat Seharian

Jika Anda jogging pada pagi hari, kemudian beraktivitas pada siang hari maka bisa dipastikan mood Anda membaik sepanjang hari itu. Kenapa? Sebab selama jogging kita bernapas dengan benar sehingga lebih banyak oksigen masuk ke dalam tubuh dan memperlancar sirkulasi darah. Hal itu yang memungkinkan transfer darah ke otak berlangsung tanpa hambatan sehingga mood akan menjadi baik. Ditambah udara pagi adalah udara yang segar, tubuh pun menjadi lebih bugar.

2. Panjang Umur

Memang, tidak ada yang tahu pasti masalah umur. Namun, berdasarkan penelitian para ahli, mereka menemukan fakta bahwa orang yang jogging sebanyak 2,5 jam tiap minggu beresiko lebih kecil mati di usia muda dibanding mereka yang tidak jogging. Hal ini tentu masuk akan di mana jogging adalah proses meditasi yang mampu membantu pikiran lebih tenang sehingga terhindar dari stres yang menyebabkan penyakit seperti jantung, hipertensi dan stroke.

3. Terhindar Dari Stres

Olahraga apa pun sebenarnya mampu mengurangi rasa stres. Pelepasan kotoran dalam tubuh menjadi keringat bisa menjadi salah satu cara alami detoks tubuh. Selain itu hormon adrenalin dan endorfin dalam tubuh juga meningkat sehingga memberikan sensasi menyenangkan pada otak. Maka bisa dibayangkan manfaat jogging pada pikiran Anda jika Anda rutin melakukannya setiap hari.

Itulah beberapa manfaat jogging untuk tubuh maupun pikiran kita. Banyak sekali manfaatnya, bukan? Mulai sekarang, ayo bangun pagi dan mulai jogging.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top