Health

Kenali Segudang Manfaat Madu untuk Tubuh Kita

Segudang Manfaat Madu untuk Tubuh

Kita mungkin mengenal madu sebatas pengganti gula untuk penderita diabetes. Hal tersebut memang merupakan fakta, mengingat rasa manis yang dihasilkan madu ini berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa, berbeda dengan gula. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa manfaat madu tidak hanya terbatas sebagai pengganti gula? Contoh sederhananya, kandungan kalori gula pada madu dapat menyerap lemak, apalagi jika dikonsumsi dengan air hangat.

Selain kedua manfaat madu sebelumnya, ternyata madu memiliki segudang khasiat lainnya untuk tubuh kita loh, seperti untuk kesehatan dan juga kecantikan! Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat madu yang harus kamu ketahui.

Manfaat Madu untuk Wajah

Manfaat Madu untuk Wajah
Manfaat Madu untuk Wajah

Salah satu kandungan yang dapat ditemui di dalam madu adalah antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat membantu kulit melawan radikal bebas. Jika dilihat dampaknya terhadap kulit, radikal bebas dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, mengalami penuaan dini, dan bahkan dapat memicu kanker. Dengan begitu, kita jadi tahu ya bahwa peran antioksidan di dalam madu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah kita.

Selain antioksidan, zat lain yang dikandung oleh madu adalah antiseptik dan antibacterial. Kedua kandungan ini dapat membantu kulit wajah kita untuk mengatasi jerawat. Selain itu, madu asli atau madu mentah juga dapat mengatasi kulit kering dan kusam, alias memiliki peran sebagai eksfoliator alami.

Tidak hanya itu, madu juga memiliki manfaat sebagai pelembab wajah alami, untuk melembabkan kulit, menenangkan kulit, serta mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak. Dengan mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak ini, madu juga dapat membantu menghilangkan komedo, flek hitam, dan bekas jerawat pada wajah kita.

Manfaat Madu untuk Tubuh

Manfaat Madu untuk Tubuh
Manfaat Madu untuk Tubuh

Selain bermanfaat untuk wajah dan kecantikan, madu juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa dari manfaat madu untuk tubuh kita.

1. Menguatkan Sistem Imun

Madu memiliki khasiat dalam merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas, sehingga konsumsi madu dapat memperkuat metabolisme tubuh. Dengan semakin kuatnya metabolisme tubuh, tubuh kamu juga akan terasa semakin fit dan segar. Selain itu, jika kamu rutin mengonsumsi madu, madu dapat membantu melawan bakteri di dalam tubuhmu. Dengan demikian, madu dapat menjaga tubuhmu dari infeksi virus atau bakteri.

2. Obat Alami untuk Flu dan Batuk

Seperti yang telah diulas sebelumnya, madu memiliki kandungan antioksidan, antimikroba, dan antibakteri di dalamnya. Ketiga kandungan ini dapat melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit flu dan batuk. Selain itu, ketika kandungan ini juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat iritasi. Jika dikaitkan dengan poin pertama, yaitu menguatkan sistem imun tubuh, maka madu juga dapat membantu tubuh untuk melawan penyakit flu dan batuk dengan sistem imun tubuh itu sendiri.

3. Menekan Efek Buruk Kolesterol dalam Tubuh

Manfaat madu yang ketiga ini adalah untuk menghindari penyakit kolesterol. Kandungan antioksidan di dalam madu berperan untuk membatasi penyebaran kolesterol ke seluruh tubuh serta pengendapan kolesterol di pembuluh darah. Dengan demikian, madu dapat menjaga kinerja pembuluh darah. Sebagai tambahan, antioksidan juga membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas ini yang berperan dalam mengubah kolesterol yang mengendap di dinding arteri menjadi plak. Dengan melindungi tubuh dari radikal bebas, madu juga mencegah pembentukan plak dari kolesterol yang mengendap di pembuluh darah.

4. Mencegah Kanker

Tidak hanya mencegah pembentukan plak akibat kolesterol, antioksidan juga bermanfaat untuk menjauhkan tubuh dari penyakit kanker. Pasalnya, radikal bebas di dalam tubuh ini yang merupakan cikal bakal dari beragam sel jahat di dalam tubuh, termasuk sel kanker. Dengan adanya antioksidan, madu membantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Antioksidan juga memperlambat proses oksidasi pada molekul di dalam tubuh. Reaksi kimia yang melambat ini berarti proses pembentukan radikal bebas di dalam tubuh juga melambat. Dengan begitu, resiko munculnya sel kanker di dalam tubuh pun semakin kecil.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Apabila dikonsumsi sebelum tidur, madu dapat sedikit meningkatkan kadar insulin. Peningkatan kadar insulin ini merangsang pelepasan zat tryptophan di otak, yang kemudian diubah menjadi serotonin. Serotonin inilah yang dikenal dengan hormon relaksasi yang berperan untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Semua manfaat di atas dapat kamu dapatkan apabila kamu mengonsumsi madu yang asli dan belum ditambah dengan bahan-bahan lainnya ya. Untuk mengetes keaslian madu, ada dua cara yang bisa kamu gunakan. Pertama, alat yang kamu butuhkan hanyalah kertas. Tuang madu ke atas kertas, kemudian cobalah untuk merobek kertas tersebut. Madu asli akan membuat kertas lebih sulit untuk dirobek. Kalau kertas masih mudah dirobek, artinya madu tersebut sudah dicampur dengan bahan lain. Kedua, kamu bisa mencoba merebus madu dengan sendok. Ketika direbus, perhatikanlah busa yang dihasilkan. Apabila terdapat banyak busa hingga melumer, artinya madu tersebut adalah madu asli dengan kualitas yang baik.

Ternyata banyak sekali ya manfaat madu yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan? Oleh karena itu, yuk biasakan konsumsi madu setiap harinya! Akan tetapi, tetap waspada dalam memilih madu yang asli ya!

Berita Terkini

To Top