Health

MANFAAT PETAI CINA UNTUK KESEHATAN

manfaat petai cina

Manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh tidak diragukan lagi dengan kandungan nutrisi yang kaya akan protein nabati. Petai cina juga sering dimanfaatkan untuk bahan sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Tips bermanfaat ini kami sajikan karena masih banyak orang yang belum memahami dan memanfaatkan petai cina untuk kesehatan tubuh dengan nutrisi asli dari alam. Apalagi, di beberapa negara, tanaman petai cina ini dijadikan sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

TANAMAN PETAI CINA
Petai cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan segalanya. Petai cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Petai cina ini cukup menarik untuk kita ketahui manfaatnya bagi kesehatan. Biasanya kita mengenal petai itu berukuran besar, tapi untuk petai cina cenderung berukuran lebih kecil.

Selain itu, tanaman petai Cina atau bisa disebut dengan lamtoro merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Tanaman ini sangat mudah tumbuh hingga sekarang telah menyebar ke pelbagai bagian dunia. Lamtoro ini juga dikenal sebagai peneduh tanaman kopi, penghasil kayu bakar, dan juga sumber pakan ternak. Selain itu juga sering dijadikan sebagai penghijauan lahan atau pencegahan erosi.

Tanaman petai cina memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. Buahnya mirip dengan buah petai (Parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-bibji kecil yang jumlahnya cukup banyak.

MANFAAT PETAI CINA UNTUK KESEHATAN TUBUH
Dari tanaman petai cina ini memiliki sifat netral serta rasanya agak pahit, dan sedikit manis. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dalam petai cina banyak sekali kandungan zat baik itu menral maupun kalsium dengan kadar cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sehingga petai cina banyak digunakan untuk obat tradisional berbagai penyakit. Pada umumnya bagian yang digunakan dari tanaman petai cina ini adalah daun serta buahnya.

Kandungan zat dalam tanaman petai cina antara lain protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, energi. Dari kandungan yang terdapat pada tanaman petai cina tersebut, maka petai cina ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh antara lain :

manfaat petai cina
Petai Cina

1. Manfaat petai cina – Meringankan penyakit kulit psioriasis.

Petai cina dapat membantu penderita penyakit kulit psioriasis. Penyakit ini sebenarnya tidak menular tapi jika dibiarkan dapat menjalar ke seluruh tubuh dengan sangat cepat. Psioriasis ini cukup menyiksa karena berasa gatal, kemerahan, kasar dan kering di kulit.

Untuk meringankan penyakit psoriasis ini anda bisa mengambil biji petai cina atau lamtoro kemudian di haluskan dan dibubuhkan ke area yang terkena penyakit kulit psoriasis. Bisa juga dengan memakannya secara langsung.

2. Manfaat petai cina – Menghilangkan rasa nyeri

Tak hanya bijinya saja tapi kulit pohon dari petai cina ini juga membantu menghilangkan rasa nyeri atau analgesik. di berbagai negara banyak yang mengambil kulit pohon petai cina ini untuk dihancurkan kemudian diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau kram ketika menstruasi. Sayangnya untuk di Indonesia hal ini belum banyak yang mengetahuinya.

3. Manfaat petai cina – Membunuh Cacing

Cacingan yang terjadi pada orang dewasa atau anak-anak bisa diatas dengan menggunakan petai cina. Anda cukup makan petai cina maka akan dapat membunuh cacing. Hal ini dikarenakan petai cina mengandung senyawa yang dapat membunuh cacing. Bahkan pengobatan cina yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, menggunakan petai cina ini untuk mengeluarkan cacing gelang dan cacing cincin.

4. Manfaat petai cina – Menjaga kesehatan kulit

Daun petai cina juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Bagi wanita tentu saja ini sangat cocok, karena untuk mendapatkan daun petai cina ini cukup mudah. Daun petai cina ini mengandung enzim alami yang dapat memicu pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit sehingga anda akan terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan ekstrak daun petai cina untuk toner kulit yang fungsinya untuk mengurangi kulit berminyak, serta melembabkan dan menutrisi kulit.

Selain itu, tanaman petai cina ini ternyata tidak hanya berfungsi untuk mengobati berbagai macam penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Faktanya, lamtoro juga mampu memberikan manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk mendapatkan kulit yang halus dengan menggunakan petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Kemudian remas-remas hingga keluar airnya. Setelah itu gosokkan pada seluruh badan pada saat anda mandi. Diamkan 1 menit dan bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Jika badan anda terasa gatal, jangan teruskan, sebab mungkin tidak cocok dengan jenis kulit anda.

5. Manfaat petai cina – obat anti kanker

Biji petai cina  bisa diekstrak untuk dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Cara mengonsumsinya anda bisa dengan menyeduh atau memakan langsung. Petai cina enak jika dijadikan lalapan atau dimasak sebagai sayur. Jadi sangat mudah jika ingin mengambil manfaat dari petai cina.

6. Manfaat petai cina – Meluruhkan Haid

Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan secara rutin, hingga perubahan dan reaksi kesembuhan dapat anda raih.

7. Manfaat petai cina – Meningkatkan Gairah Seksual

Ini dia yang istimewa dari petai cina atau lamtoro. Bukan hanya mampu mengobati berbagai macam penyakit ringan, akan tetapi lamtoro juga dapat digunakan untuk meningkatkan gairah seksualitas seseorang.  Untuk mengingkatkan libido atau gairah seksual dengan menggunakan tanaman lamtoro, cukup kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.

8. Manfaat petai cina – Diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sulit dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah secara alami kita dapat menggunakan biji lamtoro untuk memulihkan kinerja pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang berperan dalam menstabilkan kadar gula dalam darah. Gunakan 5 gram bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari.

Dari beberapa uraikan diatas, dapat kita ambil kesimpulan mengenai manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Selain mengandung banyak nutrisi yang kengkap, tips bermanfaat mengenai petai cina ini layak anda coba sendiri dirumah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top