Health

Manfaat Pisang Untuk Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Pisang, Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling populer di Indonesia karena selain rasanya enak, pisang juga tidak mengenal musim dan harganya relatif murah tapi pisang sama sekali bukan buah murahan. Pisang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang ternyata sangat baik untuk kesehatan terutama dalam menjaga tubuh tetap ideal.

Pisang untuk Diet Sehat

Jika Anda memiliki masalah dengan berat badan maka pisang adalah solusinya tapi jika Anda kesulitan untuk menaikkan berat badan Anda, pisang jugalah solusinya. Jadi apakah pisang merupakan buah yang cocok untuk menurunkan atau menaikkan berat badan? Jawabannya, pisang bisa untuk keduanya, oleh karena itu pisang merupakan rahasia utama untuk menjaga tubuh tetap ideal. Kuncinya adalah pada seberapa banyak pisang yang Anda konsumsi perhari karena pisang mengandung kalori yang cukup tinggi untuk membantu menambah berat badan tapi pisang juga mengandung cukup serat, vitamin dan mineral untuk menjaga berat badan pada posisi ideal.

Pisang, Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Ideal
  • Jika Anda merasa terlalu kurus dan susah sekali untuk menambah berat badan, coba konsumsi pisang setiap hari. Satu pisang ukuran medium bisa mencukup kebutuhkan kalori per hari hingga 6%. Untuk menambah berat badan cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya minimal 6 pisang sehari maka bahkan dalam seminggu Anda sudah bisa melihat hasilnya.
  • Namun sebaliknya jika Anda merasa perlu menurunkan berat badan, konsumsilah pisang kurang dari 6 buah sehari untuk menjaga kadar kalori yang relatif tinggi namun kandungan seratnya yang lebih tinggi akan tetap menjaga fungsi pencernaan Anda bekerja maksimal. Kandungan serat pisang ukuran medium bisa mencukup kebutuhan serat harian hingga 12%. Cukup dengan mengkonsumsi 3-4 buah pisang sudah mencakup hampir 50% kebutuhan serat harian. Serat sangat efektif dalam membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.
  • Pisang juga kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama untuk beraktifitas. Satu buah pisang ukuran medium dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh terhadap karbohidrat hingga 12%.

Cara Terbaik Mengkonsumsi

Pisang memiliki rasa yang manis dengan tekstur buah yang lembut. Mungkin beberapa orang tidak masalah mengkonsumsi banyak pisang tapi secara terus menurus bisa bosan juga mengkonsumsi pisang. Berikut beberapa saran penyajian yang bisa Anda contek demi diet sehat Anda.

  • Smoothies

Anda bisa mencampur pisang, susu rendah lemak dan madu kemudian diblender menjadi satu. Atau jika Anda ingin mengkonsumsi pisang untuk menurunkan berat badan, jumlah pisangnya bisa dikurangi dan ditambah dengan oat untuk sumber energi.

khasiat pisang
  • Milkshake Pisang

Siapa yang tidak suka milkshake dan milkshake pisang tak hanya menjadi solusi enak untuk menjaga berat badan ideal tapi juga bisa menjadi minuman berenergi yang menyehatkan.

  • Es Krim Pisang

Bekukan pisang di dalam freezer kemudian belender dan campurkan ke dalam es krim favorit Anda. Teksturnya tak hanya menambah cita rasa es krim favorit Anda tapi juga membuat es krim menjadi santapan yang menyehatkan.

Pisang, Rahasia Menjaga Tubuh Tetap Ideal
  • Pisang Goreng

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini. Tapi sebaiknya berhati-hati karena kandungan lemak tak jenuh dari minyak goreng tidak baik bagi kesehatan terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga : 5 Manfaat Lain dari Daun Pisang Yang Perlu Anda Tahu 

Well, sebenarnya masih banyak lagi kreasi yang bisa Anda ciptakan untuk menikmati manfaat terbaik pisang. Pisang bisa dibuat menjadi campuran kue kering, cake bahkan cupcake. Semua kembali lagi kepada kreatifitas Anda. Pisang adalah buah yang sangat menyehatkan yang tentunya semua orang suka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top