Health

Manfaat Singkong Rebus, Mencegah Anemia Hingga Menguatkan Tulang

Manfaat Singkong Rebus, Mencegah Anemia Hingga Menguatkan Tulang

Pernah makan singkong rebus? Umbi yang murah meriah ini sangat mudah dijumpai di Indonesia sehingga sebagian besar masyarakat pasti pernah mencicipinya. Meskipun dikenal sebagai makanan kampung, namun ternyata singkong rebus punya segudang manfaat lho!

Awalnya tanaman singkong berasal dari Amerika Selatan, kemudian mulai dikembangbiakkan di Paraguay dan Brazil. Sejak itulah singkong menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Singkong mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti Vitamin A, B, C, E dan Vitamin K.

Singkong juga mengandung karbohidrat, lemak alami, protein, tembaga, kalori, kalsium, omega 3, kalium, nutrium dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat, kandungan nutrisi ini hanya dapat diperoleh dari singkong yang diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Nah, dengan segudang nutrisi yang dikandung singkong rebus, lalu apa manfaat singkong bagi kesehatan? Berikut ini uraiannya.

1. Sumber karbohidrat

Singkong rebus memiliki jumlah kalori yang besar, bahkan menurut penelitian jumlah kalori yang dikandung singkong rebus lebih besar 2 kali lipat dibanding kentang. Tak heran jika singkong rebus menjadi makanan pokok di beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Untuk 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, dimana sebagian besarnya terdiri atas sukrosa.

2. Mencegah anemia

Kalau kamu terkena anemia, cobalah mengonsumsi singkong rebus secara teratur. Umbi yang lezat ini adalah sumber vitamin B kompleks dan beberapa vitamin lainnya seperti riboflavin, thiamin, folates dan pantotenat. Riboflavin berperan penting dalam memperlancar produksi sel darah merah termasuk mendukung pertumbuhan badan. Itu sebabnya singkong sangat baik dalam mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah di bawah batas normal.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat singkong rebus selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Singkong rebus mengandung serat yang mudah larut dalam air. Serat jenis ini sangat mudah diserap tubuh sehingga membantu melancarkan pencernaan serta buang air besar.

4. Mengatur tekanan darah

Singkong rebus juga mengandung sumber mineral yang dibutuhkan tubuh, diantaranya magnesium, seng, tembaga, besi dan mangan. Selain itu juga mengandung kalium yang cukup tinggi, dimana kalium bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan membantu pembentukan sel-sel tubuh.

5. Merawat jantung

Menurut penelitian singkong rebus mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, juga mampu menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Tak heran jika mengonsumsi singkong rebus secara rutin dapat merawat jantung, menurunkan resiko terserang stroke, mengendalikan diabetes dan mencegah kanker usus besar.

6. Menguatkan tulang

Singkong rebus kaya akan vitamin K yang bermanfaat untuk membangun masa tulang. Karenanya mengonsumsi singkong rebus dipercaya dapat menurunkan resiko osteoporosis kemudian hari. Selain itu vitamin K juga berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer yaitu dengan membatasi jumlah kerusakan saraf otak.

Itulah beberapa manfaat singkong rebus untuk kesehatan kita. Jadi, jangan pernah meremehkan manfaat sebuah makanan, karena kita tak pernah tahu sebelum mencobanya. Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top