Health

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Wanita, Apa Saja?

Manfaat Vitamin C

This post is also available in: English

Vitamin memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat penting yaitu vitamin C.  Vitamin ini terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh seseorang. Seseorang bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari buah-buahan, sayuran maupun suplemen.

Meskipun sangat penting, namun masih banyak orang yang melewatkan untuk konsumsi vitamin C, termasuk wanita. Padahal, vitamin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wanita. Apa saja manfaat vitamin ini untuk wanita? Yuk simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Melancarkan siklus menstruasi

Vitamin C bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron pada wanita. Dengan hal ini rahim akan berkontraksi dan lapisan rahim rusak. Inilah yang menyebabkan terjadinya menstruasi. Jika wanita rutin mengkonsumsi vitamin ini maka dapat melancarkan siklus menstruasi mereka. 

Meningkatkan penyerapan zat besi

Vitamin C dipercaya bisa membantu dalam penyerapan zat besi. Jika vitamin ini masuk ke dalam tubuh maka akan mengubah zat besi yang sedikit diserap menjadi zat yang mudah diserap tubuh. Dengan demikian maka risiko anemia akan semakin berkurang.  

Mengurangi risiko hipertensi

Hipertensi bisa dibilang termasuk salah satu faktor risiko yang dapat memicu kardiovaskular pada wanita. Namun, hal ini seringkali diremehkan. Untuk mengatasi hal tersebut, wanita harus menambah asupan makanan yang mengandung vitamin C. Dengan mengkonsumsi vitamin ini, maka wanita akan terhindar dari hipertensi dan penyakit kardiovaskuler.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Vitamin C memang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan vitamin ini bisa menurunkan dampak dari penyakit tersebut seperti tingginya kadar gula darah akibat kolestorel dan trigliserida.

Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, zat ini akan berkurang produksinya seiring bertambahnya usia. Kurangnya zat kolagen dalam tubuh akan menimbulkan tanda-tanda penuaan pada seorang wanita. Nah, untuk mencegah tanda-tanda penuaan tersebut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin ini secara cukup.  

Meningkatkan perkembangan janin

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil adalah vitamin C. Vitamin ini sangat diperlukan oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan perkembangan janin. Oleh karena itu, jika ibu hamil kekurangan asupan vitamin ini, maka bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan.

Mengatasi stress

Stress dapat mempengaruhi semua hal dalam tubuh seperti produksi hormon, siklus menstruasi, kesuburan wanita dan pria serta pencernaan dan kekebalan tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, seseorang sangat perlu mengkonsumsi vitamin C. Vitamin ini bisa membantu seseorang dalam menghadapi stress secara fisik maupun emosional. Dengan mengkonsumsi vitamin ini yang cukup, maka stress bisa teratasi sehingga semua masalah yang dialami wanita tidak akan terjadi.

Nah itulah ulasan mengenai manfaat vitamin C pada wanita. Tidak hanya wanita yang harus mengkonsumsi vitamin ini, pria pun juga harus mengkonsumsi vitamin tersebut. Dengan vitamin C, maka kesehatan akan tetap terjaga dengan baik.  

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top