Health

Mari Hidup Sehat di Tengah Pandemi Dengan 6 Tips Ini

Mari Hidup Sehat di Tengah Pandemi Dengan 6 Tips Ini

Mari hidup sehat untuk kebaikan bersama. Di masa pandemi yang belum membaik, kesehatan menjadi aspek nomor satu dan bahkan kunci imunitas. Terutama dalam kebutuhan hidup manusia. Ketika kita melindungi diri kita maka disaat bersamaan kita juga sedang menjaga orang lain. Menjaga untuk tidak terpapar dari virus yang sedang kita bawa.

Virus adalah makhluk kasat mata yang bisa menjadi awal sebuah inang terjangkit penyakit. Virus bisa jadi dorman dalam tubuh inangnya. Itu bisa terjadi manakala tubuh inangnya memiliki imunitas yang tinggi.

Semakin tinggi imunitas tubuh manusia, semakin baik pula ia menangkal berbagai virus yang ada. Sebaliknya, jika virus itu menghinggapi manusia yang lemah imunitasnya, maka viruslah yang menjadi cikal bakal manusia itu menjadi sakit.

Mengenal virus dan cara bekerjanya bisa membuat kita lebih faham apa yang seharusnya kita lakukan untuk menghindari masuknya si makhluk kecil ini. Berikut adalah 7 tips yang bisa kita terapkan untuk menerapkan hidup sehat.

1. Mari Hidup Sehat Dengan Menjaga Pola Makan

Mari Hidup Sehat Dengan Menjaga Pola Makan
Mari Hidup Sehat Dengan Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan dan memilih makanan yang baik di masa pandemi ini menjadi hal yang sangat penting. Nutrisi yang terkandung dalam makanan akan mampu untuk membuat tubuh bermetabolisme dengan baik. Alhasil, tubuh menjadi kebal dengan penyakit yang hendak masuk ke tubuh.

Pola makan yang teratur tiga kali sehari juga akan menjadi hal yang bermanfaat bagi tubuh. Karena tubuh akan memiliki alarm alami yang terbentuk. Tubuh akan peka untuk mengetahui bahwa pada waktu tertentu ia bertugas untuk mencerna makanan yang masuk.

Pada jam tertentu ada alarm ‘keroncongan’ ketika sudah waktunya jam makan. Fungsi alarm alami ini menangkal adanya kenaikan asam lambung yang bisa menjadi sumber penyakit pencernaan dan penyakit lainnya.

2. Mari Hidup Sehat Dengan Olahraga Teratur

Olahraga bisa kita kerjakan di rumah saja. Banyak gerakan sederhana yang bisa kita jadikan sebagai sarana olahraga. Olahraga bisa menjadikan tubuh prima atau bugar. Kebugaran ini seperti hasil dari pengulangan yang teratur.

Jadi untuk mendapatkan tubuh bugar tidak dibenarkan olahraga sekaligus dengan durasi lama. Melainkan sebaliknya, Anda bisa merasakan manfaatnya olahraga ketika melakukannya secara berkala dan rutin. Ibarat melatih otot, maka tidak bisa instan.

Tidak dianjurkan untuk berolahraga dengan durasi yang lama sekaligus, akan tetapi bisa memulai dengan olahraga ringan dulu. Anda bisa menambah durasi dan bobot latihan setiap harinya. Dengan begitu tubuh tidak kaget dan manfaat memperoleh tubuh yang bugar  bisa kita capai.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan
Menjaga Kebersihan

Bersih pangkal sehat, pepatah yang klise tapi masih relevan dalam kehidupan sekarang. Kebersihan disini mencakup kebersihan diri dan tempat tinggal. Tubuh yang bersih bisa Anda usahakan dengan mandi minimal 2 kali sehari.

Tak lupa juga keramas dua kali sehari dan selalu berganti pakaian pagi dengan sore hari. Handuk juga harus diperhatikan. Selalu menjemur setelah memakainya dan mencuci secara berkala akan membantu tubuh untuk selalu dalam kondisi bersih.

Mengapa tubuh yang bersih itu penting? Karena banyak penyakit juga berawal dari kondisi kotor. Seperti kuku jari yang kotor lalu memasukkan makanan ke mulut. Keringat yang tidak segera dibersihkan juga bisa menjadi sarang jamur dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan tempat tinggal. Kecoa dan tikus senang berada di tempat yang kotor. Mereka akan menghinggapi rumah yang tidak bersih dan bersarang disana. Banyak penyakit yang sumber nya dari kedua hewan tersebut. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan rumah agar terhindar dari penyakit.

4. Minum 2 Liter Sehari

Tubuh manusia 90% terdiri dari zat cair. Tubuh yang kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan mengganggu sistem kinerja tubuh dan bisa menyebabkan penyakit turunannya. Untuk mencegah dehidrasi, yang bisa Anda lakukan adalah rutin minum air sehari 2L .

Takaran itu bisa jadi berubah bilamana kegiatan yang kita lakukan dalam sehari juga berintensitas tinggi, contohnya atlet. Latihan olahraga yang menguras tenaga lebih dari biasanya menjadi kebutuhan cairan dalam tubuh mereka juga tidak seperti orang normal biasa.

Cairan tubuh memang tidak sekedar air, namun dengan minum air kita sudah membantu tubuh untuk mendukung ia bekerja secara optimal. Jadi, mari hidup sehat dengan minum air yang cukup.

5. Mari Hidup Sehat Dengan Tidur Cukup

Tidur menjadi bagian penting dalam 24jam kegiatan manusia. Mengapa? Karena ketika tidur tubuh kita tetap melakukan tugasnya yang berfungsi untuk regenerasi sel, detoksifikasi, dan relaksasi. Itulah mengapa selesai tidur, Anda terasa lebih fresh lagi.

Kualitas tidur seseorang mempengaruhi hormon, konsentrasi, dan mood. Seseorang yang tidurnya tidak lelap, biasanya akan kurang konsentrasi dalam aktivitas esoknya karena tubuh merasa masih butuh istirahat lagi.

Orang yang tidur dengan kualitas yang baik, akan menghasilkan hormon endorfin dan mempengaruhinya untuk merasa feeling good. Cara mendapatkan kualitas tidur yang baik bisa Anda lakukan dengan pengondisikan diri untuk rileks dan merasa nyaman, mengatur pencahayaan ruang, dan memejamkan mata lalu memperlambat ritme pernafasan.

6. Mematuhi Protokol 3M

Mematuhi Protokol 3M
Mematuhi Protokol 3M

Tips terakhir ini spesial karena sesuai dengan pandeki yang sedang kita jalani sekarang. Banyak kasus bertambah di berbagai cluster. Masyarakat boleh jadi merasa sangat lelah menghadapi wabah yang tak kunjung selesai. Perekonomian dan kesehatan yang menurun jangan menjadi alasan untuk ikhtiar yang juga lengah.

Jika kita semua saling mengingatkan, membantu kanan kiri yang membutuhkan, maka kita punya kekuatan untuk bangkit bersama melawan pandemi Covid-19. Bersama menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan menjadi solusi yang tepat untuk saat ini. Mari hidup sehat dengan memaksimalkan semua tips di atas.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top