Health

Masalah Kesuburan Yang Setiap Wanita Harus Tahu

Menjadi seorang ibu adalah tugas mulia bagi seorang wanita hanya saja ternyata tidak semua wanita bisa menjadi seorang ibu dengan mudahnya. Dibalik tingginya kasus kekerasan pada bayi dan aborsi ternyata banyak sekali wanita di luar sana yang ingin sekali menjadi seorang ibu tapi tidak diberi kesempatan tersebut karena beberapa hal. Ironis memang tapi itu adalah kenyataan dimana para wanita yang sudah sekian tahun menikah tapi tak juga dikaruniai anak memilih untuk pasrah dan tak sedikit yang memilih untuk menyerah. Masalah kesuburan menjadi kunci utama dalam masalah ini dan berikut adalah segala sesuatu tentang masalah kesuburan yang setiap wanita harus tahu.

Kebiasaan Makan Yang Kurang Sehat

Mungkin terdengar sepele namun mengkonsumsi makanan bergizi seimbang terbukti dapat meningkatkan kesuburan seorang wanita begitu pula sebaliknya pola makan tidak sehat justru dapat menurunkan kesuburan. Dengan kata lain saat mengkonsumsi makanan bergizi berarti Anda juga harus menghindari makanan-makanan yang tidak sehat lainnya seperti makanan cepat saji, makanan kemasan, alkohol serta makanan-makanan yang mengandung pemanis buatan. Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah serta ikan dengan kandungan minyak tinggi serta daging berkualitas tanpa lemak. Sayangnya, kebiasaan baik ini disadari sangat terlambat oleh para wanita. Oleh karena itu selama Anda masih mudah, mulailah mengkonsumsi makanan sehat dari sekarang.

Program Diet Yang Tidak Sehat

Sudah menjadi rahasia umum jika seorang wanita memiliki masalah berat badan maka akan berisiko untuk sulit punya anak namun bagi mereka yang memiliki tubuh terlalu kurus juga akan mengalami risiko yang sama. Oleh karena itu diet berlebihan juga tidak baik untuk kesuburan seorang wanita.

Olah Raga Terlalu Berlebihan

Selain diet yang berlebihan olah raga terlalu berlebihan juga dapat menurunkan kesuburan seorang wanita. Jika seseorang sudah memiliki masalah dengan kesuburan, misalnya PMS yang tidak teratur sebaiknya segera hentikan kegiatan olah raga yang terlalu menguras fisik dan tenaga, namun sebaliknya wanita yang memiliki masalah berat badan, kegemukan, memang disarankan untuk melakukan olah raga tapi tetap dalam porsi yang wajar tidak berlebihan.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Biasanya pasangan yang baru menikah memutuskan untuk tidak memiliki anak dulu sehingga penggunaan alat kontrasepsi menjadi pilihan. Namun tahukan Anda bahwa penggunaan alat kontrasepsi seperti pil ternyata dapat mengganggu keseimbangan hormon sehingga ketika tiba saatnya Anda ingin memiliki anak akan diperlukan waktu lebih lama untuk menyeimbangkan hormon kesuburan terlebih dahulu. Walaupun hal ini relatif karena tingkat kesuburan setiap individu berbeda-berbeda.

Faktor Umur

Sama halnya dengan penggunaan alat kontrasepsi, faktor umur juga sangat relatif dan berbeda-beda dari setiap orang. Ada yang bilang ketika seorang wanita sudah memasuki umur 30 tahun maka tingkat kesuburan akan berkurang. Tidak ada angka pasti mengenai hal ini karena sekali lagi perlu ditekankan tingkat kesuburan seorang wanita masing-masing berbeda walaupun tidak dapat dipungkiri semakin tua umur seseorang kemampuan reproduksi juga akan semakin berkurang.

Masalah Ovulasi

Walaupun banyak faktor yang mempengaruhinya tapi masalah utama dalam hal kesuburan seorang wanita adalah adanya gangguan pada proses ovulasi. Jadi jika sudah begini maka penanganan serius penting untuk dilakukan. Karena kesehatan ovulasi berpengaruh langsung terhadap kesuburan seorang wanita walaupun tentu saja mencari tahu penyebab utama mengapa masalah ovulasi bisa terjadi tetap sangat penting.

Kesimpulannya adalah gaya hidup sangat berpengaruh pada kesuburan seorang wanita. Walaupun tentu saja tingkat kesuburan setiap orang berbeda-beda tapi tidak ada salahnya untuk berhati-hati mulai dari sekarang, lagipula banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menajalankan prinsip hidup sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top