Health

Mask Acne, Jerawat Akibat Keseringan Pakai Masker!

Mask acne, masalah jerawat baru

Mask acne kini sedang hangat sekali dibicarakan banyak kalangan. Masalah jerawat yang satu ini, disebut-sebut merupakan buntut dari penggunaan masker di situasi pandemi seperti saat ini.

Apakah benar demikian? Memangnya, mask acne atau maskne itu apa sih? Lantas bagaimana pula cara mengatasi jerawat yang satu ini? Agar tak makin penasaran, yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

Apa Itu Mask Acne?

Mask acne, masalah jerawat baru
Penggunaan masker secara berlebihan ternyata memicu munculnya jerawat

Mask acne atau dikenal dengan sebutan “Maskne” merupakan jerawat baru yang muncul akibat dari penggunaan masker maupun penutup wajah dalam jangka panjang. Dari dulu jerawat memang jadi masalah kulit yang sangat mengganggu.

Terlebih beberapa bulan terakhir, di tengah situasi pandemi yang penuh beresiko mengharuskan setiap orang harus menggunakan masker sehingga memicu munculnya masalah jerawat.

Selama ini mungkin kamu kurang aware tentang kebersihan masker, ternyata juga harus diperhatikan. Dilansir dari Accent Aesthetics, maskne termasuk jerawat berjenis acne mechanica. Jerawat jenis ini bisa dialami oleh siapa saja tanpa ada ciri-ciri tertentu.

Baca juga: Kulit Wajah Berjerawat? Kenali penyebabnya!

Berhubung saat ini masih berada di situasi pandemi virus Covid-19, jadi semua orang pun diharuskan mengenakan masker. Nah, kemunculan jerawat ini terjadi karena adanya suhu panas, tekanan, hingga gesekan yang terjadi pada kulit.

Pada intinya, jerawat jenis ini muncul di area wajah yang kerap tertutup. Baik karena penggunaan masker maupun penutup wajah yang lainnya. Bukan cuma muncul di wajah, jerawat jenis ini juga sangat mungkin muncul di bagian tubuh yang lain.

Misalnya saja seperti area bahu, punggung, hingga bokong. Keringat yang muncul dan bercampur dengan minyak alami tubuh bisa memicu penyumbatan pada pori-pori hingga menyebabkan adanya peradangan. Hal ini yang kemudian menyebabkan munculnya bermacan jenis jerawat, dari mulai blackhead, whitehead, pustula, papula dan juga cystic.

Cara Pencegahan Mask Acne

Munculnya mask acne atau maskne bisa terjadi di area tubuh manapun. Meskipun sudah tiap hari ganti masker, bukan berarti kamu bisa mencegah munculnya maskne atau mask acne di wajah. Ada beberapa tips cerdas mencegah munculnya maskne, berikut di antaranya.

1. Pilih Masker Kain yang Berbahan Lembut 

Mask acne, masalah jerawat akibat masler
Pilih masker dari kain yang berbahan lembut seperti silk

Selain mengganti masker setiap hari, disarankan untuk mengganti masker dengan bahan kain yang lembut. Seperti kain berbahan silk misalnya, kain jenis ini bisa meminimalisir gesekan pada kulit wajah yang bisa memicu munculnya jerawat. Sehingga, resiko jerawat yang muncul bisa lebih berkurang.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Secara Alamiah

2. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi 

Meski cuaca sedang lembab atau bahkan hujan, bukan berarti kamu bisa mengabaikan penggunaan pelembap wajah. Kulit wajah yang mengalami dehidrasi cenderung lebih mudah mengalami adanya peradangan.

Karenanya, sangat disarankan untuk membuat kelembaban kulit tetap terjaga. Selain mampu menghidrasi kulit secara maksimal, pilih pelembab wajah yang juga mampu membuat produksi minyak di wajah lebih terkontrol.

Baca juga: 7 Pelembab Wajah dari Bahan Alami

3. Jangan Gunakan Makeup Berlebihan

Maskne, masalah baru akibat penggunaan masker
Hindari penggunaan make up secara berlebihan

Ketika menggunakan masker, ada baiknya hindari make up yang kompleks dan berlebihan. Menggunakan foundation atau make up base lainnya bisa membuat pori-pori wajah makin sulit bernapas pasalnya tertutup masker.

Sebetulnya, boleh-boleh saja menggunakan make up saat menggunakan masker. Namun gunakan di area wajah yang tidak tertutup masker, seperti bagian mata dan juga alis.

4. Tetap Gunakan Sunscreen

Meskipun sebagian wajah sudah tertutup masker, bukan berarti kulit wajah tak perlu dilindungi lagi dari bahaya sinar matahari. Bukan cuma itu, saat bekerja di depan layar komputer atau laptop kamu pun juga akan terpapar sinar blue light.

Sinar tersebut sama berbahayanya dengan sinar matahari. Ada baiknya, pilih sunscreen yang memiliki formula yang ringan dan nyaman ketika digunakan di tengah cuaca yang panas. Serta tidak lengket meski wajah kamu sedang berkeringat.

5. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Bersihkan wajah dari mask acne
Bersihkan wajah secara menyeluruh dan membuatnya tetap terhidrasi

Sesampainya di rumah, jangan  sampai lupa untuk segera membersihkan wajah. Meski tak memakai make up dan bahkan sebagian wajah pun tertutup dengan masker, kamu tetap harus membersihkan wajah.

Ini karena minyak alami wajah atau sebum yang tertinggal di area wajah dapat memicu berbagai masalah kulit. Terlebih lagi sisa sunscreen yang tertinggal di wajah pun juga harus dibersihkan supaya tak membuat pori-pori di wajah tersumbat.

Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang berbasis sulfur atau asam salisilat untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Bahan tersebut, mampu membasmi bakteri penyebab jerawat tanpa memicu iritasi.

Sebaiknya hindari bahan-bahan seperti benzoil peroksida dan juga retinol, sebab kedua bahan ini cenderung aktif dan memiliki efek negatif untuk kulit wajah.

Nah, itu tadi informasi menarik tentang mask acne, jerawat baru yang muncul akibat dari penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama. Jika jerawat sudah terlanjur muncul, jangan diabaikan. Berikan perawatan dengan tepat agar jerawar tak makin parah dan memburuk. Semoga bermanfaat.

To Top