Health

Mata adalah Jendela Dunia, Jaga Kesehatan Mata sebelum Terlambat

Mata adalah Jendela Dunia, Jaga Kesehatan Mata sebelum Terlambat

Jika pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia, hal tersebut akan berkaitan dengan penglihatan kita “mata”. Seseorang membaca buku dibantu dengan penglihatan yaitu mata, meskipun ada beberapa bacaan yang tersedia khusus untuk tuna netra. Dengan mata , seseorang bisa mengamati dan mempelajari berbagai hal. Mata menjadi anugerah yang terindah karena dengan mata kita bisa menikmati indahnya dunia.

Ibaratnya sakit belek saja, rasanya sudah tidak enak. Apalagi jika mengalami sakit mata yang parah. Nah, wajib bagi semua orang untuk mensyukuri dan menjaga anugerah panca indera penglihatan tersebut. Mensyukuru nikmat penglihatan tidak hanya mempergunakan mata untuk melihat hal-hal baik. Namun kita juga perlu melakukan perawatan kecil atau setidaknya menghidari hal-hal yang membuat mata menjadi sakit. Nah, hal kecil dan sepele yang bisa kita lakukan sebagai pencegahan sebagai berikut;

Mengatur Jarak Pandang ketika Menatap Layar (tv, laptop, hp) maupun ketika Membaca Buku

Mengatur jarak pandang sangatlah penting untuk kesehatan mata. Jarak pandang normal sekitar 35-60 cm sesuai dengan kenyamanan. Hal tersebut bisa dilakukan ketika menatap layar laptop, hp, televisi atau saat membaca buku. Alangkah lebih baiknya jika menghindari membaca buku atau mengetik dengan laptop sambil tiduran. Jarak pandang yang tidak terlalu jauh maupun tidak terlalu dekat akan menjaga kesehatan mata agar tidak mudah lelah.

Mengatur Pencahayaan pada Laptop, HP, Televisi

Selain mengatur jarak pandang, mengatur pencahayaan juga sangat penting. Apalagi pada benda yang sering kita gunakan atau butuhkan sehari-hari seperti laptop, televisi dan handphone. Pencahayaan yang normal menjadikan mata kita nyaman dan tidak mudah lelah. Terkadang, pencahayaan yang terlalu terang membuat mata cepat lelah, mata menjadi merah dan lama-kelamaan kepala menjadi pening.

Mengurangi Bermain Game atau Menatap Layar Laptop maupun Hp yang Terlalu Lama

Menatap layar terlalu lama juga tidak terlalu baik terhadap kesehatan mata. Sebisa mungkin kita usahakan untuk tidak menatap layar laptop, televisi maupun hp terlalu lama. Ada beberapa kasus bermain game terlalu lama membuat mata sakit seperti mata menjadi minus.

Mengatur Penerangan Ruangan

Nah, ini juga perlu diperhatikan khususnya kalian yang suka membaca buku. Penerangan ruangan sangat penting, pilih lampu yang tidak terlalu terang maupun terlalu redup supaya mata nyaman ketika sedang membaca buku. Bahkan, selain aktivitas lain pun juga membutuhkan penerangan seperti ketika bekerja dengan menggunakan laptop dsb.

Memakai Kaca Mata

Selanjutnya, memakai kacamata juga perlu untuk melindungi mata. Kacamata bukan sekedar bagi orang yang memiliki kelainan mata atau untuk bergaya saja. Namun, kalian bisa saja memakainya untuk melindungi mata dari debu atau cahaya matahari yang terlalu menyengat. Hal tersebut bisa kalian lakukan ketika sedang mengendarai motor, berlibur saat cuaca panas dsb.

Mengistirahatkan Mata

Terakhir, hal yang sangat penting kita lakukan untuk kesehatan mata. Kita sendiri yang tahu kapasitas kinerja mata kita. Jangan terlalu memaksakan untuk membaca buku atau bekerja di depan laptop dalam waktu yang cukup lama. Mengistirahatkan mata dengan tidur atau melihat pemandangan lain sangat membantu menjaga kesehatan mata.So, kalian yang masih menyepelekan kesehatan mata dan memaksanya untuk terus bekerja simak ulasan di atas. Hal-hal kecil bisa kalian lakukan untuk mencegah kerusakan mata. Menyadari pentingnya kesehatan mata lebih dini itu baik daripada terlambat. Dengan mata, kita bisa melihat indahnya dunia, merasakan perbedaan dan nikmatnya berbagi.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top