Health

Mengatasi Bayi Kolik dengan Akupuntur

Bayi Kolik

Baru-baru ini penelitian di Swedia menunjukkan bahwa teknik akupuntur ‘mungkin’ bisa mengatasi masalah bayi kolik. Well, hasil ini tidak tanpa kritikan karena teknik tusuk jarum asal Tiongkok ini walaupun sudah cukup terkenal di dunia namun di kalangan para praktisi medis masih menjadi kontroversi. Di Indonesia sendiri, teknik akupuntur sudah cukup dikenal namun penerapannya masih sangat jarang.

Apa itu bayi kolik?

Secara umum bayi kolik adalah sebuah kondisi dimana seorang bayi yang baik secara fisik atau psikis dianggap sehat namun bisa menangis tanpa henti sampai lebih dari tiga jam. Sejauh ini belum ada penjelasan yang pasti tentang apa penyebab utama bayi kolik namun beberapa kondisi seperti sakit perut, masuk angin dan alergi bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi dengan umur kurang dari 4 bulan dan anehnya bayi biasa akan mulai menangis pada jam yang hampir sama setiap harinya, berturut-turut kurang lebih 3 – 4 hari.

Bayi Kolik: Bayi Menangis Tanpa Henti

Bayi Kolik: Bayi Menangis Tanpa Henti

Apakah teknik akupuntur efektif mengatasi bayi kolik?

Hasil penelitian mengklaim bahwa akupuntur ‘mungkin’ efektif dalam mengatasi kondisi ini. Adapun hasil penelitiannya adalah dari 388 bayi yang menerima tindakan akupuntur, 200 bayi diantaranya tidak lagi mengalami kolik setelah ditusuk. Kesimpulan yang diterbitkan bahwa terapi akupuntur ini bisa menjadi langkah efektif untuk mengatasi kondisi bayi kolik.

Menuai kontroversi

Tanpa adanya penelitian inipun teknik akupuntur masih menjadi kontroversi di antara para praktisi medis di dunia barat karena beberapa dari mereka akupuntur adalah jenis terapi yang menyakitkan dan cenderung aneh karena gambaran kombinasi antara bayi yang menangis histeris dan jarum akupuntur terlihat mengerikan. Beberapa kritik datang dari beberapa profesor universitas terkemuka seperti University College London dan University of Exeter, bagi mereka praktik akupuntur masih belum bisa diterima secara ilmiah, walaupun British Medical Acupunture Socienty mengatakan bahwa memang akupuntur bisa sangat efektif untuk mengatasi masalah otot namun untuk meredakan bayi kolik masih sesuatu yang baru.

Haruskan orang tua mulai menerapkan teknik akupuntur ini?

Well, tidak semua orang familiar dengan teknik ini belum lagi bahaya-bahaya lain yang mengancam seperti jarum yang tidak steril. Sebaiknya, sebagai orang tua, mencari tahu lebih banyak tentang bayi kolik mungkin lebih direkomendasikan dari pada mengambil kesimpulan bahwa kondisi ini adalah suatu kondisi yang harus segera disembuhkan bagaimanapun caranya. Perlu diketahui, kolik pada bayi masih tergolong sesuatu yang normal terutama jika terjadi pada bayi berumur dibawah 4 bulan. Yang perlu orang tua lakukan hanya memastikan bahwa bayi Anda berada pada kondisi yang paling nyaman. Saat gejala kolik mulai muncul, coba cek popok mereka, ganti pakaian mereka dengan yang nyaman dipakai, gendong buah hati Anda dengan posisi yang paling disukainya dan perhatian gejala-gejala lainnya yang justru mungkin membutuhkan penanganan medis yang lebih serius seperti misalnya menangis diikuti kejang, tangan bayi mengepal dan di beberapa bagian tubuh terdapat memar.

Yang paling penting untuk dicatat ketika menghadapi bayi kolik adalah orang tua tidak boleh panik. Bayi sangat sensitif terhadap keadaan psikologi orang tuanya. Jika Anda stress, bayi akan lebih mudah merasakan sehingga lebih sering rewel begitu juga jika Anda panik, maka bayi bukannya lebih tenang tapi justru akan menangis lebih kencang. Untuk lebih jelasnya, segera konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi bayi kolik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top