Health

Mengenal Apa Itu Infeksi Jamur Hitam, Jamur Putih Dan Jamur Kuning Yang Kini Melanda India

Mengenal Apa Itu Infeksi Jamur Hitam, Jamur Putih, Dan Jamur Kuning Yang Kini Melanda India

Belum usai dengan tsunami COVID-19, India harus berjuang dengan penyakit baru, yaitu jamur hitam (black fungus) atau Mucormycosis. Bahkan pemerintah India telah meminta 29 negara bagiannya untuk menyatakannya sebagai epidemi. Istilah tersebut merujuk pada penyakit yang telah menyebar luas di daerah serta melibatkan banyak orang.

Apa Itu Infeksi Jamur Hitam?

Jamur hitam sebetulnya sangat jarang menginfeksi manusia. Hal ini dikarenakan paparan jamur mukosa yang paling banyak ditemukan di tanaman, pupuk kandang, tanah, dan buah serta sayuran busuk. Penyakit ini dapat memicu kematian 50% kepada para penderita, dan mempengaruhi paru-paru sinus hingga otak.

Penyakit ini mengancam para penderita diabetes atai penderita kekebalan tubuh parah. Seperti pasien HIV/AIDS atau penderita kanker. Apabila terinfeksi wabah ini, perawatan medis berat harus dilakukan secaptkan agar jamur tidak menyerang organ-organ penting dalam tubuh. Bahkan, tidak jarang tindakan amputasi dilakukan untuk mencegah menyebaran ke organ vital.

Lihat Juga: Kengerian ‘Tsunami’ COVID-19 Di India, Fasilitas Kesehatan Penuh Hingga Pasokan Oksigen Menipis

Bagaimana Dengan Jamur Putih?

Nama jamur putih berasal dari luka pada pasien yang berwarna putih. Luka tersebut berpengaruh pada kerongkongan yang menyebabkan kesulitan saat menelan makanan. Biasanya bercak putih juga ditemukan di bagian mulut.

Orang yang berisiko terinfeksi adalah mereka yang masuk dalam kelompok penderita diabetes, pasien kanker, pasien dengan kelainan imunitas, serta mereka yang telah operasi transplantasi organ. Infeksi jamur putih berasal dari jamur di sekitar lingkungan, peralatan medis yang tak steril, dan juga kebersihan diri yang kurang terjaga.

Menurut spesialis infeksi jamur, Nina Bhalodia, pasien harus diperiksa dengan teliti menggunakan tes kultur jamur pada lendir atau dahak. Selain itu, scand dada atau X-ray juga bisa digunakan untuk melihat tingkat keparahan infeksi pada organ vital. Menurut para ahli, jamur putih bisa menginfeksi dan merusak paru-paru.

Jamur Kuning Juga Tak Kalah Berbahaya

Para dokter di India dikhawatirkan dengan kemunculan infeksi jamur kuning yang cukup berdampak para pada organ-organ tubuh. Sebelumnya pada Senin (24/5/2021), seorang pria di Ghaziabad berusia 45 tahun didiagnosis terinfeksi tiga jenis sekaligus saat menjalani perawatan pasca COVID-19.

Pria tersebut sebelumnya mengeluhkan pendarahan di hidung serta pembengkakan di bagian mata ketika pemulihan pasca-COVID-19. Saat dilakukan tes, tiga jenis jamur ditemukan menginfeksi dirinya.

Lihat Juga: Warga Negara India Eksodus Ke RI, Begini Kata Imigrasi

Infeksi jamur kuning ini biasanya dapat memperlambat penyembuhan luka dan menyebabkan kebocoran nanah. Dalam kasus yang lebih serius, infeksi juga bisa menyebabkan gejala yang merusak, seperti kematian akut jaringan hingga kegagalan organ vital.

To Top