Health

Mengenal Etilen Glikol, Bahan Berbahaya yang Diduga Jadi Penyebab Gagal Ginjal Akut

Mengenal Etilen Glikol yang Disebut sebagai Penyebab Gagal Ginjal Akut

Etilen Glikol (C2H6O2) diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal akut misterius di Indonesia. Lalu, apa itu etilen yang ditemukan dalam sirup obat?

Sejumlah obat sirup anak diketahui mengandung bahan ini. Berdasarkan hasil sementara, sebanyak 15 dari 18 obat sirup yang telah diuji positif mengandung etilen.

Melansir laman NCBI, cairan ini disebut juga ‘alkohol beracun’ yang biasa digunakan pada industri rumah tangga. Sebutan ‘alkohol beracun’ ini merujuk pada beberapa jenis alkohol, seperti isopropil dan methanol.

Pada dasarnya, etilen adalah cairan tak berwarna yang memberi rasa manis. Tetapi, terkadang kandungannya juga umum digunakan sebagai bahan pelarut.

Efek Mengonsumsi Etilen Glikol

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa mengonsumsi bahan ini memberikan efek racun pada tubuh. Adapun gejala yang umum diperlihatkan yaitu:

  • Sakit perut
  • Muntah
  • Diare
  • Sulit buang air kecil
  • Sakit kepala
  • Perubahan kondisi mental
  • Cedera ginjal akut

Masyarakat tentu harus tahu apa itu etilen glikol yang terkandung dalam sirup obat serta apa yang menyebabkannya berbahaya bagi tubuh.

Lihat Juga: Heboh Paracetamol Dikaitkan dengan Gagal Ginjal Misterius, Kemenkes Setop Penjualan Obat Sirup

Menurut Science Direct, bahan ini dimetabolisme oleh alkohol dan eldehida dehidrogenase untuk membentuk metabolit beracun.

Tapi perlu diingat, kasus yang terjadi di Indonesia dan Gambia bukanlah pertama kali. Jauh sebelum ini, kasus paparan kandungan bahan berbahaya dalam obat juga pernah dialami Amerika Serikat.

Pada tahun 1937, Amerika mengalami bencana obat cukup fatal. Dietilen glikol yang merupakan senyawa mirip etilen glikol menjadi penyebabnya. Dietilen glikol diketahui terkandung dalam obat Elixir Sulfanilamide. Dietilen dipakai untuk melarutkan sulfanilamide.

Obat ini sudah melewati uji rasa, penampilan, dan aromanya, tetapi tidak diuji keamanan. Akibatnya, 100 orang meninggal dunia usai mengalami rasa sakit yang parah setelah mengonsumsi obat itu. mayoritas korban merupakan anak-anak yang sempat mengalami sakit tenggorokan dan batuk.

Setelah mengetahui informasi mengenai apa itu etilen glikol dan bahayanya, semoga bisa membantu Anda untuk tetap waspada.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top