Health

Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Sebabkan Kelumpuhan pada Setengah Wajah Justin Bieber

Ramsay Hunt Syndrome

Di tengah konser dunianya bertajuk Justice World Tour 2022, Justin Bieber mengalami masalah kesehatan. Dia mengungkapkan bahwa kondisi kesehatannya belum membaik, malah semakin parah. Bieber mengatakan pada para penggemarnya bahwa ia mengidap Ramsay Hunt Syndrome yang melumpuhkan setengah bagian wajahnya.

Saat menjelaskan kondisinya melalui video Instagram, terlihat mata sebelah kiri Bieber membuka dan menutup dengan sendirinya. Ia lalu menjelaskan bahwa separuh wajahnya tidak bisa digerakkan karena Ramsay Hunt Syndrome. Akibatnya, Justin Bieber tidak bisa tampil ke atas panggung dan membatalkan sejumlah konsernya di Amerika Serikat (AS), seperti New York dan Washington DC.

Ramsay Hunt Syndrome dikenal juga dengan nama herpes zoster oticus yang dapat terjadi saat herpes zoster memengaruhi saraf wajah yang terletak di dekat salah satu telinga. Selain ruam herpes zoster yang terasa menyakitkan, sindrom ini juga dapat mengakibatkan kelumpuhan wajah serta gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Lihat Juga: Apa Itu Penyakit Kawasaki dan Bagaimana Penanganannya?

Kondisi ini disebabkan oleh virus yang serupa dengan penyebab cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih bertahan di dalam saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus tersebut bisa aktif kembali. Saat hal tersebut terjadi, virus bisa memengaruhi saraf wajah.

Gejala Ramsay Hunt Syndrome

Ramsay Hunt Syndrome bisa segera diobati untuk mengurangi risiko kompilasi, kelemahan otot wajah permanen hingga ketulian. Setidaknya ada dua tanda atau gejala utama sindrom Ramsay Hunt, di antaranya adalah:

  • Ruam merah dan kulit melepuh berisi cairan yang terasa menyakitkan di sekitar satu telinga
  • Kelumpuhan pada wajah yang satu sisi dengan telinga yang terkena

Biasanya, gejala ruam dan kelumpuhan pada wajah terjadi secara bersamaan. Kadang, salah satu gejala bisa terjadi sebelum gejala yang lainnya. Namun bisa juga tidak terdapat gejala ruam.

Lihat Juga: Mengenal Lebih Dekat Anak dengan Sindrom ADHD

Penderita sindrom Ramsay Hunt mungkin juga mengalami gangguan pendengaran, telinga berdenging atau tinnitus, sensasi berputar alias vertigo, sulit menutup satu mata, hilangnya rasa, mulut dan mata kering.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top