Health

Mengungkap 8 Mitos Kesehatan Beserta Faktanya

Mengungkap 8 Mitos Kesehatan Beserta Faktanya

Ada banyak sekali mitos atau dugaan yang tidak pasti kebenarannya berkembang di masyarakat tentang segala sesuatu, termasuk masalah kesehatan. Walau tidak berdasarkan bukti yang kuat, namun kebanyakan orang percaya begitu saja dengan mitos yang berkembang ini. Bahkan mitos-mitos ini lebih dipercaya daripada nasehat dokter. Lalu apa saja mitos tentang kesehatan yang terlanjur dipercayai masyarakat? Inilah 8 mitos kesehatan dan faktanya yang kamu harus tahu.

1. Mitos Kesehatan : Pakailah pakaian tebal atau selimut ketika demam

Faktanya, pakaian tebal atau selimut justru dapat menaikkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang sangat tinggi hingga mencapai 39 derajat Celcius dapat membuat seorang anak kejang-kejang. Itu sebabnya, disarankan menggunakan pakaian tipis meskipun tubuh sedang merasa kedinginan.

2. Mitos Kesehatan : Cacar air hanya bisa diderita sekali seumur hidup

Faktanya, cacar air merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus. Memang pada umumnya seseorang akan menderita cacar air sekali saja karena tubuhnya telah membentuk sistem imun ketika virus tersebut menyerang kembali. Namun ini tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang dapat terserang cacar air lebih dari sekali dalam hidupnya.

3. Mitos Kesehatan : Telur bisa meningkatkan kolesterol

Faktanya, telur mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, vitamin A dan vitamin D. Dalam satu telur diketahui mengandung 213 miligram kolesterol, sedangkan batas yang ditetapkan tidak boleh melebihi 300 miligram. Jadi jangan takut lagi mengonsumsi telur, asal tidak berlebihan.

4. Mitos Kesehatan : Kopi buruk untuk kesehatan

Faktanya, kopi memang berbahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan antara lain dapat menyebabkan adiksi, jantung berdebar lebih kencang, rasa cemas dan sebagainya. Namun, kopi baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara normal karena dapat memberikan antioksidan bagi tubuh dan membuat orang lebih fokus.

5. Mitos Kesehatan : Terserang demam tidak boleh mandi

Faktanya, saat demam ternyata tidak ada masalah serius pada tubuh jika mandi, justru mandi akan menurunkan suhu tubuh yang sedang meningkat. Namun, jika demam disertai menggigil disarankan untuk mandi menggunakan air hangat.

6. Mitos : Masuk angin harus dikerok

Faktanya, saat dikerok tubuh yang menjadi merah bukan berarti kita masuk angin atau pertanda angin keluar. Kulit berubah merah karena pecahnya pembuluh darah kapiler tepi yang letaknya berada di kulit. Kerokan akan menimbulkan rasa sakit, jika sebelumnya tubuh mengalami rasa pegal otot atau penat, sakit akibat kerokan akan menggantikannya sehingga seolah-olah rasa pegal atau penat tersebut hilang.

7. Mitos : Penderita cacar air dan campak tidak boleh mandi

Faktanya, hal ini sangat bertentangan dengan dunia medis. Justru penyakit cacar air dan campak harus menjaga kebersihan badan dan kulitnya dengan mandi teratur dan lebih sering agar penyakit tidak sampai menyebar di seluruh badan disamping penggunaan obat-obatan dari dokter tentunya. Untuk menyiasati, penderita bisa mandi menggunakan air hangat agar tidak memperparah demam.

8. Mitos : Agar cegukan hilang, harus ada seseorang yang mengagetkan

Faktanya, cegukan tidak akan hilang meski ada yang mengagetkan. Menurut penelitian, cegukan dapat hilang dengan mengunyah satu sendok teh gula pasir. Dari studi yang dipublikasikan media di Inggris, disebutkan 19 dari 20 partisipan yang mencoba cara ini berhasil sembuh dari cegukannya.

Itulah 8 mitos kesehatan beserta faktanya yang kamu harus tahu. Bagaimana menurutmu? Adakah mitos kesehatan lain yang kamu tahu?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top