Health

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Terkesan mudah dan sederhana. Tak heran, banyak orang meremehkan kesehatan atau perawatan gigi dan mulut. Padahal, gigi dan mulut adalah gerbang awal kesehatan tubuh. Inilah filter pertama segala asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, jangan sampai menyesal karena mengesampingkan perawatan gigi dan mulut. Simak sepuluh tips berikut!

1. Jangan Takutkan Dokter Gigi

Tercipta stereotip bahwa dokter gigi dan peralatannya menyeramkan. Tak heran, banyak orang takut menyambangi dokter gigi. Hilangkan anggapan itu. Sebagai penetralisir, coba bawa music player berisi lagu-lagu kesayangan Anda dan putarkan guna meredakan ketegangan.

2. Flossing Sebelum Menyikat

Ini adalah cara membersihkan sela gigi dengan menggunakan benang. Fungswinya yakni mengeluarkan sisa makanan di sela gigi. Dengan demikian, penyikatan gigi bisa lebih efektif.

3. Tusuk Gigi

Andai Anda tidak memiliki benang pembersih gigi, gunakan tusuk gigi untuk membersihkan sela gigi. Tetapi, gunakan secara perlahan demi menghindari luka.

4. Ganti Sikat Gigi Secara Rutin

Setiap empat bulan, gantilah sikat agar gigi lebih sehat. Ini juga menghindari kuman yang mungkin melekat di bulu sikat.

5. Keju

Protein di dalam keju sangat penting untuk mencegah pengikisan email. Selain itu, makanan ini juga kaya kalsium yang berkhasiat menguatkan gigi.

6. Baking Soda Basmi Noda

Candu terhadap kopi, teh, dan makanan lain berpotensi menyisakan plak di gigi. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan gigi dengan baking soda dua kali sebulan.

7. Perhatikan Makanan

Ada beberapa menu makanan yang justru mencerahkan gigi. Ambil contoh stroberi. Kalau untuk meminimalisir plak, Anda bisa mengonsumsi apel, pir, wortel dan seledri.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

8. Kadar Keasaman

Faktor ini juga memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Pemicunya yakni makanan seperti cokelat, alkohol, soda, kopi, teh, bawang merah, bawang putih, tomat, jeruk, mint, dan makanan pedas berlemak.

9. Kesehatan Lidah

Sikat pula bagian lidah. Organ ini merupakan salah satu tempat bakteri berkembang biak sehingga bisa menyebabkan napas tak segar.

10. Obat Pengering Mulut

Hindari obat-obatan antihistamin yang bisa mengeringkan air liur Anda. Air liur sangat dibutuhkan agar mulut tetap sehat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top