Health

Menyehatkan Pernapasan-Cegah Kanker Paru-paru, Ini Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Yang Foodies Wajib Tahu

Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

Kabar baik untuk foodies penggemar kuliner pedas. Ternyata cabai menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan asma, menyehatkan pernapasan hingga mencegah kanker paru-paru. Salah satu zat yang terkandung di dalam cabai adalah capsaicin yang mempengaruhi rasa pedas. Walaupun vitamin dan sumber nutrisi lain juga terkandung dalam cabai.

Makanan yang mengandung cabai sendiri terbukti menambah selera, tidak heran jika makanan pedas selalu membuat ketagihan. Melansir dari Times Now News (2/9) telah banyak penelitian terkait capsaicin dalam cabai yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat cabai yang baik untuk kesehatan.

Menekan Resiko Kanker Paru-paru

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa cabai bisa membantu menekan penyebaran kanker paru-paru. Umumnya, kematian karena kanker terjadi saat sel-sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain, yang disebut metastasis.

Kanker metastatik dikenal sangat sulit diobati daripada kanker yang belum menyebar. Para peneliti menemukan kalau capsaicin menghentikan metastasis pada kanker paru-paru hewan pengerat serta kultur sel manusia.

Meredakan Nyeri

Manfaat cabai lainnya yaitu membantu melepaskan hormone endorphin yang merupakan hormone pereda nyeri. Senyawa capsaicin pada cabai bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Lalu akan timbul sensasi panas dari cabai yang membantu ujung saraf menghentikan sinyal rasa sakit.

Sejumlah produk pereda nyeri pun dibuat dengan menambahkan zat capsaicin. Namun bukan berarti dapat mengoleskan cabai secara langsung pada kulit atau luka, karena justru berbahaya.

Lihat Juga: Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah studi membuktikan bahwa cabai dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, beragam masalah kesehatan kardiovaskular juga dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kuliner pedas. Orang-orang yang suka makanan pedas terbukti lebih rendah terkena penyakit kolesterol, jantung dan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Walaupun kuliner pedas membuat nafsu makan semakin meningkat, namun efeknya justru akan menurunkan berat badan. Kandungan capsicin terbukti meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

Makanan pedas akan membuat metabolisme dalam tubuh lebih lancer. Selain itu, makanan pedas juga akan mengeluarkan racun dalam tubuh dengan berkeringat. Namun penting untuk memperhatikan porsi cabai yang dikonsumsi, agar tak mengakibatkan masalah pencernaan.

Melancarkan Pencernaan

Saat capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf di saluran pencernaan akan memproduksi anandamide. Senyawa kimia ini akan membantu menekan inflamasi atau peradangan. Walaupun manfaat cabai baik untuk pencernaan, namun penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Karena dapat menyebabkan diare akibat infeksi pada saluran pencernaan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top