Health

Menyusui tidak hanya baik untuk bayi – juga memiliki banyak manfaat bagi ibu

Sebuah penelitian di luar sana pada berapa banyak bayi manfaat dari susu ibu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menyusui juga.

Satu studi menemukan bahwa menyusui dapat membantu melindungi wanita dari jenis  kanker payudara yang sangat ganas.

Selain menunjukkan bahwa menyusui dapat bertindak sebagai semacam “reset” tombol untuk metabolisme setelah kehamilan, membantu wanita dengan diabetes disaat kehamilan untuk menghindari menjadi penderita diabetes seumur hidup.

Temuan yang melengkapi penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita yang menyusui memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara dan ovarium, diabetes tipe 2 dan rheumatoid arthritis. Dan juga menyusui, bahkan untuk waktu yang singkat, bisa menurunkan risiko hampir 40.000 kasus kanker di seluruh dunia.

Dr Marisa Weiss, peneliti senior laporan dan presiden Breastcancer.org, mengatakan “kehamilan dan menyusui merupakan langkah penting pada payudara yang selama puluhan tahun jalan menuju pematangan, dengan menyusui memicu perubahan sel susu duct yang membuat payudara lebih tahan terhadap kanker.

Dia mengatakan: “Kelenjar payudara belum matang dan tidak mampu melakukan tugasnya – untuk memproduksi susu – sampai ia melalui kehamilan.”

“Menyusui memaksa payudara untuk tumbuh dan memproduksi susu.”

Wanita yang mengalami diabetes kehamilan tujuh kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes setelah kehamilan.

Mereka harus didorong untuk menyusui karena meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin.

Menyusui juga meningkatkan metabolisme lemak, membakar kalori dan memobilisasi toko lemak yang diperoleh dalam kehamilan.

Untuk menguji apakah menyusui menurunkan peluang seorang wanita terkena diabetes, penelitian lain oleh peneliti Erica Gunderson, North California, diidentifikasi 1.010 wanita yang menderita diabetes kehamilan dan memantau mereka secara ketat selama dua tahun setelah kelahiran.

Dari 959 ibu dievaluasi, 113 melanjutkan untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Tapi mereka yang diberi ASI mengurangi risiko hingga setengahnya.

Mereka yang diberi ASI selama lebih dari 10 bulan benar-benar mengurangi risiko diabetes hampir 60% dalam dua tahun mereka diikuti.

Namun alasan lain yang baik adalah untuk memberi Asupan Energi pertumbuhan untuk anak Anda.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top