Health

Minum Air Putih Usai Berolahraga Bisa Menyebabkan Kematian!!

Minum Air Putih Usai Berolahraga Bisa Menyebabkan Kematian!!

Haus merupakan salah satu hal yang wajar terjadi, apalagi jika seseorang telah berolahraga. Itu tandanya tubuh kita sedang kekurangan cairan dan membutuhkan asupan cairan. Namun tahukah Anda apabila banyak minum setelah berolahraga berat dapat berdampak negatif? Bahkan ada fakta yang menyebutkan bahwa meminum air putih yang berlebih dapat menyebabkan kematian.

Hah? Minum air putih dapat berdampak negatif? Lalu bisa menyebabkan kematian? Kok bisa? Untuk lebih jelasnya, Yuk kita simak penjelasan berikut.

perlu diketahui bersama, minum air putih setelah melakukan olahraga berat dapat memperlambat kerja dari organ hati. Menurut penelitian, cairan yang masuk ke dalam tubuh melalui air yang diminum setelah berolahraga berat dapat menurunkan plasma darah yang dialirkan ke dalam jantung.

Tidak hanya itu, minum beberapa gelas air putih setelah berolahraga berat akan mematikan mortalitas kardiovaskular karena meningkatnya risiko aritmia. Para peneliti dari Unversitas Federal Brasil Juiz de Fora juga menemukan fakta bahwa minum air putih yang berlebih dapat memperlambat kinerja hati.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam FKUI Prof.Dr.dr.Parlindungan Siregar, SpPD-KGH pun mengatakan bahwa ada efek negatif dari meminum terlalu banyak air putih setelah berlahraga berat. Menurutnya, seseorang akan mengalami hiponatremia atau istilah lainnya yaitu kekurangan natrium (garam) dalam tubuh.

Kekurangan natrium dalam tubuh disebut juga sebagai Exercise-associated Hyponatremia (EAH). Kemampuan ginjal dalam mengeluarkan urine pun akan terganggu, sehingga dapat menyebabkan hipnotremia akut. Lebih parahnya, kondisi-kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kematian mendadak.

Bahaya ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa semakin banyaknya keringat yang keluar dari tubuh, maka semakin banyak juga air yang harus diminum. Anggapan ini muncul dengan tujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Padahal, meminum air putih setelah berolahraga tidak perlu terlalu banyak. Bahkan seorang olahragawan dianjurkan hanya minum air putih secukupnya saja. Namun jika Anda tidak memiliki aktivitas harian yang berat, Anda bisa meminum air putih sebanyak 2 liter dalam waktu satu hari.

Wah bahaya juga ya? Lalu kapan kita boleh minum air putih?

Saat terbaik meminum air putih saat sudah berolahraga berat yaitu ketika napas sudah stabil atau sudah tidak ngos-ngosan. Fakta lain juga menyebutkan bahwa apabila Anda minum air putih ketika tubuh masih berkeringat, maka sama saja dengan Anda membuang H20 dan energi yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Kita pasti tidak asing dengan kalimat “minumlah air putih minimal delapan gelas dalam sehari” kan? Perkataan tersebut memanglah tidak salah. Nah, untuk menerapkannya dan terhindar dari bahaya minum air putih, berikut aturan yang perlu diperhatikan:

  1. Satu gelas saat bangun tidur di pagi hari, sebelum sikat gigi dan sarapan.
  2. Satu gelas ketika akan berangkat kerja atau beraktivitas.
  3. Satu gelas ketika sedang berada di lingkungan kerja atau saat beraktivitas.
  4. Satu gelas ketika 30 menit sebelum makan siang atau atau 60 menit setelah makan siang.
  5. Dua gelas ketika menjelang sore hari.
  6. Satu gelas ketika 60 menit sebelum makan malam.
  7. Satu gelas ketika beberapa saat sebelum tidur malam.

Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai minum air putih. Semoga informasi singkat di atas dapat membantu Anda berhati-hati dalam meminum air putih saat setelah berolahraga berat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top