Health

Minum Kopi Ternyata Dapat Memicu Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Minum Kopi Ternyata Dapat Memicu Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Saat ini, banyak sekali minuman kekinian yang berasal dari bahan dasar kopi. Itu menjadi keuntungan besar bagi penggemar kopi yang ingin mencoba beraneka rasa minuman kopi dengan berbagai campuran. Kita mengetahui bahwa mengkonsumsi secara berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan terutama seseorang penderita yang memiliki penyakit asam urat karena kopi mengandung purin.

Melihat hal itu, apakah benar jika konsumsi kopi dapat memicu penyakit asam urat? Kira-kira apakah boleh jika penderita asam urat minum kopi secara berlebihan? Jika tidak, seberapa bahaya penderita asam urat jika konsumsi kopi secara berlebihan? Nah, yuk simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Benarkah kopi dapat memicu penyakit asam urat?

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari oleh masyarakat terutama untuk menghilangkan rasa kantuk. Namun, pernahkah kalian mendengar bahwa minum kopi dapat memicu penyakit asam urat?

Sebagian orang mungkin percaya bahwa kopi dapat menyebabkan asam urat mengingat kopi mengandung purin. Purin merupakan zat yang dapat dicerna didalam tubuh menjadi asam urat.

Meskipun demikian, purin yang terkandung di dalam kopi termasuk rendah sehingga kecil kemungkinan jika minum kopi akan menyebabkan penyakit asam urat.

Purin yang terkandung di dalam kopi berupa kafein, theophylline, dan theobromin. Apabila ke-tiga zat tersebut dimetabolisis oleh tubuh akan menjadi metil urat yang tidak meningkatkan kadar asam urat darah.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kopi sangat aman bagi penderita asam urat. Kopi tidak memicu penyakit asam urat, malah sangat bermanfaat bagi penderita asam urat karena dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat. 

Bolehkan penderita asam urat minum kopi secara berlebihan?

Kita sudah mengetahui bahwa kopi mengandung purin rendah sehingga penderita asam urat boleh minum kopi setiap hari asalkan dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan. Namun, jika dilakukan terlalu berlebihan, maka akan berdampak pada kesehatan penderita.

Baca Juga : Obat Asam Urat Alami Dengan 4 Tanaman ini

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi akan berpengaruh pada zat purin dalam darah. Apabila penderita asam urat terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi kopi maka akan meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Hal itu membuat kondisi asam urat semakin parah. Apakah hal itu berbahaya? Jawabannya Ya karena akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan sebagai berikut:

1. Fungsi ginjal menjadi terganggu

Perlu diketahui bahwa terlalu berlebihan dalam minum kopi dapat mengganggu kinerja dari fungsi ginjal. Hal itu membuat ginjal tidak berfungsi dengan baik sehingga akan memicu pengendapan asam urat di dalam ginjal. Jika kadar asam urat terlalu lama menumpuk maka akan menyebabkan penyakit ginjal.

2. Lemak tubuh menjadi menumpuk

Kafein memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal ini bisa mengganggu proses pengeluaran kadar asam urat dalam tubuh.

Jadi, bisa diperkirakan sendiri jika terlalu berlebihan saat minum kopi, maka otomatis kita akan menumpuk lemak dalam tubuh.

Jika tubuh terlalu banyak lemak, maka kadar asam urat pun ikut menumpuk. Penumpukan asam urat di tubuh dapat menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan, dan kemerahan di sekita persendian.

3. Persendian rusak beserta jaringan tulang rawan

Tingginya kafein yang masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan rusaknya persendian dan jaringan tulang rawan penderita asam urat sehingga akan menyebabkan penyakit asam urat yang diderita semakin parah.

4. Pembuluh darah mengalami penyempitan

Kadar kafein yang terlalu tinggi maka dapat menyebabkan pembuluh darah penderita asam urat mengalami penyempitan. Hal ini akan terjadi jika penderita asam urat mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Kandungan kafein ternyata dapat membuat purin menjadi kristal tajam yang dapat menghambat aliran darah menuju pembuluh darah. Jika terjadi demikian, maka sangat berbahaya bagi tekanan darahnya karena pembulu darah mengalami penyempitan.

Tips yang aman bagi penderita asam urat meskipun minum kopi setiap hari

minum kopi asam urat

Memang benar jika penderita asam urat boleh minum kopi setiap hari, namun dengan takaran yang wajar. Nah, jika kalian memiliki penyakit asam urat namun termasuk penggemar kopi, ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar kalian tetap aman meskipun meminum kopi setiap hari. Berikut tipsnya:

  • Penderita asam urat dapat minum kopi tanpa campuran gula maupun pemanis lainnya
  • Batasi konsumsi setiap harinya.
    Minum kopi minimal satu gelas per harinya.
  • Konsumsi kopi hitam yang mengandung antioksidan dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan
  • Untuk penderita asam urat, alangkah lebih baik minum kopi jenis arabika karena mengandung purin rendah.

Gimana, kalian sudah paham kan jika minum kopi ternyata aman bagi penderita asam urat asalkan dalam takaran yang wajar. Jika masih ragu dan takut, kalian bisa memastikannya dengan datang ke dokter yang ahli di bidang ini. Tanyakan apakah memang benar penderita asam urat boleh minum kopi. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top