Health

Minuman Manis Tidak Selalu Indah, Berapa Sih Batas Aman Mengkonsumsinya Dalam Sehari?

Minuman Manis

Es Teh Indonesia baru-baru ini menjadi sorotan. Produk minuman lokal itu mendapat kritik dari seorang warganet Twitter menyebut salah satu varian minuman manis yang mengandung banyak gula karena rasanya yang terlalu manis.

Pemilik akun Twitter @Gandhoyy menyebut jika produk Es Teh Indonesia varian Chizu Red Velvet bukan minuman melainkan gula 3 kilogram yang dicampur dengan baking soda. Dia juga mengatakan bisa membuat anak-anak terkena diabetes.

Karena itu, banyak warganet yang penasaran dengan kandungan gula pada produk minuman tersebut. Mereka juga khawatir terhadap dampak mengkonsumsi gula yang terlalu banyak.

Lalu, sebenarnya berapa banyak gula yang boleh kita konsumsi per hari?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, anjuran mengkonsumsi gula yaitu 10% dari total energi (200 kkal) atau setara dengan 4 sendok makan gula (50 gram) per orang per hari. Jumlah itu sesuai dengan kebutuhan harian kita.

Melansir Healthline, American Heart Association membedakan kebutuhan gula tambahan sesuai gender. Untuk pria maksimal 150 kalori per hari (37,5 gram) atau setara 9 sendok teh gula. Sementara, untuk wanita 100 kalori per hari (25 gram) atau setara 6 sendok teh gula.

Namun, mereka juga menyarankan untuk membatasi mengkonsumsi gula sebanyak 10% dari jumlah kalori harian atau setara dengan 50 gram gula.

Mengkonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Sementara, manisnya gula juga dapat membuat seseorang kecanduan. Karena itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi gula tambahan, tetapi memenuhi kebutuhan harian dengan gula alami.

Gula tambahan adalah gula yang ditambahkan dalam produk makanan atau minuman. Biasanya berjenis gula meja biasa (sukrosa) atau sirup fruktosa tinggi. Pada label gizi produk kemasan, kandungan yang berakhiran ‘osa’ atau ‘ol’ biasanya termasuk gula tambahan. 

Sebaiknya hindari mengkonsumsi soda, permen, kue-kue, atau jus buah yang mengandung gula tambahan. 

Sementara gula alami bisa diperoleh dari makanan seperti buah-buahan atau sayuran segar. Makanan mengandung air, serat, dan berbagai mikronutrien baik untuk dikonsumsi.

Mengutip dari Suara.com, salah seorang warganet mencari tahu kandungan gula dalam produk minuman Es Teh Indonesia. Kemudian diketahui produk minuman kemasan kecil mengandung 31 gram gula. Jumlah tersebut mendekati angka anjuran mengkonsumsi gula per hari.

Minuman Manis Penyebab PCOS Pada Perempuan

Minuman manis terutama pada wanita disebut-sebut bisa menyebabkan sindrom ovarium polikistik atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

Dokter Kandungan di Rumah Sakit YPK Mandiri Andon Hestiantoro mengatakan minuman manis bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya penyakit Polycystic Ovary Syndrom (PCOS).

“Sangat berbahaya, terutama jika tidak dibatasi. Kita juga tidak tahu seberapa banyak gula yang terkandung dalam minuman manis,” kata Andon.

Kata Andon, kebiasaan konsumsi gula berlebih terutama pada minuman manis kemasan memang berbahaya. Minuman manis kemasan ini tidak hanya mengandung gula tapi juga kalori dan lemak yang sangat tinggi.

Saat Anda mengonsumsi kalori dan gula berlebihan, maka bisa memicu terjadinya resistensi insulin dan obesitas. Termasuk obesitas sentral.

Saat kadar insulin meningkat bukan hanya penyakit seperti diabetes yang didapat. Tapi juga bisa berakhir dengan gangguan kesuburan berupa gangguan ovulasi.

“Penyakit ini disebut dengan istilah Sindrom Ovarium Polikistik atau Polycystic Ovary Syndrome (PCOS),” katanya.

Saat PCOS menyerang, akan ada beberapa hal yang dialami pasien. Biasanya pasien mengalami gangguan makan hingga gangguan kecemasan. Hal paling parah yang bisa dialami pasien adalah kemandulan.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi gula. Maksimal gula yang boleh dikonsumsi per hari hanya enam sendok teh saja.

“Akan lebih baik lagi kalau kurang, karena di nasi dan sayuran saja sudah ada kandungan gulanya,” kata Andon.

Tips Jika Mengalami PCOS

  1. Kurangi jumlah gula harian
  2. Tambah konsumsi sayur & buah
  3. Olahraga secara teratur
  4. Suplementasi vitamin D dan vitamin matahari
  5. Coba raih dan pertahankan berat badan ideal.

Jika ada riwayat PCOS dalam keluarga maka sebaiknya temui Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi atau dikenal juga Obgyn serta dokter kandungan.

Semoga informasi mengenai minuman manis ini bermanfaat ya!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top