Health

Musim Pancaroba Tiba? Ayo Jaga Daya Tahan Tubuh

Pergantian Musim Telah Tiba, Inilah Saatnya Rajin Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sesuai dengan pengamatan BMKG mulai akhir tahun 2020 Indonesia sudah  memasuki musim hujan sehingga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Ya, setiap warga, sebaiknya menjaga daya tahan tubuh masing-masing. Rintik hujan bisa mengakibatkan berbagai penyakit, dari flu, batuk, hingga sakit kepala.  

Pada musim seperti ini, nyamuk lebih cepat berkembang biak, penyakit demam berdarah tidak akan segan untuk menyerang setiap warga. Apalagi pada saat ini, penyakit Covid-19 sedang mewabah setiap kota dan negara, berbagai penyakit ini akan dengan mudah menyerang tubuh yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai kerja dari rumah, memudahkan kita untuk mengatur diri dan keluarga dari berbagai penyakit yang melanda. Perlu kerja sama serta rasa peduli terhadap sesama untuk saling mengingatkan betapa pentingnya hidup sehat daripada harus terbaring sambil merasakan sakit. Hujan akan terus mengguyur permukaan bumi secara tiba-tiba, banyak warga yang enggan untuk membawa payung ke mana-mana, hal ini merupakan pemicu penyakit menyerang.

Mereka semua menyepelekan langkah utama untuk mencegah penyakit, seolah imunitas mereka begitu kuat dan kebal, pada kenyataannya kekebalan perlu dilatih dan dipersiapkan. Persiapkan diri untuk menyambut cuaca ekstrim, selain kita sendiri yang menjaga, tidak ada orang lain yang akan peduli terhadap kekebalan tubuh orang lain. Maka dari itu, kesehatan adalah kunci utama untuk melanjutkan kehidupan.

Daya Tahan Tubuh yang Penting Untuk Dijaga

Daya Tahan Tubuh yang Penting Untuk Dijaga
Daya Tahan Tubuh yang Penting Untuk Dijaga

Perlu kita ketahui, kondisi tubuh merupakan faktor penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kata ini cukup terkenal akhir-akhir ini, dikarenakan untuk terhindar dari penyakit covid-19 membutuhkan imunitas yang kuat. Imunitas tubuh yang kuat didapat dari pola makan yang sehat.

Makan tepat waktu, merupakan hal penting yang selalu dianggap sepele. Perut yang lapar, akan memudahkan penyakit untuk masuk, oleh karena itu, sediakan bahan makanan yang sehat selama musim hujan ini.

Selain itu, keadaan rumah yang kotor dan penuh sampah berserakan memicu banyak bakteri. Sebisa mungkin, untuk rajin membakar sampah dan tidak meninggalkan kotoran ditempat yang sering kalian kunjungi. Bakteri akan cepat berkembang biak dan menyebar ke seluruh penjuru.

Waktunya kita untuk rajin menjaga diri, dan tidak saling iri karena hanya kita yang mengerjakan semua kebersihan rumah. Ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman. Memilih kehujanan daripada menunggu reda itu merupakan salah satu hal yang memicu penyakit berkembang dari dalam tubuh.

Jika kita kehujanan, seluruh tubuh kita akan basah kuyup dan kedinginan. Potensi demam dipicu dari rambut basah yang tidak langsung dikeringkan. Maka, jika kalian terkena air hujan, cepat ganti pakaian , lalu mandi dengan air hangat. Basuh rambut secukupnya dengan air hangat supaya suhu tubuh tetap seimbang.

Manfaatkan Vitamin Dari Buah-buahan

Manfaatkan Vitamin Dari Buah-buahan
Manfaatkan Vitamin Dari Buah-buahan

Kedua pilihan itu terkadang membuat kita bingung dan berakhir tidak memakan keduanya. Sesuai dengan harga dan keuangan keluarga, maka pilihlah yang menurut kalian paling murah. Kedua pilihan itu sangatlah ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin A membuat mata kita sehat dan terang, Vitamin B menjaga saraf dan energi tubuh, Vitamin C bisa meningkatkan imunitas tubuh, dan Vitamin D baik untuk tulang. Kebanyakan masyarakat berpikir bahwa vitamin terlalu mahal untuk kalangan bawah, ada buah yang pas untuk mengisi kantong kita.

Banyak buah yang mengandung vitamin c yang bisa menjaga daya tahan tubuh kita. Diketahui, paprika merah, pepaya, jeruk, stroberi, brokoli, kubis, kiwi, sangat kaya akan vitamin c.

 Buah tersebut juga mudah Anda temukan pada banyak tempat. Jeruk tidak pernah alpa dari pandangan mata. Pada setiap penjuru pasar, banyak penjual buah yang menjual jeruk dan pepaya. Berbagai macam rasa dan harga, tinggal kalian pilih mana yang sesuai dengan kantong kalian.

Sayuran brokoli juga sering menjadi teman nasi dalam makanan. Banyak warung makan yang memasukkan brokoli ke dalam tumis kacang, atau sop, dan harganya tidak lebih dari lima ribu rupiah. Tidak ada waktu untuk mengeluh, vitamin, buah atau sayuran semua memiliki keistimewaan dan vitamin yang bagus untuk tubuh kita.

Sehat atau Sakit? Semuanya Tergantung Daya Tahan Tubuh

Sehat atau Sakit? Semuanya Tergantung Daya Tahan Tubuh
Sehat atau Sakit? Semuanya Tergantung Daya Tahan Tubuh

Setiap manusia pasti menjawab sehat. Tidak bisa Anda pungkiri, bahwa kesehatan tubuh adalah hal yang paling penting pada setiap manusia yang hidup. Bahkan, orang yang sakit pasti menginginkan bisa pulih dari penyakitnya dan beraktivitas seperti biasa, lalu kenapa yang sehat malah memilih santai dan mulai abai dengan aspek daya tahan tubuh.

Sampah berserakan di mana-mana, baju yang basah dibiarkan ditumpuk hingga menimbulkan bau, jajan sembarangan asal enak, tidur berlebihan atau kurang, suka rebahan dan jarang olahraga. Semua itu, hanya memicu penyakit, hingga menumpuk pada bagian dalam tubuh. Mari kita lepaskan rasa malas yang berlebih demi kebaikan tubuh kita sendiri.

Jika penyakit sudah menyerang tubuh, rasa sehat akan sulit sekali Anda dapatkan. Mereka harus bersusah payah untuk kembali sehat dengan cara memaksakan makan yang banyak walaupun mulut terasa pahit. Oleh karena itu, sebelum terlambat, jagalah tubuh sebaik-baiknya. Daya tahan tubuh yang sehat menimbulkan perasaan yang sehat serta semangat hidup yang tinggi.

Semua faktor dalam menjaga daya tahan tubuh sangat mempengaruhi setiap saraf pada tubuh. Energi positif akan terus menyeruak jika tubuh kita sehat. Rasa syukur bisa menghirup udara segar merupakan salah satu hidup sehat. Hindarilah rasa malas yang bisa menimbulkan banyak penyakit, dan mulailah membenahi pola hidup. Kesehatan atau penyakit, kita sendiri yang menentukan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top