Health

Nyamuk dan Fakta Menarik Tentangnya

Hampir tidak ada orang yang menyukai hewan yang satu ini. Selain suaranya sangat mengganggu, kehadirannya selalu mengindikasikan sesuatu yang tidak menyenangkan, yaitu gatal-gatal yang seringkali tak tertahankan. Bahkan beberapa jenis nyamuk mampu menyebarkan penyakit yang tergolong berat, seperti misalnya malaria, demam berdarah atau demam penyakit kuning. Namun justru karena itu, perlu juga rasanya kita mengenal karakteristik dari hewan yang satu ini untuk mengetahui sebenarnya hal apa saja yang mereka sukai sehingga kita dapat menghindarkannya dari mereka. Berikut ini adalah 8 hal yang merupakan keunikan sekaligus fakta menarik mengenai mereka

Gigitan Nyamuk Betina

Perlu kamu tahu bahwa hanya nyamuk betina saja yang menggiigit manusia. Nyamuk jantan tidak memerlukan darah dari manusia, dikarenakan mereka telah memperoleh cukup nutrisi yang berasal dari nektar tanaman.  Sementara itu nyamuk betina memerlukan darah sebagai asupan protein untuk membantu tumbuh kembang telur-telur nyamuk yang ratusan jumlahnya. Karena itu, maka darah yang dihisap oleh nyamuk betina ini sesungguhnya berguna untuk perkembangan telur, sementara untuk kebutuhan makan, nyamuk betina melakukan hal yang sama dengan nyamuk jantan, yaitu berburu nektar.

Menyukai Tubuh Yang Berkeringat

Yang membuat nyamuk tertarik dengan tubuh kita bukanlah bau darah, melainkan zat karbonsioksida yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Makin banyak kamu mengeluarkan karbondioksida, maka akan semakin besar kamu akan didatangi para nyamuk betina. Nyamuk memiliki sensor infra merah, sehingga mereka mampu mencium bau zat ini dari mulai jarak 35 meter. Pada saat nyamuk mencium karbondioksida, maka ia akan segera meluncur dengan gerakan zig zag, dimana ini bertujuan agar bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber bau zat tersebut. Tanda yang lain kemudian akan mengikuti, seperti misalnya bau tubuh atau keringat serta panas tubuh. Oleh karena itu, maka pada saat tubuh kita berkeringat terutama pada bagian wajah, maka nyamuk akan lebih banyak mendekat.

Mendekati Wanita Hamil

Wanita hami lebih banyak mengeluarkan panas dan karbondioksida, dikarenakan adanya sumbangan emisi dari janin. Hal ini membuat nyamuk betin lebih gemar mendekati wanita yang sedang hamil, terutama pada bagian perutnya. Jadi nyamuk gemar dekat dengan wanita hamil bukan karena pada kenyataannya volume darah calon ibu meningkat 50 persen, namun karena karbondioksida.

Doyan Dengan Aroma Bir

Berdasarkan sebuah penelitian, nyamuk ternyata lebih menyukai orang yang mengkonsumsi minuman bir. Seorang peneliti Australia yang melakukan riset di Burkina Faso, Afrika Barat terhadap dua kelompok yang menjadi obyek eksperimen membuktikan bahwa nyamuk jauh lebih senag hinggap pada kelompok peminum bir dibanding dengan kelompok peminum air putih biasa. Terjadi perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh orang yang mengkonsumsi bir sehingga dapat menarik nyamuk mendekat.

Menyenangi Kaos Kaki Bau

Sebuah penelitian dilakukan dengan menggunakan dua buah box berisi stocking yang masih bersih atau baru dan satu box lagi berisi stocking yang telah dipergunakan selama 20 jam lamanya. Ternyata, nyamuk berdatangan ke dalam box yang berisi stocking yang telah dipergunakan. Aroma kaki dan keringan yang menempel pada stocking yang telah dipakai sebelumnya ternyata sangat disukai oleh nyamuk.

Menyukai Warna Gelap

Nyamuk ternyata mempunyai insting berburu mamalia yang memiliki kulit dan bulu yang cenderung berwarna gelap, menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli entomologi bernama Grayson Brown,Phd. Terbukti bahwa seluruh pekerja di laboratoriumnya yang kesemuanya mengenakan pakain putih sama sekali tidak menarik nyamuk untuk mendekat.

Menggemari Wewangian Dengan Aroma Bunga

Nyamuk memiliki kebiasaan menghisap cairan manis alami yang terdapat pada bunga-bunga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya. Hal ini membuat nyamuk menyukai aroma wewangian beraroma bunga. Jadi, jika kebetulan kamu mempergunakan parfum seperti itu, maka ini akan mengundang nyamuk untuk mendekat padamu. Juga disarankan oleh Joseph Conlon dari Asosiasi Pengendalian Nyamuk Amerika, jika kamu tidak ingin di dekati nyamuk, maka sebaiknya hindari wewangian dengan aroma bunga mawar, lavender, atau gardenia.

Tertarik Mendekati Orang Yang Memiliki Golongan Darah O

Melalui hasil studi yang dimuat dan dipublikasikan dalam Journal of Medical Entomology dapat diketahui bahwa nyamuk ternyata tertarik pada orang yang memiliki golongan darah O. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki golongan darah O memancarkan bau tertentu yang dapat menarik nyamuk mendekat. Namun hal ini hanya pada porsi dari golongan darah O yang disekresi oleh molekul tertentu, melalui air liur, keringat dan juga lendir.

Dengan mengatahui beberapa hal yang disukai oleh nyamuk, maka diharapkan kita dapat lebih waspada selain juga melakukan segala tindakan pencegahan. Selain itu dengan menjaga tubuh tetap bersih dan lingkungan juga bersih maka nyamuk tidak akan dengan mudah  tertarik untuk mendekat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top