Health

Olahraga saat Berpuasa? Siapa Takut

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting bagi setiap orang. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dengan berolahraga. Nah, bulan ini merupakan bulan puasa, so masih perlukah kita melakuan olahraga? Jawabnya adalah perlu. Kita tetap bisa melakukan olahraga meskipun di bulan puasa.

Bulan puasa tidak menjadikan alasan kita untuk malas berolahraga. Dari berpuasa sendiri kita dapat manfaat untuk menyehatkan tubuh, apalagi dengan ditambah rutinitas berolahraga. Badan kita akan semakin terjaga kesehatannya. Namun, perlu diperhatikan kapan watu yang tepat untuk melakukan olahraga? Waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu menjelang berbuka puasa dan setelah sholat tarawih.

Menjelang buka puasa biasaya sudah lemas dan rasa haus mendera. Meskipun demikian, kalian tetap bisa melakukan olahraga ringan dan singkat. Olahraga yang bisa kalian lakukan yaitu yoga atau meditasi trutama untuk kaum hawa, melakukan latihan kardio seperti berjalan kaki atau bersepeda atau sekedar senam lantai ringan. Lakukan secukupnya dan jangan terlalu lama supaya tidak menyebabkan kelelahan dan dehidrasi.

Setelah sholat tarawih juga menjadi waktu yang dianjurkan untuk melakukan olahraga. Waktu tersebut juga sangat ampuh untuk membakar kalori. Biasanya yang berbuka dengan banyak menu bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang drastis. Karena kalian sudah berbuka dan memiliki cukup tenaga untuk beolahraga, kalian bisa melakukan olahraga yang berat. Biasanya anak muda suka bermain futsal atau badminton setelah sholat tarawih. Selain itu, olahraga lainnya yaitu ngegym atau fitness yang berhubungan dengan kekuatan otot dsb.

Olahraga di bulan puasa tidak akan menjadian kita jatuh sakit karena kelelahan, asal kita sendiri bisa mengatur kekuatan tubuh kita sendiri untuk melakukan olahraga. Selain olahraga pada dua waktu tersebut, kalian juga bisa melakukan hal lain untuk menyeimbangkan kesehatan dan daya tahan tubuh selama berpuasa. Misalnya mengurangi rokok, mengurangi begadang atau menghindari tidur setelah sahur.

Olahraga saat bulan puasa akan menjadi kombinsi baik jika dilakukan dengan seimbang dan teratur. Jangan lupa memilih menu makanan yang sehat dan baik untuk pencernaan selama bulan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga lancar hingga hari raya dan berkah semua amalan kebaikan di bulan ramadhan ini.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa Ramadhan - LoperOnline.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top