Health

Olahraga Terlalu Sering Ternyata Juga Berbahaya Loh

Olahraga

Olahraga memang menjadi salah satu aktivitas yang menyehatkan dan dapat menjadi salah satu alternatif untuk meredakan stres. Namun ternyata, berolahraga juga bisa menjadi berbahaya saat dilakukan dengan cara yang salah atau terlau memaksakan diri dengan keras. Saat memaksakan diri terlau keras, anda malah akan merusak hasil yang telah dicapai sebelumnya dengan kerja keras, selain itu hal ini juga dapat menyebabkan cedera serius. Sebelum menyimak efek buruk dari olahraga yang berlebihan, berikut ini ada beberapa hal baik dari olahraga jika dilakukan dengan benar dan teratur.

Manfaat Baik Olahraga Secara Teratur

Manfaat Olahraga
  1. Olahraga bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan cemas, stres, dan depresi. Hal ini menghasilkan perubahan pada bagian otak yang mengatur kecemasan dan stres. Selain itu, kegiatan satu ini juga membantu untuk meningkatkan perasaan positif. Hal ini dapat membantu anda lebih sadar dengan kondisi mental dan mempraktikkan gangguan dari kecemasan.
  2. Beberapa penelitan membuktikan kalau gaya hidup yang tidak aktif merupakan faktor utama bagi seseorang untuk terserang obesitas. Sebelumnya, penting untuk dipahami antara hubungan olahraga dan pengeluaran energi. Tubuh memiliki tiga cara untuk menghasilkan energi, pertama yaitu mencerna makanan, mempertahankan fungsi tubuh dan berolahraga. Ketika sedang berdiet, asupan kalori akan berkurang dan metabolisme tubuh juga ikut menurun. Akibatnya penurunan berat badan juga akan tertunda. Sebaliknya, berolahraga secara teratur terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakat lebih banyak kalori, sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan.
  3. Aktivitas fisik yang didukung dengan asupan protein yang baik dapat merangsang pembentukan otot. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang dan otot pasti akan berkurang. Nah, untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari, penting untuk mencegahnya mulai saat ini.
  4. Jumlah stres oksidatif dalam tubuh dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Stres oksidatif bisa terjadi saat jumlah antioksidan dalam tubuh tidak bisa memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel secara menyeluruh. Olahraga secara teratur dapat membantu dalam meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh yang dapat membantu melindungi sel kulit.

Efek Berolahraga Terlalu Sering

Efek Buruk Olahraga Terlau Sering

Setelah menyimak beberapa manfaat baik olahraga bagi tubuh, di bawah ini ada beberapa dampak buruk bagi tubuh yang terlalu sering berolahraga.

  1. Efek negatif yang pertama yaitu dehidrasi, tentu hal ini juga tergantung dari intensitas dan jenis olahraga yang sedang anda lakukan. Saat berolahraga anda bisa kehilangan satu hingga tiga liter air per jam. Hal ini terjadi karena anda berkeringan lebih banyak, selain itu tubuh anda juga mengeluarkan air dan elektolit yang lebih banyak pula.
  2. Saat tubuh melakukan aktivitas fisik terlalu keras, kemungkinan besar tubuh tersebut akan merasa lelah, baik secara fisik maupun mental. Kelelahan seperti ini justru membuat tubuh menjadi ‘rewel’, akibatnya perubahan mood tida bisa terhindarkan seperti mudah marah atau cemas.
  3. Saat berolahraga, tubuh anda melepaskan lebih banyak hormon. Perubahan sekresi hormone seperti ini tidak selau baik, karena dapat menyebabkan gangguan pola tidur.
  4. Rhabdomyolysis adalah kondisis yang biasanya terjadi saat serat otot mengalami kerusakan dan melepaskan konten langsung ke aliran darah. Hal ini menciptakan toksisitas keseluruhan yang membuat tubuh merasa kelelahan dan kemungkinan menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Wah, ternyata olahraga tidak hanya memiliki efek positif ya. Ada efek negatif jika olahraga dilakukan terlau sering dan tanpa pengawasan dari professional.

To Top