Health

Pantangan Saat Hamil Demi Tumbuh Kembang Janin

hamil

Kehamilan adalah berita yang sangat membahagiakan karena seorang ibu dianugerahi kepercayaan untuk mengandung seorang bayi. Namun tahukan ibu bahwa nutrisi yang ibu konsumsi saat hamil mempengaruhi tumbuh kembang bayi tidak hanya ketika masih di dalam kandungan namun juga sampai nanti dia lahir dan tumbuh besar? Sebagai contoh, folate adalah nutrisi penting untuk pembentukan otak bayi yang dimulai bahkan saat masih pada trimester pertama, seorang ibu yang mengkonsumsi makanan tinggi folate pada trimester pertama cenderung memiliki anak yang cerdas ketika lahir. Oleh karena itu memperhatikan pantangan saat hamil sangatlah penting demi sang buah hati yang tumbuh sehat.

Hanya Mengkonsumsi Makanan ‘Sehat’ Saja

Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah sayuran, buah dan susu sehingga cenderung menghindari makanan yang dianggap ‘tidak sehat’. Well, seorang ibu perlu sedikit memahami apa yang dimaksud dengan makanan sehat walaupun memang tidak dipungkiri mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah dianjurkan tapi tidak melulu mengkonsumsi menu yang sama setiap hari. Keberagaman menu akan menyeimbangkan kebutuhan gizi seorang ibu hamil dan memenuhi nutrisi yang dibutuhka untuk perkembangan janin. Jadi mengkonsumsi daging dan telur yang katanya sumber kolesterol juga butuh karena kaya akan protein yang baik produksi sel darah merah sehingga ibu hamil tidak mudah terserang anemia. Namun tentu saja sebaiknya menghindari makanan-makanan olahan yang mengandung pengawet dan pemanis buatan.

Jangan Sampai Dehidrasi

Kebiasaan yang sering terjadi adalah baru akan minum ketika merasa haus. Well, tubuh yang mengalami dehidrasi justru menyimpan banyak bahaya tanpa disadari apalagi ketika hamil karena yang mengalami dampaknya bukan hanya sang ibu tapi juga sang buah hati yang masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu hindari jangan sampai dehidrasi, caranya selalu sediakan sebotol air mineral di dekat Anda dan setidaknya dalam satu jam Anda harus minum walaupun hanya beberapa teguk. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan berdampak positif pada berfungsinya metabolisme tubuh secara optimal.

Hindari Suara yang Terlalu Keras

Terapi musik klasik pada bayi ada tujuannya karena bayi cenderung suka mendengar sesuatu yang memiliki ketukan atau irama yang cenderung teratur seperti yang ada pada musik klasik. Hal ini fungsinya agar calon bayi merasa tenang sehingga pertumbuhannya akan maksimal. Sebaliknya, mendengar suara yang terlalu keras akan membuat bayi cenderung stress begitu juga sang ibu walaupun kebanyakan ibu tidak menyadarinya.

Hindari Suhu yang Terlalu Panas

Sama halnya dengan musik yang terlalu keras, suhu yang terlalu panas juga tidak baik untuk pertumbuhan janin. Penelitian menunjukkan bahwa suhu yang terlalu panas seperti suhu di dalam sauna justru dapat mengganggu perkembangan otak janin bahkan dapat merusak sehingga bayi dapat lahir dengan cacat otak. Selain sauna, ibu hamil juga sebaiknya menghindari untuk berendam di air yang terlalu panas karena efeknya akan sama.

Stop Dulu Janji untuk Ke Salon

Pernah dengar tidak katanya selama hamil seorang ibu tidak boleh potong rambut? Kebanyakan orang menganggap itu hanya mitos walaupun mungkin larangan itu ada benarnya juga karena saat ini kalau mau potong rambut pasti harus ke salon. Sementara di salon akan banyak sekali bau-bauan yang berasal dari zat-zat kimia yang justru bisa berbahaya untuk janin.

Beberapa hal di atas memang terdengar sepele seperti larangan untuk ke salon atau mandi air panas namun jika dicermati justru melakukan hal yang menjadi pantangan saat hamil lebih banyak efek negatifnya daripada efek positifnya baik untuk sang ibu dan terutama untuk janin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top