Health

Pare, Si Pahit Pembunuh Utama Sel Kanker

Siapa yang suka makan pare? Kebanyakan orang salah mengira bahwa pare termasuk dalam jenis sayuran padahal sebenarnya pare termasuk dalam jenis buah-buahan walaupun mengkonsumsinya sering dicampur dengan sayuran. Namun tahukan Anda bahwa dibalik rasa pahit itu, buah pare ternyata menyimpan banyak sekali khasiat kesehatan yang kebanyakan orang mungkin masih belum tahu.

Kandungan Nutrisi Buah Pare

Jika bicara soal nutrisi ternyata buah pare sangat kaya akan vitamin dan juga mineral, terutama vitamin C dan potassium. Selain itu buah pare juga mengandung banyak sekali serat yang sangat baik untuk tubuh serta kandungan air yang relatif banyak untuk membantu proses hidrasi tubuh.

Manfaat Kesehatan Buah Pare

Untuk lebih jelasnya apa saja menfaat buah pare untuk kesehatan Anda berikut adalah beberapa daftar manfaat dari buah pare untuk kesehatan:

  1. Makanan yang Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Jika Anda salah satunya maka Anda paham betul bahwa tidak mudah mengatur menu makanan harian sementara Anda juga tetap harus menjaga kadar gula darah Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi pare secara rutin ternyata dapat mengontrol kadar gula dara mereka dengan lebih mudah, selain itu dapat menurunkan resitensi insulin dalam tubuh sehingga gula darah akan selalu dalam keadaan terkontrol.

  1. Pare Baik untuk Jantung

Penyakit jantung tak hanya tentang masalah pada jantung saja tapi hal ini dapat merembet kemana-mana dan efek paling fatalnya adalah kalau tidak serangan jantung, efek lainnya adalah stroke. Walaupun terdapat beberapa pasien yang bisa selamat tapi kebanyakan dari mereka tidak bisa kembali normal seutuhnya. Namun, ternyata pare mengandung potassium yang dapat membantu mengatur kelebihan kadar sodium dalam darah sehingga masalah hipertensi bisa dielakan selain itu pare juga mengandung beberapa zat yang dapat mencegah penyumbatan pada dinding pembuluh darah sehingga risiko serangan jantung dan stroke bisa dikurangi.

  1. Makanan yang Dapat Membunuh Sel Kanker

Kaya akan vitamin C, vitamin A dan antioxidants membuat pare tak hanya baik untuk meningkatkan imunitas tubuh tapi juga efektif memerangi radikal bebas yang merupakan cikal bakal munculnya sek kanker. Namun ternyata tak hanya sampai disitu, pare juga mengandung beberapa senyawa yang juga dapat membunuh sel kanker dan menghentikan proses mutasi sel.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Makular di Usia Tua

Menjadi tua itu pasti tapi tetap awet muda di usia tua itu pilihan. Mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi ternyata dapat membantu Anda memperlambat proses degenerasi sel sehingga Anda dapat mengurangi risiko penyakit makular di usia tua diakibatkan adanya degenerasi sel yang terlalu cepat. Selain itu, pare juga kaya akan vitamin A dan beta-carotene, sehingga baik juga untuk kesehatan mata.

  1. Solusi untuk Menjaga Berat Badan

Apakah Anda masih bingung memilih program diet yang paling tepat untuk selalu menjaga berat badan Anda? Cobalah konsumsi pare secara teratur setiap hari, karena selain rendah kalori, pare mengandung banyak serat yang membantu tubuh menyerap nutrisi secara optimal dan memastikan tidak adanya kelebihan lemak yang tersimpan.

Di wilayah Asia terutama di Indonesia, pare merupakan buah yang cukup mudah ditemui dan banyak pula peminatnya terlepas dari rasanya yang memang pahit, tapi pare ternyata sangat enak untuk dijadikan campuran salad sayuran, ditumis dengan kocokan telur, dimasak santan dan masih banyak lagi. Jika Anda sedang berusaha untuk menjalani hidup sehat, cobalah masukkan pare ke dalam menu harian Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top