Health

Penderita Diabetes Dilarang Menikmati Buah-Buahan ini

Diabetes adalah sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan atau bahkan tidak memproduksi insulin, hormon pengatur gula darah. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan kadar gula darah tinggi dan tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan.

Beberapa akibat yang disebabkan oleh diabetes adalah komplikasi yang sangat mungkin terjadi. Komplikasi yang sangat mungkin terjadi pada penderita diabetes jangka panjang yang tidak mengontrol gula darahnya dalah stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan, dan yang paling tidak diinginkan adalah kerusakan pada pembuluh darah dan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan amputasi anggota tubuh.

Siapa saja yang beresiko tinggi terkena diabetes? Semua orang bisa terkena diabetes. Namun yang sangat mungkin terkena adalah mereka  yang memiliki riwayat keluarga diabetes, penderita obesitas, penderita kolesterol tinggi  dan penderita hipertensi (darah tinggi).

Anda salah satunya? Jika ya, maka sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Jaga kadar gula dalam darah Anda dengan melakukan tes gula darah dan mulailah mengurangi asupan gula.

Bicara tentang mengurangi asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, erat kaitannya dengan makanan yang boleh dan makanan yang pantang dikonsumsi penderita diabetes. Gula dalam minuman, nasi, makanan yang manis-manis, mungkin termasuk beberapa yang pantang dikonsumsi. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan buah yang Anda konsumsi.

Ya, buah pun termasuk makanan yang dipantang jika memiliki kadar gula yang tinggi. Namun, tidak semua buah dilarang. Untuk menerangkan lebih lanjut, di bawah ini kami merangkum untuk Anda beberapa buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mangga

Buah yang pertama pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah mangga. Rasa mangga yang manis dan menyegarkan memang menggoda. Namun, bagi Anda penderita diabetes sebaiknya berhati-hati. Buah mangga mengandung kadar gula yang tinggi serta berkalori tinggi yang tentu berbahaya bagi Anda yang sedang mengontrol kadar gula dalam darah.

Melon

Buah yang memiliki banyak kandungan air ini menjadi salah satu buah yang tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Air dalam setiap potongan buah melon itulah yang memiliki kadar gula paling tinggi. Kesegaran yang didapat setelah memakan buah melon memang sangat menggiurkan. Namun, Anda harus menahan diri jika ingin kadar gula Anda tetap aman.

Nanas

Wah, sampai di sini, agaknya buah-buahan yang haram dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah buah yang segar-segar dan cocok dikonsumsi saat musim panas ya? Apalagi nanas. Rasa asam manis yang khas sungguh menggoda. Semoga Anda dapat menahan diri sebab nanas adalah salah satu buah yang mengandung glukosa tinggi. Hal ini tidak baik untuk penderita diabetes.

Stoberi

Buah yang imut dan memiliki warna cerah ini termasuk ke dalam daftar buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Sebab, selain kadar gulanya tinggi, stoberi juga mengandung tinggi sukrosa yang berbahaya untuk hormon insulin Anda.

Sawo

Cita rasa manis buah sawo memang dirasa agak lebih manis dibanding buah lainnya. Hal itu ternyata disebabkan karena sawo memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Untuk Anda yang ingin kadar gula tetap terkontrol, sebaiknya mulai berhati-hati mengonsumsi buah sawo ini.

Alpukat

Berbeda dengan buah sawo yang kentara sekali rasa manisnya, alpukat justru nyaris tidak manis bahkan cenderung hambar. Namun, jangan salah. Alpukat ternyata menjadi salah satu buah yang harus diwaspadai bagi Anda penderita diabetes. Kandungan glukosa dan kalori yang tinggi tidak disarankan dikonsumsi berlebihan bagi penderita diabetes.

Apel

Meskipun banyak manfaat yang terkandung dalam buah apel, seperti antioksidan dan mencegah radikal bebas, namun, nyatanya apel juga termasuk buah yang dilarang dikonsumsi penderita diabetes. Apalagi kalau bukan kadar glukosanya yang tinggi. Namun, jangan sedih, Anda tetap bisa melahap apel kesukaan Anda dengan catatan tidak lebih dari dua sampai tiga buah per harinya.

Durian

Anda penderita hipertensi atau darah tinggi tentu sudah sangat sering untuk tidak memakan buah yang dijuluki raja buah ini. Durian memang diklaim dapat menyebabkan berbagai penyakit akut seperti hipertensi yang menyebabkan stroke dan gangguan jantung. Seperti kami kutip tadi di atas, penderita hipertensi adalah termasuk beberapa penyakit yang mungkin terjadi akibat komplikasi diabetes. Kandungan glukosa yang sangat tinggi dan adanya kadar alkohol dalam buah ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Diabetes mungkin tidak mematikan, namun, menjaga agar tubuh lebih sehat tentu tidak ada salahnya. Jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit diabetes, sebaiknya berhenti sama sekali mengonsumsi buah-buahan di atas. Untuk Anda yang beresiko pun, sebaiknya mulai membatasi porsi ketika memakan buah-buahan tersebut di atas. Sebab, mencegah lebih baik daripada harus mengobati dan diabetes adalah salah satu yang amat sulit diobati. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top