Health

Pentingnya Pemilihan Menu Sarapan yang Tepat

Istilah sarapanlah sebagai seorang raja bukanlah sekedar mitos belaka karena menurut penelitian, sarapan adalah makanan yang terpenting untuk tubuh karena nutrisi yang didapat saat sarapan akan digunakan untuk menghasilkan energi yang akan digunakan sepanjang hari atau setidaknya sampai saat makan siang tiba. Memahami pentingnya memilih menu sarapan yang tepat sangatlah penting agar waktu sarapan tidak hanya sekedar waktu untuk mengisi perut di pagi hari terutama bagi anak-anak yang memerlukan tenaga ekstra untuk belajar dan juga beraktifitas di sekolah.

Sarapan Membuat Mengantuk

Banyak dari Anda yang menghindari sarapan karena masalah ini yaitu sarapan sering membuat mengantuk sehingga anak-anak menjadi malas belajar di kelas. Sebenarnya bukan sarapan yang membuat mengantuk tapi mungkin menu sarapannya yang kurang tepat sehingga membuat mengantuk. Kebiasaan orang Indonesia adalah mengkonsumsi nasi termasuk saat sarapan. Nasi adalah karbohidrat dan memang karbohidrat jika tidak diserap sempurna akan membuat tubuh menjadi cenderung malas bergerak dan mengantuk. Oleh karena itu sarapan sehat sangatlah bergantung pada pilihan menu sarapan yang tepat, oleh karena itu memahami tentang pentingnya memilih menu sarapan yang tepat perlu dilakukan oleh setiap ibu di rumah untuk memastikan kebutuhan gizi dan energi pagi hari keluarganya.

Kelompok Makanan Seimbang

Apa yang dimaksud dengan kelompok makanan seimbang? Semua ahli kesehatan setuju bahwa sarapan memerlukan empat jenis makanan ini yaitu:

  • 1 Porsi buah-buahan dan sayuran
  • 1 Porsi susu
  • Sumber protein
  • Sereal atau biji-bijian sebagai pengganti nasi

Menu Sarapan Sehat

Mengapa sereal atau gandung justru lebih direkomendasikan dari pada nasi? Sebenarnya alasannya cukup simpel karena sereal mengandung serat yang jauh lebih banyak sehingga saat dikonsumsi tidak hanya nutrisi yang akan diserap sempurna namun juga penceraan akan berfungsi secara maksimal sehingga kebutuh energi terpenuhi lewat nutrisi yang diserap serta tidak ada penumpukkan zat makanan di usus yang justru membuat pencernaan lambat dan proses metabolismepun melambat yang merupakan penyebab utama tubuh menjadi malas dan mengantuk karena tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen karena lambatnya metabolisme tubuh sementara kebutuhan energi di pagi hari sangatlah banyak terutama bagi anak-anak.

Menyiapakan Sarapan yang Tepat adalah Tantangan

Memang betul tidak mudah menyiapkan sarapan yang tepat untuk keluarga tercinta namun seorang ibu pasti bisa karena tidak ada yang sekreatif seorang ibu dalam hal menyiapkan sarapan. Selain itu beberapa tips dibawah ini mungkin dapat membantu ibu untuk selalu menyiapkan menu yang tepat untuk sarapan.

  • Sediakan selalu roti atau sereal dengan label ‘gandum utuh’. Saat ini dengan banyaknya produk berlabel ‘gandung utuh’ seharusnya tidak sulit bagi seorang ibu. Namun untuk memastikan kualitas selalu pilih roti dari sumber bakery terpercaya begitu juga brand serealnya.
  • Yang menjadi tantangan mungkin pemilihan sayuran untuk sarapan karena mayoritas anak tidak suka makan sayuran. Tapi bunda tidak perlu khawatir saat ini banyak sekali resep-resep unik untuk mengubah buah dan sayur menjadi makanan favorit sang buah hati.
  • Daging merah memang merupakan jenis makanan yang kaya akan protein dan dibutuhkan oleh pertumbuhan anak namun dengan harganya yang relatif mahal dan tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering, ibu bisa mencari alternatifnya seperti mengganti sumber protein hewani menjadi sumber protein nabati yang didapat dari kacang-kacangan dan produk olahannya seperti tempe dan tahu.
  • Untuk susu tentu saja semua anak perlu minum susu namun jika anak ibu alergi terhadap susu sapi bisa dicarikan alternatifnya dengan susu kedelai walupun tidak boleh terlalu sering juga.

Bagaimana? Sulit tidak? Mungkin kalau sudah sering melakukannya, memperiapkan menu sarapan yang tepat untuk keluarga tercinta tidaklah sesulit kedengerannya. Selamat berkreasi ibu!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top