Health

Penyakit Kulit, Jenis dan Penyebab yang harus dihindari

Penyakit Kulit

This post is also available in: English

Kulit menjadi organ tubuh paling penting karena keberadanya di seluruh area tubuh. Maka tak heran bila kulit sangatlah rentan terhadap gangguan dari macam-macam Penyakit Kulit.

Mengenai penyebanya secara umum bisa karena iritasi, infeksi, penyumbatan, rangsangan berlebihan sehingga mengakibatkan gejala kemerahan, bengkak, gatal sampai adanya gumpalan nanah di daerah tertentu. Lantas, apa saja masalah umum yang dapat terjadi pada kulit anda? 

Berbagai macam-macam hal yang sering terjadi pada kulit, dan ini sudah umum dan sering terjadi, serta untuk lebih lengkap tentang masalah ini bisa kamu baca ulasan selengkapanya dibawah ini.   

Penyakit kulit Eksim
Gambar : Penyakit kulit Eksim pada bayi

Macam-macam Penyakit Kulit

  1. Keriput
    Tahukah anda bila keriput ternyata merupakan salah satu jenis penyakit kulit. Penyebab utamanya terjadi karena terkena sinar matahari secara berlebihan. Namun selain itu juga adanya penuaan kulit secara dini serta orang yang sering merokok pun dapat mempengaruhi penuaan kulit.  
  2. Rosacea
    Merupakan jenis penyakit dengan tanda yang sangat spesifik yaitu timbulnya kemerahan pada wajah seperti garis  merah kecil disertai peradangan di bawah kelopak mata, kulit terasa tebal dan hidung nampak membengkak. Biasanya dokter dapat mendiagnosa seseorang dengan Resacea dari pemeriksaan fisik serta riwayat kesehatan.
      
  3. Kanker Kulit
    Menurut sumber ada dua jenis kanker kulit yang paling umum diderita oleh kebanyakan masyarakat yakni kanker sel skuamosa dan kanker sel basal. Sedangkan gejalanya sendiri bisa terlihat di tempat – tempat tertentu seperti wajah, kepala, leher, tangan dan lengan. Adapun untuk tipe kanker kulit lainya adalah melanoma yang lebih berbahaya daripada kedua jenis kanker kulit tadi.   
  4. Ruam
    Pada umumnya jenis penyakit ini biasa disebut juga dengan dermatitis. Gejala paling umum adalah kulit terasa gatal dan kering. Untuk tempatnya, ruam ini bisa ditemukan di daerah siku, bagian belakang lutut, dan wajah. Bila anda menemukan kondisi tersebut, maka segeralah  obati gejalanya agar tak bertambaha parah karena memungkinkan akan mengakibatkan infeksi semakin meluas. 
       
  5. Psoriasis
    Macam-Macam Penyakit Kulit kelima yaitu psoriasis, Adalah jenis penyakit yang bisa mengakibatkan scaling dan pembengkakan. Gejalanya nampak adanya bercak tebal, kemerahan dengan sisik keperakan pada kulit bahkan bisa sampai terasa ngilu (nyeri). Seringnya, psoriasis ditemukan pada sekitar punggung, kulit kepala, kaki, siku, lutut, wajah dan telapak tangan/kaki.
        
  6. Eksim
    Eksim adalah sejenis penyakit kulit dermatitis atopik yang gejalanya hampir mirip dengan ruam namun lebih seringnya nampak di bagian – bagian tertentu seperti di wajah, lutut bagian belakang, tangan dan kaki. Penyakit kulit ini masih belum ditemukan alat khusus untuk mendiagnosanya, jadi para dokter spesialis hanya bisa mengandalkan dari riwayat medis serta informasi dari si penderita.
       
  7. Hives
    Hives termasuk jenis penyakit kulit yang timbul akibat dari alergi obat ataupun karena makanan tertentu. Apa Penyebab Hives? Disisi lain penyebabnya juga bisa dari faktor infeksi dan virus sehingga menujukkan gejala seperti benjolan yang terkadang akan terasa gatal dan dapat hilang dengan sendirinya.
       
  8. Impetigo
    Menjadi salah satu jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh serangan bakteri impetigo. Seringnya impetigo dialami oleh anak – anak usia 2-6 tahun. Penyakit ini akan masuk ke dalam kulit melalui goresan atau gigitan serangga. Gejalanya berupa luka merah (seperti jerawat) hingga timbul nanah di sekitar luka. Biasanya anjuran para dokter lewat pemberian antibiotik. 

Baca Juga : Penyakit Panu : Penyebab, Cara Menghilangkan dan Tips Menghindari Panu

Penyebab Penyakit Kulit

Virus 

Diantara banyak virus, salah satunya bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit kulit bernama Rubeola atau biasa orang menyebutnya campak. Penyakit jenis ini terjadi akibat infeksi dari virus tertentu di daearh tenggorokan dan paru. Proses penularanya banyak yang menyebutkan lewat media udara seperti batuk atau bersin. Sedangkan gejalanya sendiri akan nampak hidung berair, ruam – ruam pada kulit, demam dan batuk lama. 

Produksi Kelenjar Minyak Berlebih

Pasti anda sudah tahu bahwa produksi kelenjar minyak bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Meski pada umumnya kelenjar minyak memang berfungsi sebagai pelembab kulit, namun karena faktor eksternal maupun internal bisa beralih fungsi untuk menghambat pori – pori atau kulit mati sehingga muncullah penyakit jerawat.

Herpes

Sepertinya tidak asing lagi bahwa virus herpes menjad penyebab terjadinya masalah kulit yakni Cold Sore (Herpes Simplex Virus). Kedaan tersebut ditandai dengan melepuhnya kulit lalu membentuk bulatan kecil berisi cairan yang biasa tumbuh di sekitar wajah dan mulut. Terkadang penyakit jenis ini bisa kambuh tanpa tanda apapun, jadi berhati – hatilah karena ciaran dari dalam cold sore sangat mudah sekali menularnya. 

Autoimune

Penyebab Munculnya Penyakit Kulit selanjutnya yaitu autoimmune. Sebagai akibatnya adanya autoimmune di dalam tubuh mengakibatkan munculnya jenis penyakit lupus. Padahal seharusnya imun atau kekebalan tubuh selalu melindungi dari ganggaun virus, bakteri maupun benda – benda asing namun disini malah yang terjadi sebalinya, ketiak autoimmune terjadi maka sel – sel tubuh berbalik menyerang dan merusak jaringan lunak (kulit dan organ lainya) sehingga timbul masalah penyakit lupus bahkan dapat pula berimbas ke masalah gangguan ginjal, jaringan darah serta sistem persyarafan. 

Jamur

Jamur juga merupakan penyebab utama pada masalah kulit. Diantara jenisnya, jamur mallassezia kerap sekali mengakibatkan Seborrheic Eczema (eksim seborrheic) adalah suatu kondisi kulit yang mengalami kemerahan secara berlebih. Umumnya penyakit eksim ini sulit dikenali dan tanda gejala paling khas untu bisa dikenali yaitu terasa perih saat disentuh.

Alergi

Kondisi dimana kulit tidak cocok terhadap pemakaian obat, cream maupun lainya sehingga terasa gatal dan disertai muncul seperti benjolan – benjolan kecil di kulit. Kasusnya, penyakit urticaria atau hives ini harus diwaspadai karena jika diabaikan bisa saja mengiritasi seluruh bagian kulit pada tubuh anda.

Gangguan Pada Kelenjar Keringat

Mekanisme tubuh dalam mengeluarkan keringat merupakan proses secara alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun apa jadinya jika terdapat permasalahan atau tidak berfungsinya kelanjar keringat? Tentu saja akan terjadi Hypohidrosis yaitu ketidakmampuan tubuh mengeluarkan keringat sehingga berakibat kelebihan panas dan penderita bisa saja kejang terus menerus bahkan berujung pada kematian. 

Hilangnya Pigmen Kulit

Sebagai yang bertanggung jawab terhadap pewarnaan kulit, pigmen kulit dari produksi sel bernama melanocytes secara normal akan mempertahankan warna alami pada kulit. Disisi lain, hilangnya pigmen atau menurunya produksi melanocytes menjadi penyebab permasalah kulit yakni Vitiligo. Dari sekian penderita vitiligo, di area kulit pasti mulai muncul bercak – bercak warna putih. Meski tak terasa sakit, namun penyembuhanya bisa dibilang agak sulit.  


Dengan anda mengetahui dari sekarang, setidaknya anda bisa lebih memperhatikan kesehatan kulit supaya terjaga kesehatanya dan terhindar dari berbagai penyakit, khususnya pada kulit.

To Top