Health

Perhatikan Hal Ini Agar Bau Mulut Segera Pergi

bau mulut

Aspek komunikasi verbal dalam kehidupan sehari-hari manusia, menempatkan masalah bau mulut menjadi sangat penting. Meski begitu, pada kenyataannya  masalah mulut kerap disepelekan. Padahal, bisa mendatangkan masalah yang besar jika tidak diperhatikan.

Masalah bau mulut ditanggapi industri kesehatan dengan memproduksi obat kumur atau mouthwash. Sangat mudah menemukan obat kumur berbagai merk di pasaran. Semua produk menjual keunggulan yang nyaris sama: terdepan menghilangkan bau. Padahal, obat kumur tidak selalu memberi efek positif untuk kesehatan gigi dan mulut jika digunakan terlalu sering.

Penggunaan obat kumur dalam jangka waktu lama untuk menghilangkan bau bisa menyebabkan bakteri dan kuman kebal terhadap zat pada produk tersebut. Hal ini membuat pemakainya terjebak dalam lingkaran siklus obat kumur yang merugikan kesehatan mulut dan berpotensi dapat mengancam kehidupan.

Hal utama untuk mencegah bau mulut dan masalah lainnya adalah menyikat gigi secara benar dan teratur. Di samping itu, alam sudah menyediakan banyak bahan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berikut makanan dan bahan makanan yang dapat mencegah bau mulut:

Stroberi

Buah satu ini memiliki rasa masam–manis. Dipercaya kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu mengatasi bau mulut.

Buah Pir

blogsistah.blogspot.com
Pir

Buah ini memiliki tekstur yang kasar agak renyah, sehingga cukup efektif untuk menghilangkan baumulut akibat karang gigi. Agar maksimal, kunyah-kunyah buah pir secara merata.

Teh Hijau

Selain bermanfaat untuk kesehatan, teh hijau juga baik untuk mengatasi bau tak sedap. Hal ini dapat terjadi karena kandungan senyawa aktif catechin mampu membunuh kuman dan bakteri. Ketika bau mulut menerpa, minumlah setidaknya 2-3 gelas teh hijau dalam sehari.

Kayu Manis

Kayu manis selain bermanfaat untuk mengatasi penyakit, kayu manis juga terbukti untuk mengatasi bau napas. Caranya, seduh kayu manis dengan air panas seperti membuat teh hangat, kemudian minum sehari sebanyak 2x.

Jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis dan madu selain bisa membantu menghilangkan bau mulut, ramuan ini juga bisa bantu sembuhkan batuk. Caranya, campurkan kedua bahan tadi secukupnya, kemudian minum secara rutin.

Selain mengkonsumsi makanan di atas, ada pula hal-hal yang harus dihindari, seperti:

bau mulut

Makanan Manis

Makanan manis seperti kue, puding atau dessert lainnya dapat menyebabkan bakteri berkembang jauh lebih cepat di dalam mulut. Bakteri yang tersisa di dalam mulut akan menyebabkan nafas kita menjadi berbau tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan manis secara berlebihan.

Makanan Cepat Saji

Makanan yang proses penyajian melalui tahap penggorengan dan makanan yang terbuat dari gula halus adalah jenis makanan yang sulit untuk dicerna. Hal ini akan menyebabkan makanan membusuk di dalam usus. Bau tak sedap akan naik dan membuat kita bernafas tidak sedap.

Alkohol dan Minuman Berenergi.

Bersyukurlah bila Anda tidak pernah minum minuman beralkohol. Namun, bila Anda suka minuman berenergi, hati-hati. Pasalnya, minuman (yang katanya) berenergi justru malah kerap membuat Anda mengalami dehidrasi, menyebabkan kadar air liur dalam mulut menurun. Padahal, air liur merupakan pembunuh alami bakteri penyebab bau mulut.

Solusinya? Menurut Lisa Harper Mallonee, profesor di Texas A&M University, Baylor College of Dentistry, meminum air elektrolit dapat membantu. Namun, mengingat kadar asam dalam cairan elektrolit dapat membuat mulut kering, minum air putih yang banyak merupakan solusi terbaik.

Selamat mencoba!

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top