Health

Perlukah Memberikan Obat Batuk Pada Bayi?

Sebagai orang tua pasti pernah merasakan betapa khawatirnya ketika bayi Anda sakit walaupun hanya batuk pilek. Hanya saja, ketika bayi sakit dia menjadi tidak nyenyak apalagi ketika disertai dengan demam. Hal pertama yang setiap orang tua fikirkan adalah obat perlukah memberikan obat batuk pada bayi dan obat jenis apa yang paling tepat untuk buah hati mereka. Namun apakah boleh memberikan bayi obat batuk, terutama bayi yang masih berumur kurang dari satu tahun?

Menurut dokter anak dr. Edward Surjono Sp A yang juga seorang staff pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Anak UNIKA Atma Jaya tidak semua batuk dan pilek harus diberikan obat terutama bagi bayi yang berumur kurang dari satu tahun. Sebagai gantinya, orang tua harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Kenali Penyebabnya

Dari pada memberikan obat setelah sakit lebih baik cari tahu tentang penyebab awalnya mengapa bayi Anda terkena batuk dan pilek terutama bagi yang sering mengalaminya. Jika anak memiliki bakat alergi maka dia akan lebih mudah terkena batuk dan pilek, jadi hindari anak dari segala jenis yang bisa memicu alerginya seperti kalau anak sering bersin-bersin di pagi hari atau setelah mandi. Biasanya hal tersebut dipicu penggunaan bedak yang tidak tepat atau air mandi yang terlalu dingin.

  1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat justru lebih penting dari pada mengobati bayi setelah sakit. Bayi di bawah umur satu tahun sangat sensitif terhadap lingkungannya karena sistem pernafasannya yang masih belum sempurna. Bersihkan kamar anak sesering mungkin saat anak sedang tidak dalam kamar agar terhindar dari debu dan kuman. Jangan menggunakan kemoceng karena justru membuat debu bertebangan, sebaiknya gunakan lap basah untuk membersihkan debu. Boneka-boneka berbulu sebaiknya tidak diberikan dulu pada anak dibawah umur satu tahun karena gampang terhinggap debu.

  1. Bersihkan Kipas Angin atau AC Secara Teratur

Jika Anda menggunakan kipas angin atau AC harus juga sering dibersihkan karena kedua unit itu bisa menjadi penyebab anak-anak sering terserang batuk atau pilek. Penggunaannya juga harus hati-hati karena sebenarnya AC tidak baik untuk anak dibawah satu tahun, namun jika memang cuaca sangat panas dan harus menggunakan AC atau kipas angin jangan dihidupkan secara terus menerus.

Jadi apa yang harus orang tua lakukan jika batuk sudah bertambah parah dan bayi semakin rewel? Jika kondisi bayi sudah sangat mengganggu sekali dan bayi juga semakin stress mungkin orang tua bisa memberikan obat batuk pada bayi dengan jenis paling ringan yaitu salinase/Nacl 0.9% yang juga dikenal dengan sebutan air garam steril. Namun langkah terbaik tentunya segera menghubungi dokter anak untuk meminta saran secara medis.

Orang tua tidak boleh panik jika buah hati Anda terkena batuk dan pilek. Walaupun memang pasti bayi akan merasa gelisah saat tidur karena hidungnya pasti terasa mampet dan batuk seringkali membangunkannya di malam hari, namun jika bayi masih terus menyusui seperti biasa, aktif seperti biasa dan bermain seperti biasa maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jangan juga percaya bahwa jika bayi batuk maka ibunya yang harus meminum obat batuk karena hal tersebut sangat tidak benar. ASI tidak akan menyalurkan zat-zat yang terdapat dalam obat-obatan tersebut kepada bayi namun ASI dapat membantu bayi segera pulih karena ASI memiliki banyak kandungan yang membantu melindungi bayi ketika sistem imunitasnya masih belum sempurna. Jadi tidak perlu memberikan obat batuk pada bayi jika kondisnya tidak benar-benar mengganggu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top