Health

5 Program Diet Paling Direkomendasikan oleh Para Ahli di Tahun 2017

Aneka Macam Jenis Makanan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu poin yang hampir selalu masuk dalam resolusi tahun baru. Beberapa orang memang dikaruniai tubuh yang tidak mudah gemuk namun kebanyakan orang harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga berat badan ideal mereka. Jika sampai hari ini Anda masih belum menemukan program diet yang tepat, berikut adalah daftar rekomendasi jenis diet yang direkomendasikan oleh para ahli dan dianggap paling populer di tahun 2017 ini. Mungkin saja salah satunya cocok dengan Anda.

  1. WW Diet (Weight Watcher Diet)

Apa itu WW diet? Ini adalah salah satu jenis diet yang tidak melarang Anda untuk makan apapun yang Anda inginkan, tapi dengan satu syarat, Anda harus mengikuti aturan takaran yang sudah ditetapkan. Dengan kata lain setiap makanan memiliki angka takarannya sendiri-sendiri yang ditentukan berdasarkan jumlah kalori, protein, lemak jenuh dan gula. Jika Anda bisa melakukan disiplin diri dengan mengikuti takaran yang sudah ada, maka Anda tidak perlu menghindari makanan favorit Anda tapi tetap bisa menurunkan berat badan.

Aneka Macam Jenis Makanan

Aneka Macam Jenis Makanan

  1. TLC Diet (Therapeutic Lifestyle Changes Diet)

TLC diet dianggap sebagai jenis diet yang sehat untuk jantung. Jenis diet ini dirancang oleh National Institute of Health yang disponsori oleh American Heart Association. Kunci dari diet ini adalah menghindari segala jenis lemak, terutama lemak jenuh yang efek langsungnya adalah menurunya kadar kolesterol dalam darah secara drastis. Intinya, hindari semua makanan mengandung susu dan berminyak.

Diet Sehat untuk Jantung

Diet Sehat untuk Jantung

  1. MCC Diet (Mayo Clinic Diet)

Perancang MCC diet ini menjamin, jika Anda mengikuti aturan program diet yang dianjurkan maka dapat menurunkan berat badan hampir 5 kg hanya dalam dua minggu. Jika Anda familiar dengan piramida makanan, maka MCC diet tidak jauh berbeda dimana perbandingan konsumsi buah dan sayur mendapatkan porsi paling besar sementara dalam dua minggu pertama sama sekali dilarang untuk mengkonsumsi gula sama sekali.

Piramida Makanan

Piramida Makanan

  1. The Flexitarian Diet (Flexible and Vegetarian Diet)

Jenis program diet ini cocok buat Anda yang tidak sanggup untuk menjadi vegetarian tapi ingin sehat seperti seorang vegetarian. Cocok seperti namanya yaitu vegetarian tapi tetap fleksibel dengan daging dan telur. Namun, daging hanya boleh dikonsumsi sekali-sekali saja sementara sayuran dan buah tetap menjadi makanan utama. Dengan kata lain, Anda harus menjalankan diet seperti seorang vegetarian tanpa perlu menjadi seorang vegetarian.

Sayuran

Sayuran

  1. MIND Diet (Mediterranean Diet and DASH)

MIND dalam bahasa Indonesia artinya adalah fikiran atau sesuatu yang berhubungan dengan otak. Yup, diet ini fungsinya adalah untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko Alzheimer hingga 50%. Diet ini memiliki sistem grup untuk jenis-jenis makanan yang dikonsumsi dan juga grup-grup makanan yang harus dihindari. Yang unik dari jenis diet ini adalah minuman anggur atau wine justru direkomendasikan untuk dikonsumsi karena ternyata anggur sangat baik untuk kesehatan otak dikombinasikan dengan produk-produk makanan asal kawasan Mediterania seperti pasta dan zaitun. Kemudian diet Mediterania ini dikombinasikan dengan DASH atau Dietery Approaches to Stop Hypertension dimana diet ini sangat baik untuk kesehatan jantung sehingga hanya boleh mengkonsumsi daging tanpa lemak, sayuran, gandum utuh dan harus benar-benar menghindari garam. Dengan kata lain, diet ini berfungsi untuk memastikan fungsi otak tetap maksimal serta menjaga kesehatan jantung.

Makanan Sehat untuk Otak dan Jantung

Makanan Sehat untuk Otak dan Jantung

Jadi perlu Anda ketahui juga bahwa program diet tidak hanya tentang menurunkan berat badan agar terlihat langsing dan cantik tapi diet juga harus ditujukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat mulai dari kesehatan jantung sampai kesehatan otak. Jika tubuh Anda sehat maka menjadi lebih langsing dan cantik akan jauh lebih mudah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top