Health

Punya Penyakit Asam Urat, Yuk Konsumsi Deretan Makanan Penurun Kadar Asam Urat Di Bawah Ini

Makanan Penurun Kadar Asam Urat

Asam urat merupakan sebuah penyakit yang disebabkan terlalu tingginya kadar asam urat dalam darah sehingga terbentuk kristal-kristal di sekitar persendian yang akan memicu nyeri atau yang disebut dengan gout. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Jika seseorang memiliki kadar  asam urat yang tinggi, maka itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk itu, penderita asam urat tinggi harus menjaga pola makan agar kadar asam urat dalam keadaan normal. Mereka harus mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh atau tidak mengandung zat purin tinggi. Kira-kira, apa saja makanan-makanan yang dimaksud? Yuk simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini.

Apel

Buah apel bisa menjadi makanan penurun asam urat. Kandungan malic acid dalam apel bisa menetralkan kadar asam urat dalam darah. Konsumsi apel secara rutin bisa membantu para penderita asam urat tinggi, asalkan tidak dibarengi dengan konsumsi gula yang berlebihan.  Itulah mengapa apel menjadi makanan penurun kadar asam urat.

Buah cherry

cherry
Foto buah cherry

Beberapa survey yang dilakukan bahwa buah cherry dikatakan cukup ampuh dalam meredakan dan mencegah serangan penyakit asam urat. Tidak hanya itu, cherry juga bisa mencegah mengkristalnya asam urat dan mengendap dalam persendian. Buah ini mengandung sebuah zat anti inflamasi yaitu antosianin yang bisa kurangi kadar asam urat dalam darah.

Bagi penderita penyakit ini disarankan untuk mengkonsumsi tiga porsi buah ini selama dua hari berturut-turut. Jika ingin cara lain, penderita juga bisa mengolahnya dalam bentuk jus atau ekstrak buah cherry.

Jahe

Makanan Penurun Kadar Asam Urat
Foto jahe

Jahe merupakan sejenis rempah-rempah yang dipercaya bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Bagi penderita disarankan untuk mengkonsumsi air jahe sebanyak tiga cangkir secara rutin setiap hari agar kadar asam urat dalam tubuh bisa turun.

Tidak hanya itu, jahe ini juga bisa untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh yang mengalami gejala penyakit ini. Caranya yaitu dengan menggunakan air jahe sebagai kompres. Kemudian letakkan kompresan tersebut di bagian tubuh yang nyeri dan diamkan selama 15 hingga 30 menit.

Seledri

Seledri
Foto seledri

Seledri termasuk makanan penurun asam urat. Untuk mengkonsumsinya tidak ada aturan tertentu. Penderita bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Mereka bisa makan seledri secara mentah, dibuat jus maupun dalam bentuk suplemen.

Ubi jalar

Makanan sebagai penurun asam urat selanjutnya adalah ubi jalar. Ubi ini mengandung zat purin rendah. Purin sendiri adalah suatu zat yang bisa menyebabkan asam urat dalam tubuh. Rendahnya purin dalam ubi jalar ini membuatnya aman dikonsumsi bagi penderita penyakit ini.

Terung, wortel, bayam dan tomat

Terung, wortel, bayam dan tomat
Sayuran tomat, bayam, terung, dan wortel

Penderita asam urat diharuskan mengkonsumsi makanan yang kandungan purinnya rendah, salah satunya jenis sayuran seperti terung, wortel, bayam, dan tomat. Keempat sayuran tersebut aman untuk penderita penyakit yang menyerang persendian ini.

Brokoli

Brokoli
Foto brokoli

Brokoli mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh, termasuk tubuh seorang penderita asam urat. Vitamin ini diyakini bisa menurunkan kadar asam urat sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Beras merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi. Meskipun demikian, beras merah memiliki kadar glukosa dan kalori rendah sehingga sangat cocok sebagai makanan penurun kadar asam urat dalam tubuh. Tidak hanya itu, beras merah juga bermanfaat dalam memberikan energi yang cukup bagi penderita.

Minyak zaitun

Selain baik untuk kesehatan kulit, minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam. Salah satunya yaitu mencegah kambuhnya penyakit asam urat. Minyak zaitun mengandung antioksidan, anti inflamasi, dan kaya akan lemak tak jenuh yang bisa membantu turunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Penderita bisa mengkonsumsi minyak zaitun sesuai dengan dosis yang sewajarnya. Konsumsi secara rutin setiap pagi atau malam menjelang tidur.

Air jeruk nipis

Air jeruk nipis
Foto jeruk nipis

Selanjutnya, makanan yang bisa menjadi penurun asam urat adalah air dari perasan jeruk nipis karena kandungan vitamin C di dalamnya yang dipercaya baik untuk menurunkan kadar asam urat.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat. Asam tersebut dipercaya mampu melarutkan zat asam urat secara alami. Untuk mengkonsumsinya, penderita bisa meminumnya sebanyak dua kali dalam sehari dan lakukan secara rutin.

Ikan salmon

Ikan salmon
Foto salmon

Makanan yang bisa menurunkan asam urat kali ini berasal dari jenis ikan. Ada beberapa ikan yang bisa dikonsumsi penderita penyakit ini, salah satunya adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung omega 3 tinggi dan kadar purin yang rendah sehingga sangat aman untuk penderita.

Selain itu, kandungan lemak tak jenuh dalam ikan salmon juga berpengaruh pada kadar asam urat dalam darah. Meskipun aman, namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Teh hijau

Teh hijau
Foto teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Jenis teh ini mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan hiperurisemia atau suatu kondisi yang menunjukkan tingginya kadar asam urat dalam darah.

Aturan minum bagi penderita penyakit ini yaitu sebanyak 3- 4 cangkir setiap harinya. Jika mengkonsumsinya secara rutin setiap harinya, maka bisa dipastikan dapat menurunkan bahkan menghilangkannya meskipun secara berkala.

Buah berry

Buah berry
Foto strawberry dan blueberry

Beberapa jenis buah beri yaitu strawberry daan blueberry disebut sebagai salah satu makanan yang bisa menjadi penurun asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dua jenis beri tersebut mengandung anti-inflamasi yang memang bermanfaat untuk meredakan peradangan. Untuk penderita penyakit ini, buah ini dapat meredakan peradangan pada sendi dan mencegah tingginya kadar asam urat dalam darah.

Kentang

Kentang termasuk salah satu makanan yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan kentang mengandung zat purin rendah namun kaya akan vitamin C dimana hal itu menjadikan kentang aman untuk dikonsumsi penderita penyakit ini.

Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin tersebut mampu melarutkan asam urat dalam darah yang kemudian dilarutkan melalui urine.

Air putih

Minum air putih adalah cara yang paling aman dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang, termasuk penderita asam urat. Konsumsi air putih secara rutin dipercaya membantu mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau yang dikenal dengan proses detokfikasi.

Racun-racun yang dimaksud diantaranya zat asam urat yang berlebih dalam darah melalui urine. Seseorang dianjurkan untuk minum air putih 8-12 gelas setiap hari. Biasakan untuk melakukannya di pagi hari sebelum sarapan.

Nah itulah beberapa makanan yang diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Akan tetapi perlu diingat bahwa makanan-makanan di atas tidak bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Beberapa makanan di atas hanya bisa membantu dalam menurunkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh, bukan untuk menyembuhkan atau bahkan menghilangkan. Penderita penyakit ini masih memerlukan obat asam urat dari dokter meskipun telah menerapkan pola makan yang sehat.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top