Health

Rambut Beruban Di Usia Muda? Mungkin Ini Penyebabnya

Rambut Beruban Di Usia Muda

Rambut beruban adalah proses alami setiap manusia. Namun, jika rambut beruban di usia muda tentu bukan hal yang biasa dan membutuhkan perhatian medis. Rambut beruban di usia muda disebut juga uban prematur.

Rambut beruban tidak tumbuh dengan sendirinya. Rambut beruban itu sebenarnya adalah rambut hitam yang mengalami perubahan warna dari pigmen rambut sendiri yang dikenal dengan melanin. Lalu, mengapa tumbuh rambut beruban di usia muda? Apa penyebabnya?

Nah, berikut ini beberapa penyebab munculnya rambut beruban di usia muda.

1. Genetik

Tak bisa dipungkiri, faktor genetik atau keturunan turut menentukan seseorang mengalami rambut beruban di usia muda. Ini artinya jika orang tua memiliki masalah rambut beruban pada usia muda dulu, kemungkinan besar hal ini akan diwariskan kepada anak-anaknya.

Jika uban disebabkan faktor genetik, tentu lebih sulit penanganannya. Namun jangan ragu mengonsultasikannya ke dokter ahli, agar dilakukan penanganan medis yang tepat. Siapa tahu rambut berubanmu dapat dihambat pertumbuhannya, dan memicu pertumbuhan rambut hitam dan sehat.

2. Stres

Salah satu penyebab rambut beruban di usia muda adalah faktor stres. Menurut penelitian, stres dapat menghambat produksi melanin yaitu pigmen alami pewarna rambut. Sedangkan melanin diproduksi oleh sel melanosit. Jika melanosit dalam tubuh tidak memproduksi melanin dalam jumlah cukup akibatnya rambut pun berangsur-angsur memudar warnanya menjadi putih.

Terhambatnya produksi melanin ini hanya bersifat sementara saja, ketika stres mereda dan masalah sudah terkendali, maka produksi melanin pun kembali normal. Dan rambut hitam alami akan tumbuh kembali.

3. Pewarnaan rambut

Sering melakukan pewarnaan rambut tanpa disertai dengan perawatan rambut yang teratur dapat menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Bahan kimia dalam cat rambut dapat mempengaruhi dan merusak sel-sel melanosit serta menghambat produksi melanin.

Jadi, buat kamu yang sering mewarnai rambut, cobalah imbangi dengan perawatan rambut yang rutin seperti creambath, masker rambut atau sekedar memberi vitamin pada helai rambut agar rambutmu tetap sehat alami.

4. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin seperti vitamin B12, dapat memicu rambut beruban di usia muda. Vitamin B12, seng dan tembaga adalah zat-zat makanan yang dibutuhkan rambut. Untuk itu, selalu perhatikan asupan makanan agar makanan yang kamu konsumsi benar-benar bergizi.

5. Merokok

Aktivitas merokok memang sangat merugikan, bukan hanya pada kesehatan tubuh dan kulit wajah, merokok juga bisa berdampak buruk pada rambutmu, lho. Untuk itu, hindari merokok sedini mungkin. Rokok akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh dan menghambat produksi melanin.

Bahkan menurut para ahli, merokok dapat meningkatkan resiko tumbuh rambut beruban di usia muda empat kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok.

6. Makanan cepat saji

Gaya hidup lain yang memicu bertumbuhnya rambut beruban di usia muda adalah junk food. Orang yang sering dan gemar mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji cenderung memiliki uban prematur. Jika gaya hidup ini tidak dibatasi dan diimbangi dengan makanan sehat, maka bisa dipastikan rambut beruban pun akan semakin parah.

Itulah beberapa penyebab rambut beruban di usia muda. Nah, jika sekarang kamu mengalami kondisi ini, imbangi dengan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan cepat saji, hindari alkohol dan merokok, olahraga teratur, kurangi stres, dan seterusnya.

Namun jika kondisi rambut berubanmu cukup parah, tak ada salahnya segera konsultasikan bagaimana penanganan yang tepat ke tenaga ahli atau dokter.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top