Health

Rekomendasi Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh atau imun

Sistem imun menjadi kunci untuk mencegah serangan virus covid-19 dalam tubuh. Oleh karena itulah mengapa menjaga daya tahan tubuh itu sangat penting, terutama di tengan pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dengan menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dan kuat, salah satunya dengan vitamin C dan makanan, maka tubuh kita akan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit termasuk Covid-19.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh agar tetap kuat yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang memang bermanfaat sebagai peningkat imun pada tubuh.

Baca Juga : Musim Pancaroba Tiba? Ayo Jaga Daya Tahan Tubuh

Berikut ini rekomendasi makanan yang bagus untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk simak baik-baik ya.

Paprika Merah

Paprika Merah untuk daya tahan tubuh dan imun

Paprika merah termasuk jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C pada paprika merah hampir 3 kali lipat.

Dengan mengkonsumsi paprika merah dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita agar terhindar dari penyakit.

Paprika merah ini juga memiliki kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi yang bagus untuk kesehatan mata.

Brokoli

Brokoli

Brokoli termasuk jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya yang sangat bermanfaat untuk menunjang sistem daya tahan tubuh manusia.

Dikutip dari heathline.com, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa brokoli bisa menjaga imun tubuh atau sistem imun.

Perlu diketahui bahwa, satu gelas brokoli yang dimasak sudah mengandung vitamin C sebanyak 51 mg.

Bayam

bayam, daya tahan tubuh dan imun

Sama seperti paprika merah, bayam juga termasuk jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Selain itu, di dalam bayam juga terdapat banyak antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Bawang Putih

Bawang Putih, Daya Tahan Tubuh vitamin

Bawang putih menjadi bahan makanan utama di setiap masakan. Tidak hanya meningkatkan cita rasa, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa yang mengandung belerang seperti allicin dalam konsentrasi tinggi pada bawang putih ternyata dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Selain Jahe dan Bawang Putih, ini 7 Makanan Peningkat Imun

Kunyit

Kunyit

Kunyit mmiliki kandungan zat curcumin tinggi dipercaya menjadi pendorong daya tahan tubuh dan antivirus.

Jambu Biji

Jambu Biji, daya tahan tubuh dan imun vitamin C

Dikutip dari heathline.com menjelaskan bahwa kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji dapat meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Satu buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C sebanyak 126 mg.

Jeruk

jeruk vitamin C

Sama seperti buah jambu biji, buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan sel darah putih yang menjadi kunci untuk melawan infeksi. Meskipun demikian, belum ada bukti bahwa vitamin C efektif terhadap virus corona, namun vitamin C ini setidaknya dapat mencegah seseorang terserang penyakit termasuk virus Covid-19 karena daya tubuhnya yang kuat.

Pepaya

Pepaya vitamin C

Buah lainnya yang mengandung vitamin C selain jambu biji dan jeruk adalah pepaya. Tidak hanya baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pepaya juga memiliki efek anti inflamasi karena kandungan enzim papain di dalamnya. Selain itu, pepaya juga mengandung jumlah kalium, magnesium dan folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kiwi

Kiwi, Daya Tahan Tubuh vitamin

Buah kiwi mengandung beberapa nutrisi penting untuk kesehatan tubuh termasuk vitamin C. Kiwi yang berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 71 mg yang diyakini mampu untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kiwi juga mengandung folat, vitamin K, dan kalium.

Teh Hijau atau Green Tea

Teh Hijau atau Green Tea

Teh hijau atau Green Tea mengandung zat antioksidan yaitu Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bermanfaat sebagai pengikat daya tahan tubuh. Selain Green Tea sangat bermanfaat untuk kulit wajah, teh hijau juga membantu tubuh seseorang dalam memproduksi senyawa yang dapat melawan kuman di sel T manusia karena adanya sumber asam amino L-theanine di dalamnya.

Daging Sapi

Daging Sapi

Dalam satu porsi daging sapi memiliki kandungan seng harian yang dibutuhkan tubuh.

Seng ini bertindak sebagai faktor pendamping untuk berbagai reaksi kimia yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Ikan Tuna

ikan tuna, vitamin Daya Tahan Tubuh

Ikan tuna kaya akan kandungan vitamin D yang bermanfaat sebagai pengikat imun tubuh. Selain itu, jenis ikan ini juga mengandung seng. Oleh karena itulah, ikan tuna ini merupakan sumber pangan yang baik dalam mendapatkan nutrisi untuk membangkitkan tenaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yogurt

Yogurt

Selain yogurt boleh dikonsumsi oleh para penderita diabetes, yogurt juga baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang ingin memperkuat daya tahan tubuh. Hal itu dikarenakan adanya kandungan probiotik yang baik di dalam yogurt.

Selain itu, jenis camilan sehat ini juga mengandung sumber vitamin D yang dipercaya mampu untuk mengatur sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan imun dari serangan penyakit.

Saat ini, yogurt telah dilakukan uji klinis untuk mengetahui apakah yogurt juga bermanfaat bagi penderita Covid-19. 

Untuk mengkonsumsi yogurt ini sebaiknya konsumsi yogurt tawar tanpa campuran apapun terutama gula agar mendapatkan menfaat yang baik untuk kesehatan. Jika memang tidak menyukai yogurt tawar, bisa juga konsumsi yogurt tawar dengan campuran buah-buahan sehat ataupun madu.

Almond

Almond

Almond termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin E dan juga lemak sehat. Kedua kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagi orang dewasa hanya membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per harinya. Seseorang harus mengkonsumsi sekitar 46 almond utuh untuk mencapai kebutuhan vitamin E yang cukup.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau kuaci termasuk jenis biji-bijian yang kaya akan berbagai macam nutrisi seperti fosfor, magnesium, dan vitamin B-6.

Selain itu, biji ini juga mengandung vitamin E yang penting untuk mengatur dan menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Susu

Susu

Susu ternyata bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh kita karena satu gelas susu sapi mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, vitamin A dan seng yang baik bagi sistem imun tubuh.

Seseorang bisa menggantinya dengan susu almond yang sama-sama baik untuk daya tahan tubuh jika memiliki laktosa. Almond mengandung vitamin E dan lemak sehat yang baik bagi sistem imun.

Baca Juga : Hal Penyebab Turunnya Kekebalan Tubuh

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, jikalau kalian masih ragu, kalian bisa konsultasi dengan dokter mengenai makanan yang baik untuk menjaga dan memperkuat sistem imun, apalagi di tengah kondisi pandemi ini yang mana kita dituntut untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus covid-19. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top