Health

RI Laporkan Kasus Hepatitis Akut Misterius, Ini 6 Cara Mencegahnya!

Hepatitis Akut Misterius

Tiga orang anak Indonesia dilaporkan meninggal diduga karena penyakit hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya. Berikut cara pencegahan hepatitis pada anak

Kecurigaan ini mencuat karena sejak 15 April 2022 lalu, dunia dikejutkan dengan adanya kasus hepatitis akut di beberapa negara.

Hal ini tentu membuat orang tua perlu waspada dan mencegah penularan hepatitis pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) lewat Instagram resminya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada.

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius

Berikut cara pencegahan hepatitis pada anak yang diharapkan dapat menjauhkan anak dari paparan hepatitis akut misterius.

Cuci Tangan

Sejak dunia dilanda pandemi COVID-19, mencuci tangan menjadi salah satu protokol kesehatan yang harus diterapkan selain menggunakan masker dan menghindari kerumunan. Kebiasaan ini sebaiknya dilanjutkan untuk mencegah penularan virus maupun kuman penyebab hepatits.

Tanpa disadari, tangan merupakan ‘jembatan’ bagi berbagai virus dan kuman penyakit. Melalui tangan, virus dan kuman dapat berpindah ke mulut, hidung atau mata.

Lihat Juga: Hepatitis C – Pengertian – Diagnosis – Penyebab – Gejala – Perawatan

Minum Air Bersih

Air dapat tercemar kuman, termasuk penyebab hepatitis akut misterius. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), biasanya virus penyebab hepatitis E dijumpai dalam air yang terkontaminasi.

IDAI menyarankan agar mengonsumsi air bersih dan matang. Matang di sini artinya air telah dimasak hingga mendidih untuk memastikan kuman-kuman di dalamnya mati.

Makanan yang Bersih dan Matang

Virus penyebab hepatitis dapat menginfeksi melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi virus. Melansir situs resmi WHO, virus hepatitis A umumnya ditularkan melalui mulut.

Orang yang mengonsumsi minuman maupun makanan yang telah terkontaminasi feses dari penderita hepatitis bisa tertular.

Terkadang bukan hanya makanannya yang membawa virus tapi makan dengan tangan kotor. Selain mencuci tangan, pastikan makanan yang akan dikonsumsi dalam kondisi bersih dan matang.

Buang Tinja dan Popok Sekali Pakai Pada Tempatnya

Tinja maupun popok sekali pakai harus dibuang pada tempatnya. Hal ini untuk menjaga lingkungan tak tercemar feses atau urine. Sejumlah virus, salah satunya penyebab hepatitis akut misterius bisa menular melalui kontak dengan urine dan feses orang yang terinfeksi.

Gunakan Alat Makan Sendiri

Untuk mencegah hepatitis pada anak, ada baiknya untuk memisahkan alat makan anak dengan orang dewasa di sekitarnya.

Lihat Juga: Indonesia Laporkan Hepatitis ‘Misterius’, Apa Bedanya dengan Hepatitis Biasa?

Virus dapat menular lewat mulut di mana orang yang terinfeksi mungkin saja lupa tidak mencuci tangan setelah dari toilet kemudian makan dengan alat makan milik orang lain.

Gunakan Masker dan Jaga Jarak

Hepatitis akut misterius sempat dicurigai berkaitan dengan COVID-19. Meskipun hal ini belum sepenuhnya terbukti, namun IDAI tetap menganjurkan agar orang tua tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Itulah enam cara untuk mencegah hepatitis pada anak, termasuk untuk mencegah penularan virus penyebab hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top