Health

Rutin Konsumsi Jamur Shitake Dipercaya Dapat Mencegah Dari Virus Covid-19

Jamur Shitake

Untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap baik selama pandemi, kalian tidak harus mengkonsumsi vitamin. Kalian bisa menggantinya dengan jamur. Benarkah jika jamur bisa mencegah seseorang agar tidak terjangkit virus Covid-19? Mengapa bisa demikian? Apa yang dimiliki jamur shitake sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Berikut ini ulasannya!

Alasan jamur shitake bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah terjangkitnya virus Covid-19

Jamur bukanlah sesuatu yang sulit untuk ditemukan. Jamur banyak ditemukan di manapun. Mungkin memang terdengar aneh jika jamur dapat membantu mencegah tubuh agar tidak terjangkit virus Covid-19 karena ada beberapa jenis jamur beracun yang tentunya memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Tidak semua jamur beracun karena ada beberapa jenis jamur yang justru memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Selain dapat diolah menjadi makanan, jamur dipercaya bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini tentunya berguna membantu mencegah masuknya virus Covid-19 ke dalam tubuh. Menurut Jenny Bennett, seorang dokter naturopati di Seattle, Amerika Serikat yang fokus pada mediasi kekebalan tubuh menjelaskan bahwa jenis jamur yang memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia adalah jamur Shitake dan Maitake. Namun, yang paling tinggi khasiatnya dalam hal ini yaitu jamur Shitake.

Kandungan zinc dan polisakarida yang ada di dalam jamur shitake itulah yang berpengaruh dalam memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Selain itu, banyak juga penelitian tentang bagaimana jamur dapat mengurangi aktivitas virus dan menurunkan jumlah virus yang ada di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian yang telah dimuat dalam Mayo Clinic Book of Alternative Medicine dijelaskan bahwa secara alami jamur dapat menghambat enzim virus dan memperlambat virus yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Hal Penyebab Turunnya Kekebalan Tubuh

Penyakit yang dialami seseorang kemungkinan tidak akan parah dan gejala dari virus yang menyerang tubuh akan berkembang dengan lambat apabila seseorang itu menambahkan jamur ke dalam asupan makanan harian. Selain itu, jamur juga dipercaya dapat membantu tubuh dalam merangsang respon kekebalan secara umum. Hal itu dibuktikan dari sejumlah penelitian yang dilakukan bahwa jamur dapat meningkatkan faktor biokimian yang bermanfaat dalam mencegah replikasi tumbuhnya virus.

Waktu yang tepat konsumsi jamur sebagai daftar makanan harian
konsumsi jamur sebagai daftar makanan harian
Made with Square InstaPic

Menurut Jenny Bennett, seseorang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jamur di saat sudah merasakan gejala ringan dari virus. Khasiat jamur akan sangat berefek  baik  jika seseorang mengonsumsinya dengan segera atau di awal untuk mengurangi gejala virus agar tidak berkembang.

Untuk seseorang yang kurang suka mengonsumsi jamur mentah, gunakan cara lain yang dapat menggugah selera seseorang untuk segera mengonsumsi jamur. Seseorang bisa menambahkan jamur Shitake sebagai bahan tambahan ke dalam menu masakan favorit seperti sup maupun sayur yang ditumis.

Selain itu, jamur ini juga bisa dijadikan campuran ke dalam teh. Caranya rendah jamur ke dalam teh yang telah dibuat. Meskipun teh dengan jamur termasuk suatu kombinasi yang aneh dan jarang ada, namun tetap memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Jamur

Nah itulah informasi mengenai jamur yang bisa mencegah seseorang agar tidak terjangkit virus Covid-19. Meskipun terdengar aneh, namun jika dilihat dari khasiatnya sendiri, jamur ternyata sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Apalagi di situasi pandemi seperti saat ini dimana seseorang wajib untuk menjaga kesehatannya. Seseorang wajib untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Semoga bermanfaat.

To Top