Health

Rutin Olahraga Tetapi Berat Badan Tidak Turun, Kenali Penyebabnya

Rutin Olahraga Tetapi Berat Badan Tidak Turun

Bagi sebagian orang yang memiliki berat badan berlebihan, mereka kebanyakan melakukan program diet untuk menurunkan berat badan.

Salah satu kunci utama program diet adalah olahraga rutin. Dengan demikian, banyak orang yang berolahraga secara rutin agar bisa menurunkan berat badannya.

Tetapi yang perlu diingat bahwa program diet akan berhasil jika seseorang dapat berolahraga rutin kemudian diimbangi dengan menjaga pola makannya. Hal tersebut diyakini bisa menjadi cara paling efektif dalam menurunkan berat badan.

Namun, pada kenyataannya tak jarang seseorang yang sudah melakukan olahraga rutin tetapi berat badan tidak kunjung turun. Bahkan dalam beberapa kasus, bukannya turun malah semakin bertambah. Kira-kira, apa sih penyebabnya berat badan yang tidak kunjung turun padahal kita sudah berolahraga dan juga menjaga pola makan? Nah berikut ulasannya.

1. Terlalu berlebihan dalam olahraga kardio

Memang benar jika melakukan olahraga kardio dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Akan tetapi, jika terlalu dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan olahraga kardio membuat tubuh bekerja lebih keras dari biasanya untuk menjaga ketahanannya sehingga akan menyimpan energi dalam bentuk lemak agar tubuh bisa tetap memiliki energi ketika berolahraga. Belum lagi olahraga jenis ini mempercepat rasa lapar karena tenaga sudah banyak dikeluarkan untuk melakukan olahraga berat terutama dalam waktu yang lama.

2. Mengalami stress berat

Apabila seseorang mengalami stress berat, maka produksi kortisol dalam tubuh akan meningkat. Memang benar kortisol sangat diperlukan ketika berolahraga karena hormon ini dapat membantu otot untuk mendapatkan energi agar tetap bergerak. Hanya saja, jika kortisol terlalu banyak di dalam tubuh, maka dapat menumpuk lemak.

3. Setelah berolahraga, seseorang makan dengan berlebihan

Meskipun selesai berolahraga, berat badan mungkin saja akan ikut meningkat ketika nafsu makan yang tidak terkendali. Ketika olahraga, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Nah, pada saat itu tentunya tubuh akan terus memerlukan makan untuk mengganti kalori yang telah terbakar tadi. Jadi, jika kalian menuruti apa yang diinginkan tubuh dengan cara makan secara berlebihan, maka usaha kalian dalam menurunkan berat badan akan sia-sia.

4. Konsumsi cemilan yang tidak sehat

Jika kalian berolahraga secara rutin namun pola makan masih sembarangan, maka itu akan sia-sia dalam menurunkan berat. Nah, untuk itu, kalian harus pintar dalam memilih jenis cemilan yang akan kalian konsumsi dalam program diet yang kalian jalani. Jenis camilan yang baik untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga yang mana memberikan dampak yang baik dalam menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, kalian harus menghindari cemilan yang terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat, makanan instan atau junkfood dan lainnya. konsumsi makanan yang sehat dan rendah lemak untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap lancar.

5. Terlalu berlebihan dalam konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat tinggi

Perlu diketahui bahwa seseorang yang sedang melakukan program diet tetapi tetap mengkonsumsi protein dan karbohidrat dalam jumlah tinggi, maka hal itu dapat menjadi penyebab berat badan semakin bertambah. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi tentunya akan menambah kalori. Oleh karena itu, berolahragalah dengan cukup. Jangan terlalu lama. Olahraga di bawah satu jam bisa membuat tubuh tidak terlalu membutuhkan tambahan kalori maupun karbohidrat.

6. Masalah kesehatan

Ketika kalian sudah berolahraga rutin dan diimbangi dengan pola makan yang sehat, namun berat badan masih tetap bertambah, kalian bisa mencurigai kondisi kesehatan tubuh. Tidak berefeknya olahraga dalam menurunkan berat kemungkinan disebabkan karena adanya masalah kesehatan. Untuk itu, jika kalian mengalami hal seperti ini, kalian bisa langsung konsultasi dengan dokter yang sesuai dengan masalah kesehatan yang dialami.

7. Kurangnya gerak

Olahraga tidaklah cukup untuk menjaga berat badan. Kalian perlu untuk tetap aktif secara fisik dalam kehidupan sehari-hari. Jika kalian berolahraga secara rutin, tetap setelah itu kalian tidak bergerak sama sekali, maka hal itu akan percuma. Berat badan kalian akan tetap seperti semula karena tidak adanya kalori yang keluar.

8. Minimnya waktu untuk istirahat

Istirahat memiliki peran yang sama penting dengan kegiatan olahraga dalam menurunkan berat badan. Meskipun kalian berolahraga mati-matian agar berat badan turun, namun waktu istirahat kalian yang sembarangan maka program tersebut akan hancur.

Kalian boleh rutin olahraga, tapi jangan lupakan waktu istirahat. Jika kalian kesulitan, coba buat jadwal antara olahraga dan istirahat. Dengan begitu keduanya akan berjalan dengan seimbang. Kalian bisa olahraga yang cukup dan istirahat pun juga demikian. Dengan menerapkan hal itu, mungkin program yang kalian terapkan akan berhasil.

Baca Juga : Tips Para Selebriti Turunkan Berat Badan Setelah Hamil

Nah itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kalian susah dalam menurunkan berat badan meskipun telah berolahraga rutin. Untuk itu, mulai dari sekarang cobalah untuk memperbaiki apapun itu yang berkaitan dengan program tersebut.

Baca Juga : Rahasia Mudah Melakukan Pola Hidup Sehat

Yang paling penting dari itu semua adalah tetap utamakan kondisi kesehatan tubuhmu. Jangan terlalu fokus untuk menurunkan berat badan. Meskipun kalian diet, usahakan diet sesuai dengan anjuran dari dokter. Semoga bermanfaat.

To Top