Health

Selain Jahe dan Bawang Putih, ini 7 Makanan Peningkat Imun Penangkal Corona

Makanan Peningkat Imun Penangkal Corona

Salah satu cara melawan pandemi Corona a.k.a Covid-19 adalah dengan mengonsumsi makanan peningkat imun tubuh. Belakangan ini pun, jahe dan bawang putih menjadi populer di kalangan masyarakat karena dua bahan makanan tersebut juga digadang-gadang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak salah sih, jahe memang bermanfaat untuk meredakan peradangan hingga mengurangi sakit tenggorokan. Bawang putih yang dikenal sebagai penangkal infeksi pun memiliki senyawa belerang yang dapat menguatkan sistem imun.

Namun, makanan peningkat imun bukan hanya jahe dan bawang putih saja lho, Sobat Loper. Apalagi jika mengingat kini kedua bahan makanan tersebut menjadi langka karena banyaknya permintaan sehingga harganya meroket. Duh, sehat tidak melulu mahal, kan?

Untuk itu, di bawah ini Loper mau kasih tahu kamu 7 makanan peningkat imun yang berguna menguatkan dan menyehatkan sehingga tubuh kamu dapat bertahan di tengah pandemi ini. Langsung saja kita simak, yuk!

1. Buah Sitrus

Vitamin C dikenal fungsinya untuk mengembalikan daya tahan tubuh dan membangun imun. Oleh karena itu banyak orang mengonsumsi vitamin C setelah sakit. Nah, salah satu sumber vitamin C ini bisa didapatkan dari buah-buahan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, lemon dan masih banyak lagi.

Sumber Gambar: Yes Dok

Saat pandemi, disarankan mengonsumsi buah sitrus setiap hari. Sebab, tubuh tidak bisa menyimpan atau memproduksi sendiri vitamin C. Namun, tetap perhatikan aturan konsumsi ya, Sobat Loper. Segala sesuatu yang berlebihan, tidak baik, bukan?

2. Paprika Merah

Sobat Loper, ada lho makanan yang mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari buah-buahan sitrus. Yap, paprika merah! Jenis sayuran satu ini juga kaya akan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Paprika merah bisa kamu olah menjadi berbagai macam masakan. Seperti tumisan sayur dan masakan asam-manis. Selain daya tahan tubuh meningkat, kulit bisa jadi lebih bercahaya juga nih!

3. Brokoli

Satu lagi jenis sayuran yang dapat berfungsi sebagai makanan peningkat imun, yaitu brokoli. Brokoli memang sudah dikenal sebagai sayuran kaya manfaat. Kandungan vitamin A, C, E, antioksidan dan serat lainnya dipercaya dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan imun tubuh bahkan melawan kanker.

Sumber Gambar” idntimes

Brokoli bisa kamu olah menjadi tumis atau dikukus untuk tetap mempertahankan kandungan di dalamnya. Nah, tumis bersama paprika merah juga enak banget tuh!

4. Bayam

Sobat Loper suka sayur bening bayam? Berita bagus, bayam termasuk salah satu makanan peningkat imun tubuh, nih! Sayuran hijau ini mengandung vitamin C, antioksidan hingga beta karoten. Fungsinya untuk kesehatan adalah sebagai pembangun sistem kekebalan tubuh dan untuk melawan infeksi.

Sama seperti brokoli, sebaiknya bayam dimasak sebentar saja. Bisa dibuat sayur dan tumis.

5. Yogurt

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata ‘yogurt’? Probiotik yang bagus untuk pencernaan? Nah, ternyata yogurt bukan hanya mengandung bakteri baik saja, lho! Salah satu produk dairy ini memiliki kandungan vitamin D yang berfungsi untuk mengatur imunitas tubuh dan mencegah penyakit.

Sumber Gambar: Halodoc

Yogurt tawar adalah yang terbaik. Jika ingin sedikit rasa manis, tambahkan saja madu atau buah-buahan. Yogurt dengan rasa dan pemanis tentu sudah beda lagi kekuatannya.

6. Pepaya

Sebagai salah satu jenis buah-buahan yang ramah di kantong, kandungan khasiat dalam buah pepaya tidak bisa dianggap remeh. 224 persen dari kebutuhan vitamin C harian terdapat dalam buah pepaya. Selain itu, buah berwarna oranye ini mengandung kalium, vitamin B dan folat yang berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

7. Ayam

Ayam termasuk salah satu makanan peningkat imun tubuh. Disarankan, saat pandemi seperti ini, sebaiknya Sobat Loper memasukkan sup ayam ke dalam menu makanan sehari-hari. Ya, bukan digoreng atau dipanggang, ayam lebih baik jika dibuat sup. Hangatnya kuah juga dipercaya dapat membantu memulihkan tubuh saat terkena pilek.

Sumber Gambar: suara.com

Unggas, seperti ayam dan kalkun, mengandung banyak vitamin B-6 untuk pembentukan sel darah merah. Jika Sobat Loper merebus tulang ayam untuk mendapatkan kaldu, itu lebih baik lagi. Kaldu dari tulang ayam tersebut mengandung gelatin, kondroitin dan nutrisilain yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, Sobat Loper, itu dia 7 makanan peningkat imun yang bermanfaat untuk mencegah tubuh dari penyakit. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Loper sangat menyarankan Sobat untuk memperhatikan komposisi dan cara memasak makanan-makanan tersebut. Jangan sampai nutrisi dan kandungannya berkurang atau bahkan hilang sama sekali.

Selain mengonsumsi makanan peningkat imun, ada baiknya untuk menyeimbangkan dengan olahraga teratur minimal 30 menit sehari, istirahat yang cukup dan patuhi himbauan pemerintah untuk melawan pandemi ini. Corona pasti berlalu, Sobat Loper. Tinggal kita yang harus baik-baik menjaga diri dan orang-orang tersayang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top