Health

Senam Pernafasan Untuk Ibu Hamil Yang Cepat

Senam Pernafasan Untuk Ibu Hamil Yang Cepat

Para ibu hamil yang kehamilannya telah memasuki trimester tiga (+6 bulan), biasanya disarankan oleh para dokter kandungan untuk melakukan senam olah pernafasan. Hal itu bertujuan guna mempermudah masa proses kelahiran, terutama kelahiran secara normal.

Tetapi yang menjadi tujuan utama melakukan senam pernafasan yakni agar si ibu tidak kesulitan bernafas karena tekanan posisi janin dalam kandungan, dan pasokan oksigen ke janinnya dapat tercukupi juga.

Cara senam pernafasan untuk ibu hamil ini bisa dilakukan kapan dan dimanapun, sesuai waktu luang yang dimiliki sang ibu hamil.  Proses melakukan senam pernafasan ini juga termasuk sangat mudah, sederhana dan juga aman.

Adapun cara melakukan senam pernafasan untuk ibu hamil adalah sebagai berikut;

  • Posisikan diri dengan posisi duduk dengan punggung, leher dan punggung tegak tetapi rileks. Dan dengan tangan berada di atas paha.
  • Lalu mulai tarik nafas melalui hidung secara perlahan-lahan sambil menghitung dari angka satu sampai sepuluh tetapi secara bertahap saja, jangan sekaligus. Lakukanlah sampai paru-paru mulai terasa mengembang.
  • Lalu keluarkan nafas tersebut secara perlahan-lahan juga melalu hidung dengan hitungan yang sama.
  • Diam sejenak barang satu sampai tiga detik. Lalu ulangi lagi olah nafas cara di atas dengan rileks.
  • Setelah olah nafas ringan diatas diulangi beberapa kali, kemudian lakukan olah nafas yang cara menarik nafas perlahan-lahan dengan kedua tangan diangkat lurus sejajar. Tahan sejenak dan rasakan udara yang mengisi penuh paru-paru, lalu hembuskan secara perlahan dengan kedua tangan turun ke bawah secara berirama dengan hembusan nafas tersebut. Ulangi selama beberapa kali juga. Cukup mudah kan?

Biasanya cara olah nafas ini akan menimbulkan rasa pusing bagi para ibu hamil yang belum terbiasa dengan cara bernafas dalam, apalagi bila menahan nafas selama beberapa hitungan saja. Maka itu, lakukan secara perlahan saja, sedikit demi sedikit atau cukup beberapa menit (5 menit) dalam melakukan latihan pernafasan ini.

Baca Juga : PENYEBAB PERUT KENCANG PADA SAAT HAMIL

Itulah cara senam olah pernafasan untuk ibu hamil yang sederhana dan mudah untuk dilakukan namun tetap aman dan sangat berguna bagi kesehatan ibu hamil.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top