Health

Sinovac Dapat Restu BPOM Untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Sinovac Dapat Restu BPOM Untuk Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI akhirnya mengizinkan penggunaan darurat atay EUA untuk vaksin Sinovac yang diperuntukkan bagi anak usia 6-11 tahun. Sinovac dinilai aman untuk divaksinasikan kepada kelompok usia tersebut.

“Jadi dari uji klinis anak ini tentu lebih pada aspek keamanan dan imunogenitasnya, imunogenitasnya memperlihatkan presentasi cukup tinggi, 96%. Kalau efikasi, mengikuti yang ada yang selama ini kita peroleh,” ujar Penny K Lukito, Kepala BPOM, saat konferensi pers, Senin (1/11/2021).

Sementara aturan pemberian serta skriningnya, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Piprim Basarah Yanuarso, menuturkan secepatnya akan memberikan rekomendasi detail untuk vaksinasi kelompok usia tersebut. Menurutnya hanya sedikit kontradiksi vaksinasi COVID-19 terhadap anak.

“Nanti kita bakal memberikan secara detail rekomendasi vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun,” ucap dr Piprim dalam siaran pers virtual, Senin (1/11/2021).

Lihat Juga: Vaksin Covid-19 Untuk Penderita Kanker, Bolehkah?

“Tetapi pada prinsipnya, sangat sedikit ada kontradiksi. Sehingga sebagian besar anak, saya harap dapat menerima vaksin ini,” imbuhnya.

Selain itu, dr Piprim juga menyampaikan beberapa kondisi pada anak yang tak dapat menerima vaksinasi COVID-19 ini.

“Pada kondisi tertentu seperti immunocompromised. Atau anak yang sedang sakit berat, sedang mengidap keganasan, sesak, gagal jantung, tentunya tak bisa (vaksinasi),” tutupnya.

Izin Vaksin Sinopharm Dan Pfizer Segera Menyusul

Selain vaksin Sinovac, BPOM juga tengah memproses vaksin Sinopharm untuk vaksinasi anak.

“Terdapat vaksin Sinopharm tengah dalam proses seperti disampaikan. Proses dari evaluasi penilaian ini bertahap sebab perlu waktu lama,” kata Penny K Lukito.

Izin EUA memerlukan proses dan waktu lebih lama terkait kelengkapan data dari perusahaan farmasi vaksin Corona. Sedangkan izin vaksin Pfizer rencananya juga akan diproses oleh BPOM RI. Persetujuan vaksin Pfizer untuk kelompok usia 12 tahun dapat diberikan secepatnya mengingat ada mekanisme tertentu terkait penilaian data keamanan.

“Terutama pada saat kedaruratan ini kami dapat dengan segera mengeluarkan izin penggunaan di Indonesia,” lanjut Penny.

Lihat Juga: Kenali 6 Vaksin Covid-19 Yang Resmi Ditetapkan Untuk Proses Vaksinasi Di Indonesia

“Sebab Pfizer juga telah masuk Indonesia dan hanya kami tentu memerlukan yang bersangkutan. Dalam hal ini pihak Pfizer untuk mendaftarkan produknya untuk penggunaan anak,” terangnya.

Penny mengatakan pihaknya juga aktif meminta data keamanan vaksin Pfizer kepada perusahaan terkait untuk secepatnya menyediakan pilihan jenis vaksin COVID-19 bagi anak usia 12 tahun ke bawah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top