Health

Suka Begadang? Cobalah Aneka Wedang Sehat ini.

Suka Begadang? Cobalah Aneka Wedang Sehat ini.

Begadang agaknya sudah menjadi kebiasaan masyarakat urban. Mereka yang bekerja keras, belajar giat, memang kerap memangkas waktu tidur untuk begadang. Tanpa disadari, bahaya kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas dan diabetes senantiasa mengintai. Bila terpaksa begadang, sesekali cobalah membuat minuman hangat untuk menemani. Biasanya kopi adalah teman favorit. Tidak ada salahnya mencoba meminum yang lebih aman dan berguna bagi kesehatan seperti wedang jahe.

Wedang jahe sejak dulu dikenal sebagai penurun kolesterol yang baik, kaya antioksidan, memperlancar pencernaan bahkan bisa meluruhkan lemak di perut dan menurunkan berat badan.

Cara membuat wedang jahe cukup mudah. Cukup rebus air bersama dua rimpang jahe yang sudah dibersihkan dan dibakar. Namun rasanya yang hambar, pedas dan cenderung pahit kadang membuat enggan. Kini, resep aneka wedang jahe sudah banyak mengalami inovasi. Khasiatnya untuk kesehatan pun tak hilang. Bila sedang begadang, aneka wedang ini bisa dijadikan pilihan minuman sehat.

Wedang Jahe Madu

Suka Begadang? Cobalah Aneka Wedang Sehat ini.

Jahe + Madu

Begadang di depan komputer sambil mengemil? Hati-hati penumpukan lemak di perut. Bila sudah kepalang, ramuan herbal yang terbuat dari  jahe dicampur madu bisa membantu mencegah penumpukan lemak dan melancarkan pencernaan. Konsumsi dalam jangka waktu sebulan, bahkan bisa mengempeskan perut buncit. Tidak hanya itu, khasiat jahe dan madu juga mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Sehat didapat, wajah kusam dan muncul garis-garis halus akibat begadang pun pudar.

Wedang Jahe Sereh.

Aroma harum sereh yang pekat mungkin tidak kamu sukai. Namun mencampurnya dengan jahe dan madu rasanya akan lezat.  jahe dan sereh ini pun memiliki banyak khasiat. Sereh mengandung senyawa analgesik yang bisa untuk mengobati sakit kepala dan nyeri sendi. Zat anti mikroba dan anti bakteri baik untuk pencernaan, seperti menyembuhkan infeksi pada lambung dan saluran kemih. Wedang jahe sereh ini pun bisa dimanfaatkan sebagai obat pilek dan penurun demam.

Wedang Jahe Jeruk Nipis.

Suka Begadang? Cobalah Aneka Wedang Sehat ini.

Jahe Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat bermanfaat untuk penurunan berat badan dan kesehatan kulit. Kandungan asam dalam jeruk nipis juga membantu mengontrol tubuh menyerap gula dari makanan. Diracik bersama jahe yang juga memiliki khasiat serupa, wedang ini terasa segar, hangat dan menyehatkan.

Wedang Teh Jahe.

Agar lebih nikmat, pilihlah teh melati bubuk campuran wedang jahe ini. Aroma harum dan kandungan kafein dari teh bisa dijadikan peghilang kantuk ketika begadang. Tetesi perasan lemon, rasanya akan lebih nikmat.

Wedang Susu Jahe.

Sering membeli susu jahe? Kali ini coba buatlah sendiri. Selain lebih terjamin khasiat dan kebersihannya, membuat susu jahe sendiri pun bisa dikontrol manisnya. Hangat dan cocok dijadikan teman begadang.

Susu Secang.

Khasiat kayu secang tidak diragukan lagi untuk kesehatan. Kaya antioksidan, memperlancar sirkulasi darah dan pernapasan, bahkan memiliki zat anti kanker. Warnanya merah dan harumnya khas. Rasanya lezat walaupun tanpa campuran. Tapi menkreasikannya dengan susu menciptakan wedang yang sangat enak. Warnanya yang creamy menyegarkan mata yang mengantuk saat begadang.

Uwuh.

Bila singgah di Jogja, wedang ini tentu banyak kamu jumpai di kios-kios. Biasanya juga dijual dalam kemasan berisi kayu secang, kayu manis, daun pala, cengkeh, jahe dan gula batu yang siap seduh. Khasiat uwuh ini tentu berpengaruh dari bahan-bahannya yang mengandung banyak manfaat. Campuran jahe dan cengkeh saja sudah membantu menurunkan kadar kolesterol, kaya antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Daun pala mengatasi masalah lambung, mengobati masuk angin di perut dan memperlancar sirkulasi darah. Rasa dan aroma yang unik dari cengkeh, kayu manis dan serutan kayu secang tidak bisa ditolak. Bila ingin membuat sendiri, bahan racikan uwuh kini banyak dijual di pasar tradisional.

Jadi, mulai malam ini kopi sebaiknya simpan dulu dalam lemari, ya? Rasakan kelezatan dan manfaat wedang jahe untuk tubuh lebih sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top