Health

Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Long weekend kembali datang, apa rencana Anda kali ini? Well, long weekend dan liburan anak sekolah tentunya sayang kalau hanya dihabiskan di rumah. Jadi liburan kali ini tidak ada salahnya sedikit menghabiskan waktu di luar, berjemur menikmati ombak di pantai, menjelajah dan berkemah untuk lebih dekat dan mengenal alam. Namun, Anda harus berhati-hati dengan sinar matahari ya dan jangan lupa selalu mengenakan sunscreen atau tabir surya agar kulit Anda dan keluarga tetap terlindungi. Namun benarkah sunscreen efektif melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari?  Beberapa fakta berikut mungkin dapat membantu Anda lebih selektif memilih produk tabir surya karena ternyata tak semuanya aman dan efektif.

Terdapat Dua Tipe Sunscreen

Ternyata terdapat dua tipe sunscreen yang orang tidak banyak tahu. Pertama adalah tipe physical blocker yang bisa melindungi kulit dari kedua jenis sinar UVA dan UVB dan kedua adalah chemical blocker yang penggunaanya harus dibarengi dengan produk yang secara khusus melindungi kulit dari sinar UVB karena chemical blockerhanya efektif melindungi kulit dari sinar UVA saja.

Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Penggunaan Produk Sunscreen dengan SPF diatas 30 Lebih Direkomendasikan

Pasti Anda sudah cukup familiar dengan aneka pilihan produk sunscreen dengan label SPF 15, SPF 20, SPF 30 dan seterusnya. Sebenarnya semua produk itu efektif untuk melindungi kulit tapi untuk lebih amannya, gunakan sunscreen dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit sampai 10 jam karena biasanya orang tidak menggunakan sunscreen terlalu tipis sehingga kulit tidak mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen yang memiliki SPF rendah.

Penggunaan Produk Sunscreen Relatif Aman

Pada dasarnya kandungan pada semua produk sunscreen relatif aman karena biasanya produk sunscreen didominasi oleh kandungan oxybenzone dan retinyl palmitate. Jika Anda tidak memiliki masalah alergi pada kulit maka oxybenzone relatif aman untuk semua jenis kulit dan jika Anda memiliki masalah dengan jerawat ketika menggunakan sunscreen, itu artinya kulit Anda cenderung sensitif sehingga pilihlah produk sunscreen yang mengandung kandungan non-comedogenic untuk meminimalisir tumbuhnya jerawat.

Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Tidak Semua Produk Sunscreen Bisa Dipercaya

Berdasarkan penelitian yang dilakukan ternyata tidak semua produk sunscreen bisa dipercaya. Dengan kata lain jangan hanya percaya label yang mengatakan bahwa produk sunscreen mengandung SPF 30 tapi kemudian harga yang ditawarkan sangat murah dan dari merk yang tidak reliable. Selalu pilih produk sunscreen dari brand atau merk terpercaya.

Benarkah Produk Sunscreen Efektif Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari?

Untuk Menggunakan Sunscreen Ada Caranya

Ada tiga hal yang harus Anda ketahui ketika menggunakan sunscreen, kapan saat yang tepat untuk menggunakan sunscreen, seberapa banyak dan kapan harus mengoleskan sunscreen kembali. Untuk penggunaannya sebaiknya 15 menit sebelum Anda pergi keluar rumah dan untuk seberapa banyaknya, Anda harus memastikan bahwa semua bagian kulit yang terpapar sinar matahari terlindungi oleh produk sunscreen. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengoleskan produk sunscreen setiap dua jam sekali jika Anda terpapar sinar matahari terus menerus dan sebaiknya juga berlindung dari sinar matahari pada saat matahari benar-benar tinggi, yaitu pada jam 10 pagi dan jam 4 sore.

Satu hal penting lagi yang perlu Anda ketahui tentang sunscreen adalah sebaiknya selalu gunakan sunscreen kapanpun dan dimanapun, walaupun hari sedang hujan dan Anda tidak terpapar sinar matahari langsung. Karena sinar UVA dan UVB sangatlah berbahaya untuk kulit dan bisa menyebabkan kanker. Selain itu, kulit yang sering terpapar sinar matahari juga cenderung lebih cepat mengalami penuaan dini. So, untuk kulit selalu terlihat sehat dan awet muda, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen ya karena terbukti produk sunscreen efektif melindungi kulit.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top